Minggu, 11 November 2012

Ruqoyah R.J_Laporan.1_Saung Cendikia

Judul Penelitian: "Saung Cendikia dalam pandangan Masyarakat"
Peneliti: Ruqoyah Raudatul Jannah

I. Latar Belakang

Di masa sekarang ini organisasi tentulah sangat penting. Tidak hanya sebagai wadah masyarakat dalam berinteraksi dan bekerjasama, tetapi organisasi juga sebagai tempat terciptanya suatu struktur masyarakat yang lebih teratur. Dalam penilitian ini saya mengambil tema "Saung Cendikia dalam Pandangan Masyarakat" karena organisasi ini adalah organisasi yang menggerakan pemuda juga menjadi wadah pemuda untuk mendalami kemampuan yang mereka miliki. 
pemuda saat ini tentu perlu arahan dalam mendalami kemampuan yang mereka miliki, tentunya untuk membuat kemampuan pemuda-pemuda itu tak sia-sia. Selain itu juga untuk mencegah kerusakan moral pemuda yang saat ini sudah meraja rela. Oleh karena itu sebuah organisasi seperti Saung Cendikia tentulah sangat di perlukan, apalagi pemuda adalah gambaran masa depan Negara. Sehingga jika pemuda di Negara ini membanggakan tentulah masa depan Negara juga akan terkena dampaknya. Begitu juga sebaliknya.

II. Pertanyaan Pokok Penelitian

- Apa saja faktor kelahiran saung cendikia?

ada dua faktor yang mendasari kelahiran komunitas Saung Cendikia, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 
Faktor internal, sebenarnya lebih dominan dalam bentuk motivasi idealis, yaitu suatu motif untuk mengembangkan visi komunitas sebagai gerakan purifikasi sosial islam. Komunitas ini sebagai institusi sosial dan intelektual memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk terjun dalam ranah pembaharuan pendidikan serta melakukan upaya penyadaran akan pentingnya pengembangan diri.
Faktor eksternal, yang dimaksudkan faktor ini yaitu faktor diluar komunitas, baik yang terjadi di tubuh generasi dewasa ini maupun dalam arus pergolakan bangsa indonesia. Dimana keadaan sosial politik masyarakat sedang menempati masa transisi.

III. Metode Penelitian

- Metode untuk penelitian ini adalah metode kualitatif. Yaitu metode dari hasil wawancara yang menghasilkan informasi yang kemudian di analisis.
- Waktu penelitian ini dilaksanakan yaitu pada 10 November 2012, bertempat di kediaman Narasumber di Jl. Raya Mauk km.16 desa Jati Waringin Kecamatan Mauk, kabupaten Tangerang, Provinsi Banten 15530. Narasumber adalah pendiri sekaligus ketua dari organisasi Saung Cendikia, Masyhuri Sidik.

IV. Gambaran Subyek/Obyek Penelitian

Saung Cendikia merupakan organisasi kepemudaan yang berada di Masyarakat wilayah kabupaten tangerang. Organisasi yang bergerak dibidang seni, pendidikan, serta kemandirian (enterpreneur) ini resmi berdiri pada tanggal 28 oktober tiga tahun silam oleh Masyhuri Sidik.
Visi dan misi dari organisasi ini adalah:
1.       Menggagas generasi pelopor yang membumi
2.       Menciptakan heros intelektual etik

Maksud dan tujuan didirikannya organisasi ini diantaranya:
1.       Sebagai lembaga pengkajian dan informasi
2.       Sebagai laboratorium bahasa
3.       Sebagai lembaga seni dan kreasi
4.       Lembaga entrepreneur

Adapun struktur organisasi dalam organisasi ini adalah sebagai berikut:
a. Ketua: Masyhuri Sidik, S. Sos
b. Sekretaris: Jamalul 'Aen
c. Bendahara: Murdani
d. Divisi Kreasi: rahono
e. Divisi edukasi pengkajian: azis suhendar
f. Divisi seni budaya: Rubi Maulidi
g. Divisi enterpreneur: muhammad latief
h. Public relation (humas): winayaman pritama
Adapun jumlah anggota lain yang merupakan pengurus ada sekitar 20 orang.

V. Analisis

Dari informasi yang saya dapatkan pandangan masyarakat terhadap Saung Cendikia dinilai sangat baik, terbukti dari hubungan relasi antara Saung Cendikia dan Masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan masyarakat sangat mendukung adanya komunitas ini. Masyarakat sangat antusias dalam mendukung program-program yang dilaksanakan oleh Saung cendikia, adapun program-program yang telah terlaksana dimasyarakat adalah:
1. Pelatihan kewirausahaan kepada masyrakat
2. Berdirinya usaha jamur tiram
3. Pergelaran seni di tiga desa di kabupaten tangerang, yang meliputi seni teater, musikalisasi puisi
4. Melaksanakan peringatan sumpah pemuda.
5. Adapun di bidang sosial, organisasi ini telah melakukan penggalangan dana untuk korban merapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini