Minggu, 11 November 2012

Annisa Novianti_laporan 2_Bimbingan Belajar Primagama

INSTITUSI BISNIS BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA
ANNISA NOVIANTI (1112051100004)
I.                   Latar Belakang
Institusi bisnis memiliki banyak bidang, salah satu bidang yang peneliti angkat disini adalah bidang pendidikan, khususnya bimbingan belajar (bimbel). Pada kenyataannya begitu banyak bimbingan belajar  yang saat ini hadir disekitar kita, dari mulai bimbingan belajar  dengan harga terjangkau sampai dengan harga yang relative cukup mahal. Akan tetapi, sebenarnya bukan disebabkan karena harga yang mahal sehingga suatu bimbingan belajar tersebut dapat dikatakan baik, tentu saja itu merupakan suatu pendapat yang salah. Menilai dari kacamata yang ada saat ini, tidak ada bimbel yang terbaik atau terburuk. Namun, setiap bimbingan belajar pasti memiliki kelebihan serta kekurangan, dan juga perbedaan dari segi pelayanan dan teknik dalam pemecahan soal-soal yang terkadang berbeda, tinggal konsumen yang memilih salah satu dari banyak bimbingan belajar yang tersebar. Peneliti mengangkat tema bimbingan belajar Primagama, dikarenakan Primagama merupakan satu-satunya bimbingan belajar yang memiliki banyak cabang diseluruh Jakarta maupun seluruh Indonesia. Bahkan, frinchise Primagama sudah tidak bisa menambah cabang lagi karena sudah ada sekitar 378 cabang di Jakarta. Kemudian Primagama juga merupakan brand bimbingan belajar yang sudah dipercaya oleh masyarakat karena sudah 30 tahun berdiri. Walaupun Primagama bukan merupakan bimbingan belajar tertua, akan tetapi hingga saat ini banyak masyarakat mempercayakan putra-putrinya untuk mendapatkan bimbingan belajar di Primagama ini. Sehingga menurut masyarakat, sampai saat ini masih mempunyai kualitas yang baik pula.
Kita saat ini mengerti bahwa pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting, sehingga tidak hanya di sekolah, akan tetapi juga dari bimbingan belajar di luar sekolah pun diperlukan dalam rangka kemajuan pendidikan agar pendidikan yang diterima oleh anak dapat di maksimalkan, seperti mendukung serta mengasah kemampuan dan kelebihan anak kemudian membimbing kelemahan anak, agar dapat mencapai apa yang diharapkan oleh Orang Tua, Bangsa, Negara, serta Agama.
 
II.                Pertanyaan Pokok Penelitian
1.      Sejarah Singkat Asal Mula Berdirinya Primagama
Awalnya, ada seorang mahasiswa UGM (Universitas Gajah Mada) yang bernama Pudri E. Chandra, beliau merupakan pendatang dari lampung. Beliau pergi merantau ke Yogyakarta untuk belajar akan tetapi beliau merasakan kesulitan dalam hal keuangan untuk membiayai kuliah serta kebutuhan sehari-hari yang terasa begitu berat pada saat itu. Kemudian, beliau mulai memutar otak untuk mensiasatinya dengan mengajak beberapa teman kuliahnya untuk membuat suatu bimbingan belajar kecil-kecilan untuk para siswa. Pertama kali menjalakannya, beliau memakai rumah pribadinya yang sederhana untuk tempat bimbingan belajar dan masih baru menghasilkan uang sebesar Rp. 300.000,- namun, uang tersebut harus dibagi dengan rekan-rekannya dikala itu. Sedikit demi sedikit uang yang beliau terima disisihkan untuk mendirikan suatu tempat bimbingan belajar yang layak. Jatuh bangun juga beliau rasakan ketika itu, akan tetapi dapat diselesaikan hingga saat ini beliau telah memiliki 387 cabang Primagama yang tersebar di Jakarta, dan menjadi salah satu bimbingan belajar yang mempunyai cabang terbanyak.
                                                                                                           
2.      Apakah Bidang Usaha Milik Primagama Memiliki Anak Perusahaan Lagi?
Bapak Pudri E. Chandra merupakan entrepreneur yang menggeluti bisnis di bidang pendidikan. Beliau Pertama kali mendirikan Bimbingan belajar Primagama, kemudian sering berjalannya waktu, beliau memiliki banyak cabang sehingga beliau memiliki banyak cabang sehingga beliau juga mulai mengembangkan bisnis dengan mendirikan Quantum Kids, Ahmad Dani School of Rock, Damian Academy, dan yang paling terbaru adalah beliau mendirikan merupakan hasil dari kerja sama dengan Jepang, karena bila kita perhatikan dan ketahui, bahwa Jepang lebih maju dalam hal teknologi dari Indonesia untuk mendukung dalam pengajaran. Semua bagian dari program-program yang didirikan berbasis pendidikan yang telah disebutkan diatas merupakan satu managemen dan satu perusahaan dengan Primagama bimbingan belajar yang bernama PT. Primagama. Dengan kata lain, PT. Primagama memiliki banyak anak perusahaan. Selain yang telah disebutkan diatas, ada pula beberapa contoh dari produk Primagama yang lain, seperti Primagama Plus (berbasis memecahkan soal-soal on-line) , dan Primagama English.
 
III.             Metode Penelitian
Metode penelitian yang penelitian gunakan adalah metode kualitatif, metode ini sendiri merupakan suatu cara atau teknik pengambilan informasi dengan wawancara mendalam dengan narasumber yang terkait. Kemudian, cara dalam mewawancarainya harus bersifat kritis dalam menanyakan sesuatu kepada narasumber. Tidak hanya itu, pewawancara juga harus bersifat idealis agar tidak memihak kepada siapapun. Informasi riset yang diinginkan oleh peneliti diambil dari narasumber yang memaparkan segala informasi yang dia ketahui. Teknik kualitatif ini juga dirasa lebih efisien, karena hanya dengan narasumber, akan tetapi dapat mengetahui sesuatu informasi secara lebih detail dan mendalam. Lalu, dalam teknik ini juga tidak perlu menyebar kuesioner.
Pada saat penelitian ini dilakukan peneliti pergi ke Primagama cabang Cirendeu, yang beralamat di Jl. Raya Cirendeu, Komplek ruko Prima Indah, No. 5 Tangerang, Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada hari Jumat, tanggal 9 November 2012, pukul 17.56 WIB.
 
IV.             Gambaran Subjek/Objek Penelitian
Primagama merupakam sebuah bimbingan belajar yang dipercaya oleh masyarakat, karena telah 30 tahun berdiri. Bukan karena itu saja, Primagama juga dipercaya karena telah memiliki banyak cabang yang tersebar di Jabodetabek dan seluruh Indonesia. Selain itu, menurut penuturan narasumber, para orang tua merasa puas serta terbantu dengan adanya Primagama bimbingan belajar. Banyak orang tua yang tidak bisa, membantu belajar para putra-putrinya ketika sepulang sekolah, maka banyak orang tua yang mempercayai Primagama bimbingan bimbingan belajar untuk menggantikan perna orang tua dalam membimbing putra putrinya untuk dalam hal mendorong kemampuan serta membantu kelemahan dalam hal pelajaran agar mendapat hasil nilai yang memuaskan. Menurut pengakuan para orang tua, Primagama juga berusaha menjadi partner belajar siswa, dan dalam menyampaikan materi secara komunikatif.
 
V.                Analisis
Primagama telah berdiri sejak 1982, dan saat ini memiliki 378 cabang yang tersebar di Jakarta, Bimbingan Belajar Primagama juga memiliki struktur organisasi cabang, yakni dimulai dari owner atau pemilik kantor cabang, kepala cabang, office, staf keuangan, staf akademik, pengajar atau instruktur smart, dan yang terakhir office boy. Dalam hal status karyawan, biasanya 3 bulan pertama merupakan tenaga kontrak, kemudian setelah itu menjadi pegawai tetap. Primagama memiliki aturan yang mengikat, dari segi peraturan baik kepada staf maupun siswa, contoh dari peraturannya adalah seperti para siswa dialarang merokok dan mengotori dinding di sekitar kawasan Bimbingan Belajar Primagama.kemudian untuk para staf adalah dari waktu kedatangan serta ketepatan waktu dalam menghajar. Primagama juga bermitra dengan sejumlah sekolah, hal ini bertujuan untuk menarik siswa lebih banyak kemudian dari sisi keuntungan pihak sekolah adalah bila di sekolah tersebut ingin mengadakan event, Primagama dapat membantu dalam hal ini sebagai sponsor.
Primagama juga memiliki Visi dan Misi yaitu terdepan dalam prestasi dan menjadi Intitusi pendidikan nor formal. Kemudian Primagama, memiliki anak perusahaan yaitu, Quantum Kids, Ahmad Dani School of Rock, Damian Academy, dan yang paling terbaru adalah kerja sama dengan Jepang. Primagama mendapatkan Rekor MURI dan ISO. Sejak 5 tahun lalu, diterapkan finger print tes. Tes ini berguna untuk mengetahui kemampuan otak kanan dan otak kiri dalam hal bakat siswa, dan tes ini merupakan yang pertama diterapkan di Bimbingan Belajar Primagama dari semua Bimbingan Belajar yang ada. Bimbingan Belajar yang disediakan Primagama antara lain, Privat Luar Sekolah dan Program Produk Sampling (Pendalaman Materi yang diadakan di Sekolah). Berkat fasilitas yang ditawarkan Primagama ini, sejumlah orang tua siswa merasa terbantu dalam hal pemberian sejumlah materi pembelajaran diluar sekolah bagi putra-putrinya.
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini