Minggu, 11 November 2012

Arie_lap1_PizzaHut

PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP EKSISTENSI PIZZA HUT DI INDONESIA
ARIE PERMANA (1112051100012)
 
I.                   Latar Belakang
Seperti kita ketahui bahwa Pizza Hut sebagai restoran Pizza tertua di Indonesia telah memberikan warna lain dalam sektor bisnis dan kuliner di Indonesia. Hal menarik yang ingin saya teliti adalah tentang bagaimana Pizza Hut dapat membangun kepercayaan serta menjaga kualitas sebagai restoran kelas menengah.
Selama ini kita tahu bahwa restoran Pizza Hut adalah restoran yang dapat dijangkau oleh kalangan menengah kebawah namun dengan pelayanan restoran bintang lima. Hal inilah yang menimbulkan kepuasan tersendri bagi konsumen, sehingga restoran ini tetap eksis sampai sekarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menjaga kredibilitas suatu restoran besar agar selalu ada dihati tiap pecinta kuliner di Indonesia, karena sulit sekali memang dalam mempertahankan eksistensi suatu perusahaan yang sudah dibangun begitu lama tanpa sebuah hambatan yang berarti.
 
II.                Pertanyaan Pokok
-          Faktor apakah yang mempengaruhi kepuasan konsumen yang berimbas pada eksistensi Pizza Hut ?
Pertanyaan ini bertujuan untuk mendalami kiat-kiat Pizza Hut dalam menjaga kepuasan konsumen terhadap perusahaan khususnya outlet tempat penelitian saya.
 
III.             Metode Penelitian
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hal ini bertujuan untuk mencari informasi lebih mendalam bagaimana membangun kepercayaan dan kepuasan konsumen outlet Pizza Hut Depok 2 Tengah serta bagaimana menjaga kepercayaan tersebut.
Waktu       : Minggu, 4 November 2012 pukul 11.00-12.00 WIB
Tempat      : Outlet Pizza Hut Depok 2 Tengah
 
IV.             Gambaran Tokoh
Narasumber ialah Assistant Manager outlet bernama Aris Wibowo, orang yang sudah memegang jabatan ini disana selama dua tahun semenjak outlet ini dibuka serta dibantu oleh Shift Leader Haris Nasution yang dengan perjuangan berat beliau mendapatkan jabatan ini. Mereka berdua inilah yang membantu saya dalam memberikan informasi mengenai outlet ini serta informasi mengenai Pizza Hut secara global.
 
V.                Analisis
Berawal dari sebuah kedai pizza kecil dan sederhana di Kansas City, Amerika Serikat, Pizza Hut tumbuh menjadi jaringan restoran pizza terbesar di dunia dengan lebih dari 5.600 restoran di 97 negara.
Di Indonesia sendiri Pizza Hut membuka restoran pertamanya tahun 1984 di Gedung Djakarta Theatre, daerah Thamrin, Jakarta. Kemudian tahun 2000, restoran Pizza Hut pertama ini dipindahkan ke Gedung Cakrawala di area yang sama, hingga sekarang. Kini, Pizza Hut mempunyai lebih dari 200 restoran yang tersebar di 22 propinsi di Indonesia, dari Aceh hingga Abepura.
Pizza Hut sendiri memiliki visi perusahaan, "to be Indonesia's leading mid-casual dining restaurant offering great experience and the best pizza meals at affordable value". Serta memiliki tujuan, "agar semua kalangan masyarakat dapat membeli pizza karena harganya yang terjangkau".
Pizza Hut Indonesia memiliki 4 nilai yang dijadikan sebagai dasar dalam menjalankan organisasi, juga dalam membangun relasi dengan pelanggan, mitra usaha dan pemegang saham.
1.                  Integritas
Kita jujur dalam berpikir dan bekerja, dapat dipercaya, tulus dan bersikap profesional saat berhubungan dengan rekan kerja, pelanggan dan para supplier.
2.                  Keunggulan
Kita melakukan pekerjaan yang lebih dari sekedar panggilan tugas, melakukan lebih dari apa yang diharapkan orang lain. Kita terus berjuang untuk perbaikan dan teliti dalam segala hal. Jalankan tugas dengan rela dan hadapi segala tantangan yang ada untuk mencapai standar yang tertinggi.
3.                  Pertumbuhan Usaha
Kita akan mengembangkan diri dan memperoleh keuntungan dengan cara menjadi 'Casual Dining Restaurant' yang terbaik. Kita berjuang untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, berbagi keterampilan dan belajar bersama dengan rekan kerja kita, sehingga kita berkembang bersama, baik secara individu maupun organisasi.
4.                  Keuntungan
Kami selalu berusaha sedapat mungkin memberikan keuntungan kepada para pemegang saham dengan pengawasan dan peningkatan usaha penjualan.
Semua itu adalah yang mendasarkan eksisnya Pizza Hut di Indonesia. Selain itu Pizza Hut juga selalu mengeluarkan prodak baru setiap periodenya, hal ini bertujuan agar konsumen tidak merasa bosan dan selalu kembali untuk makan di Pizza Hut.
Pizza Hut selalu mengawasi secara ketat kualitas bahan mentah sampai menjadi sebuah prodak Pizza Hut agar selalu memberikan yang terbaik bagi konsumen. Pengawasan itu juga berlaku bagi karyawan, sehingga semua karyawan Pizza Hut dapat memberikan pelayanaan terbaik dalam membuat dan menyajikan prodak.
Berbedanya pelayanan terhadap konsumen juga mempengaruhi. Kalau di food court kita harus mengantri untuk membayar dan mencari-cari tempat duduk tetapi di Pizza Hut kita dilayani dengan pelayanan restoran bintang lima, dipilihkan tempat duduk, serta pesan dan dinikmati dahulu makanannya setelah itu baru kita membayar.
 
VI.             Daftar Pustaka Yang Dipakai
-          Arsip Outlet Pizza Hut Depok 2 Tengah
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini