Minggu, 11 November 2012

Ruqoyah R.J_Laporan.2_PRIMAGAMA

Judul Penelitian: "Kepercayaan Masyarakat Terhadap Bimbingan Belajar Primagama"
Peneliti: Ruqoyah Raudatul Jannah

I. Latar Belakang

Saya memilih tema "Kepercayaan Masyarakat Terhadap Bimbingan Belajar Primagama" karena masyarakat saat ini sudah semakin memikirkan tentang pendidikan tidak hanya pendidikan wajib yaitu sekolah tetapi mereka juga memilih bimbingan belajar di luar sekolah, dan bimbingan belajar Primagama adalah salah satu bimbingan kepercayaan masyarakat saat ini. Hal ini di buktikan dari banyak nya minat masyarakat mendaftarkan anak mereka ke bimbingan belajar Primagama. 
Di masa sekarang pendidikan adalah suatu hal yang penting, masayarakat dewasa ini memikirkan masa depan anak mereka tergantung dari pendidikan yang mereka ambil. Semakin tinggi pendidikan mereka semakin baik masa depan yang akan mereka terima. Tidak hanya untuk diri mereka sendiri tapi untuk bangsa dan Negara tentulah akan berguna. Pendidikan juga akan membuat kebodohan berkurang, dan semakin berkurangnya kebodohan semakin menurun kemiskinan di Negara ini. Tetapi tentulah semua itu tidaklah instan, perulah suatu usaha agar semua itu terwujud. Dan salah satu cara agar pendidikan anak semakin meningkat perlu pembelajaran yang maksimal, tidak hanya melalui pendidikan sekolah tapi juga bimbingan belajar di perlukan. Dan bimbingan belajar Primagama adalah salah satunya. 

II. Pertanyaan Pokok Penelitian

Bagaimana respect kepercayaan masyarakat terhadap bimbingan belajar Primagama?
Respect masyarakat dilihat dari marketing dengan managementnya yang bagus. Ditandai dengan banyaknya siswa yang bimbel, juga metode yang digunakan adalah metode pengajarannya dengan kakak-kakak atau guru-guru seperti teman, sehingga siswa tidak merasa jenuh. Bisa dibilang lembaga ini adalah kelompok belajar atau sharing. Dari penjelasan tersebut bisa di simpulkan bahwa masyarakat telah percaya terhadap primagama sehingga respect mereka pun baik.

III. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini saya memakai metode kualitatif, karna penelitian ini dilakukan melaului teknik wawancara langsung yang menghasilkan informasi-informasi yang melibatkan faktor sosial. Dengan demikian saya merasa metode kualitatif adalah yang paling cocok untuk penilitian ini.
Waktu penelitian ini dilaksanakan pada hari jum'at, 9 November 2012.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan adalah di Primagama cabang Cireundeu.

IV. Gambaran Subyek/Obyek Penelitian

Narasumber penilitian ini adalah Yunita Dwi Astuti. Primagama cabang Cirendeu di bangun tahun 2006, tetapi primagama pusat sudah berdiri selama 30 tahun. Bp. Budhi Indra Chandra adalah orang pertama yang mencetuskan Primagama, beliau berasal dari Lampung, berawal dari keterbatasan ekonomi, sejak ia diterima di UGM, beliau mensiasati buka kursus belajar bersama teman-temannya dirumahnya. Usahanya juga tidak terbilang mulus, adakalanya mengalami proses jatuh bangun. Namun sikap pantang menyerannya menjadikannya seorang Etherpreneur yang berjalan dibidang pendidikan. Meskipun bisnisnya banyak namun tetap dibawah satu management Primagama. Motto Primagama sendiri adalah "Terdepan dalam Prestasi". Dalam bimbingan belajar Primagama sendiri ada aturan yang mengikat yang berlaku untuk para staf dan siswa nya, yaitu, disiplin tepat waktu, tidak merokok, mengikuti aturan yang ada dan lain sebagainya. Sedangkan untuk sansi hanya seperti kurangnya materi jika tidak disiplin waktu. Dalam Primagama juga ada struktur yang jelas mulai dari kepala cabang kepada sub-subnya, kemudian ke administrasi cabang ke staf-staf akademik dan terakhir ke guru-guru pengajar.

V. Analisis

Sesuai dari tema yang saya ambil, "Kepercayaan Masyarakat Terhadap Bimbingan Belajar Primagama", dan sesuai informasi yang saya dapatkan. Saya menganalisis bahwa masyarakat memang benar-benar percaya terhadap bimbingan belajar Primagama, terbukti dari relasi yang dilakukan masyarakat dengan Primagama itu sendiri. Informasi relasi dengan masyarakat itu adalah sebagai berikut:
1. Bekerjasama dengan pihak sekolah.
2. Membantu event-event sekolah.
3. Memfasilitasi kemampuan siswa
4. Menggantikan orang tua dalam mengajarkan anaknya.
Tidak hanya itu primagama juga membantu memecahkan solusi lebih dari 1000 cara cepat mengerjakan soal yang biasa siswa dapatkan di dalam soal-soal di mata pelajaran mereka.
Namun semua itu tidak lepas dari kemampuan dan perkembangan si siswa tersebut, ada yang cerdas dan ada pula yang kurang cerdas. Namun lembaga ini di gembleng untuk mendapatkan nilai baik dan lulus. Hal inilah yang menyebabkan kepercayaan masyarakat meningkat, sehingga Primagama menjadi salah satu bimbingan belajar kepercayaan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini