Minggu, 11 November 2012

Devi Yuliana_Laporan 1_Majelis ta'lim Jami At-taufiq

Judul               : Pengaruh Majelis Ta'lim dalam Masyarakat (Institusi Sosial)
Peneliti             : Devi Yuliana (1112051100016)
 
I.    Latar Belakang
 
       Dengan berbagai macam organisasi masyarakat, membuat masyarakat waspada dan hati-hati untuk bergabung dengan lembaga agama. Ini,dikarenakan tidak sedikit pula lembaga agama yang sesat, tidaj sesuai aqidah dah ahklak yang sesuai ajaran islam. Maraknya hal tersebut menjadi titik dimana masyarakat mengambil keputusan untuk bergabung dalam lembaga agama. Namun masih ada lembaga agam yang masih sesuai aqidah dan ahklak yang islami. Ada baiknya kita sebagai manusia harus hati-hati dan waspada untuk bergabung di dalam lembaga agama.
 
 
II.  Pertanyaan Pokok Penelitian
 
v Bagaimana perkembangan majelis ta'lim Jami At- taufiq ?
 
v Apa pengaruh majelis ta'lim dimasyarakat ?
 
 
III.    Metode Penelitian
 
Metode              : Kualitatif
Tempat              : Masjid Jami At- taufiq
Waktu                : 14.00 – 15.30 WIB
Narasumber       : Ibu Sumiyati sebagai Anggota Pengajian
 
 
IV.    Gambaran Subyek/Obyek Penelitian
 
            Menurut obyek penelitian, bahwa penelitian kali ini lebih efisien, yaitu majelis ta'lim yang berstruktur dan jelas, kegiatan-kegiatannya juga sangat positif untuk masyarakat, sedangkan berdasarkan gambaran subyek, lembaga agama ini adalah organisasi yang paling baik sebab dapat dirasakan pengaruhnya kepada masyarakat.
 
 
V.      Analisis
 
          Majelis Ta'lim Jami At- taufiq adalah lembaga agama, dibentuk sejak tahun 1991, saat itu hanya beberapa orang saja yang menjadi anggota, kegiatannya saat itu pun juga terbatas hanya sekadar mengaji al-qur'an bersama-sama dimasjid jami at-taufiq. Kata bu Sumiyati.
          Seiring berjalannya waktudan bergantinya pengurus lembaga ini, Majelis Ta'lim Jami At- taufiqpun menjadi lebih baik, jelas strukturnya, kegiatannya pun semakin banyak, sering kali menjadi audience jamaah di acara rohani di televisi. Selain itu pun kegiatannya lebih bermanfaat, sumbangan untuk anak yatim, pengajian ratiban mala jumat, terkadang setahun sekali mengadakan rekreasi ke luar kota, namun tidak jauh dari kegiatan agamaitu sendiri, seperti berziarah ke makam tokoh agama terkemuka dan masih banyak lagi.
 
          Adapun pengaruh lembaga agama Majelis Ta'lim Jami At- taufiq ini di masyarakat adalah sangat banyak sekali positifnya khususnya untuk rohani pribadi, tentunya membentuk pribadi dan ahklak yang islami sesuai agama islam yang benar. Kelakuan manusiapun yang buruk, sedikit banyaknya dapat mempengaruhinya menjadi lebih baik. Baik secara perilaku maupun moralnya. Kebersamaan pun dapat dirasakan jika tali persaudaraan dalam masyarakat dijaga dalam majelis ini.            
 
          Umumnya lembaga agama pasti dapat mengubah seseorang menjadi lebih baik, namun jangan salah sangka, bahwa tidak sedikit lembaga agama yang menyesatkan, misalnya belum lama ini sebut saja NNI ( Negara Indonesia Islam ) yang merekrut masyarakat dengan mengubahnya menjadi tidak sesuai aqidah islam seperti mencuri, berbohong dan lain-lain. Lebih parah lagi pada akhirnya sebuah lembaga membuat anggotanya menjadi teroris ini sudah termasuk tindak kejahatan dan kriminal, sungguh diluar keadaan islam yang sebenarnya. Untuk itu sebuah lembaga agama haruslah bersifat terbuka dan transparan, jelas strukturnya dan terpenting ialah sesuai ajaran agama islam. Jelasnya bu Sumiyati saat dimintai kejelasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini