Senin, 24 Maret 2014

Tugas Proposal Ekologi Manusia

Nama: Rizka Arfeinia

Jurusan: Pengembangan Masyarakat Islam

Semester: 6 (enam)

Tema: Management Kesehatan dan Lingkungan

Judul: Memanage Hidup Sehat dengan Memanfaatkan Sumber Daya Yang Pintar

A.      Dasar Pemikiran

       Pengertian hidup sehat adalah merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi juga meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial dan spiritual.

       Menurut UU RI No. 25 Tahun 1992 tentang kesehatan, dikatakan bahwa kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosil dan ekonomis. Sementara sehat menurut batasan UU No. 9 tentang pokok-pokok kesehatan dalam Bab I, Pasal 2, yang disesuaikan dengan batasan WHO, dikatakan bahwa: sehat adalah suatu keadaan jasmani, rohani, dan sosial yang sempurna dan bukan hanya bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. Jadi orang dikatakan sehat apabila jiwa, jasmani, dan sosialnya sehat. Orang yang jasmaninya sehat, tentulah jiwanya sehat. Orang yang jiwanya terganggu, niscaya jasmaninya juga terganggu. Orang yang hubungan sosialnya tidak bagus tentu akan mengganggu jiwanya. Sebagai contoh apabila seseorang memiliki hubungan dengan tetangganya tidak baik, bahkan sering terjadi pertengkaran, tentunya hatinya tidak tentram. Jiwanya terganggu. Jiwa terganggu akan berakibat kesehatan jasmaninya juga terganggu.

“nothing ever exist entirely alone. Everything is in relation to everything else”. Budha Gautama.

Pernyataan di atas jika dikaitkan dengan hubungan antara kesehatan manusia dan lingkungan, menunjukan bahwa derajat kesehatan dan kualitas hidup manusia sangat ditentukan oleh kemampuan menyikapi dan mengelola hubungan timbal balik antara aktifitas manusia dengan lingkungan fisik dan biolginya. Dalam konteks ekologi hubungan itu berlangsung mulai dari awal kehidupan manusia, yakni bersatunya sperma dengan sel telur (pembuahan) menjadi janin, kemudian berkembang menjadi bayi, anak-anak, dewasa, lanjut usia hingga wafat (setiono, masjhur dan Alisjahbana, 1998).

Selama siklus kehidupan manusia, akan terjadi berbagai bentuk perubahan yang sebagian besar dipengaruhi oleh lingkungan fisik maupun biologi. Secara ekologis laju perubahan yang terjadi dalam kehidupan amat dipengaruhi oleh sumberdaya alam, termasuk energi, komunikasi dan informasi yang kini berkembang amat pesat. Menurut Soeryani, Ahmad dan Munir (1987), makhluk hidup secara keseluruhan merupakan penyebab utama terjadinya berbagai perubahan dalam sisitem kehidupan. Dimana manusia merupakan aktor potensial untuk melakukan perubahan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasainya, serta sifat dinamis perkembangan kebudayaan pada umumnya.

Secara konseptual pengetian kesehatan manusia dan kemampuan untuk menjaganya dikaitkan pada kemampuan untuk mengalokasikan dan mengoganisasikan sumberdaya manusia dan sumberdaya alam sekitarnya melalui perencanaan (planning), pengaturan (organizing), pengarahan (directing) dan pengendalian (controling) yang baik untuk menghasilkan kualitas kehidupan yang lebih baik. Sedangkan pengertian sehat menurut McLaren (1976) adalah keadaan yang baik.

            Perubahan lingkungan telah banyak mengubah hubungan manusia dengan ekosistem dimana mereka tinggal. Perubahan-perubahan tersebut terjadi karena adanya peningkatan jumlah penduduk yang semakin pesat sehingga berakibat pada berkurangnya sumberdaya biologis. Disamping adanya kerusakan ekosistem dikarenakan perkembangan dibidang industri, perubahan cuaca, urbanisasi, pertanian modern dan penggunaan pestisidayang tidak terkontrol. Kerusakan tersebut di alam akan mempengaruhi pola kesehatan manusia , penyakit dan tentunya status gizi. Dengan demikian, selayaknya prioritas pembangunan selalu dipadukan dengan upaya konservasi lingkungan, agar seseorang bisa memenuhi kebutuhan dasarnya untuk dapat bertahan hidup. Dalam hal ini gizi dan kesehatan merupakan hal yang paling mendasar dan penting untuk diperhatikan.

            Faktor-faktor permasalahan status kesehatan seorang dapat dilihat pada dari:

1.      Penyebab langsung mencangkup penyakit dan salah gizi. Penyakit dan salah gizi terjadi karena paparan bahan-bahan kimia dan mikroba yang membahayakan kesehatan yang diperparah dengan ketidakcukupan asupan makanan yang bergizi.

2.      Penyebab tak langsung mencangkup penyakit dan salah gizi:

1.      Terbatasnya akses kesehatan dan fasilitas sanitasi menyebabkan rendahnya upaya preventif dan pengawasan penyakit yang berdampak pada berkembangnya mikroba dan meningkatnya polusi bahan kimiawi.

2.      Keterbatasan akan akses pada pangan dan pendapatan/daya beli mengakibatkan terjadinya ketidaktahanan pangan. Hal ini menyebabkan ketidakmampuan memperoleh pangan untuk dapat memelihara kesehatan

3.      Kurangnya pemeliaraan/pengasuhan. Penelitian menunjukan bahwa pengasuhan anak yang baik amat penting untuk meningkatkan status kesehatan dan gizi anak.

B.     Tujuan

Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut:

1.      Gerakan Aksi Cepat Tanggap dalam memberikan makanan tambahan kepada kelompok rawan (vunerable groups): ibu hamil, menyusui, dan anak-anak yang kurang Gizi dan yang baru sembuh penyakit. Memberikan suplementasi zat gizi, seperti vitamin A, mineral zat Besi, Zinc, dan juga imunisasi bagi anak-anak.

2.      Membantu mengidentifikasikan komponen biologis dan sosial budaya bagi pemecahan masalah pola konsumsi kearah konsumsi yang lebih sehat.

3.      Mengendalikan dan memelihara sumberdaya termasuk sumber daya manusia.

C.     Manfaat

Adapun manfaat dalam program kegiatan ini adalah:

1.      Untuk meningkatkan kesehatan dan konsumsi gizi melalui kearifan lokal

2.      Agar masyarakat mampu mengidentifikasi masalah yang ada pada dirinya sendiri. Sehingga sadar akan pola hidup yang sehat.

3.      Untuk melakukan intervensi yang berupa penyuluhan, dimana penyuluhan dalam hal management usaha kecil untuk perempuan: kebersihan, kesehatan lingkungan pendidikan gizi bagi para ibu.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini