Senin, 21 April 2014

Agung Laksono Wibowo_Tugas 5_Konsep Penelitian Sosiologi


Dampak Ditutupnya Terminal Lebak Bulus bagi Perekonomian Para Supir Bus Travel
I.                  Latar Belakang
         Terminal Lebak Bulus adalah terminal bus yang terletak di Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Terminal bus ini merupakan salah satu terminal bertipe A yang ada di Provinsi DKI Jakarta ini. Terminal Lebak Bulus memiliki keberfungsian sebagai sarana penyedia transportasi umum yang  terbagi menjadi dua, yaitu untuk melayani penumpang dengan tujuan dalam kota dan luar kota. Terminal ini menjadi terminal tujuan awal atau akhir dan juga terminal yang dilewati untuk beberapa rute perjalanan. Dan terminal ini juga bersebelahan dengan Stadion Lebak Bulus, namun sekarang sudah tidak diberfungsikan karena adanya proyek pembangunan MRT.
         Terkait dengan permasalahan pada tema penelitian ini, pada dasarnya bersumber pada perencanaan Proyek MRT. Proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta adalah sebuah proyek pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menanggulangi kemacetan yang sudah menjadi hal yang lumrah dialami oleh seluruh masyarakat Jakarta. Namun, besar harapan segera dapat terselesaikan proyek MRT ini sebagai angkutan massal, demi mengurangi angka kemacetan di DKI Jakarta.
      Latar Belakang Pembangunan Sistem Transportasi Massal Cepat Berbasis Rel MRT
          Perkiraan Jakarta akan macet total : saat ini pertumbuhan jalan di Jakarta kurang dari 1 persen per tahun dan setiap hari, setidaknya ada 1000 lebih unit kendaraan bermotor baru turun ke jalan di Jakarta (Data Dinas Perhubungan DKI Jakarta). Berdasarkan hasil survey studi Japan International Corporation Agency (JICA) 2004, menyatakan bahwa bila tidak dilakukan perbaikan pada system transportasi, maka diperkirakan lalu lintas Jakarta akan macet total pada 2020 (Study on Integrated Transportation Master Plan (SITRAMP II)).
         Kerugian ekonomi akibat kemacetan lalu lintas di Jakarta berdasarkan hasil penelitian Yayasan Pelangi pada 2005 ditaksir Rp 12,8 triliun/tahun yang meliputi nilai waktu, biaya bahan bakar dan biaya kesehatan. Sementara, berdasarkan SITRAMP II tahun 2004 menunjukkan bahwa bila sampai 2020 tidak ada perbaikan yang dilakukan pada system transportasi, maka perkiraan kerugian ekonomi mencapai Rp 65 triliun/tahun.
         Polusi udara akibat kendaraan bermotor telah berdampak pada 80 persen polusi di Jakarta. MRT Jakarta digerakkan oleh tenaga listrik, sehingga tidak menimbulkan gas emisi CO2 di perkotaan. Berdasarkan riset tersebut, maka jelas DKI Jakarta sangat membutuhkan angkutan massal yang lebih handal serta teknologi yang jauh lebih aktual seperti  MRT yang dapat menjadi solusi alternatif transportasi yang ramah lingkungan bagi masyarakat.
      Membangun sistem jaringan MRT, bukanlah hanya mengenai urusan kelayakan ekonomi dan financial saja, melainkan lebih dari itu. Pembangunan MRT pada dasarnya mencerminkan visi sebuah kota. Kehidupan dan aktivitas ekonomi sebuah kota antara laintergantung dari seberapa mudah warga kota melakukan perjalanan/mobilitas dan seberapa sering mereka dapat melakukannya ke berbagai tujuan dalam kota. Tujuan utama dibangunnya sistem MRT ialah memberikan kesempatan kepada warga kota untuk meningkatkan kualitas, serta kuantitas  perjalanan / mobilitasnya menjadi lebih berperadaban, aman, nyaman, terjangkau dan lebih ekonomis, serta efisien.
A.    Penting Penelitian
Adapun beberapa alasan mengapa saya mengangkat tema penelitian ini yakni yang terkait dengan Pembangunan Proyek MRT yang berdampak pada ditutupnya Terminal Lebak Bulus. Sebenarnya Proyek Pembangunan MRT ini telah lama dirancang oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Gubernur Ir. Joko Widodo dan Wakil Gubernur, Basuki Tjahya Purnama, yang telah menggagas, serta berkontribusi besar terhadap pelaksanaan Proyek MRT ini sehingga dapat terwujud.
Terminal Lebak Bulus merupakan salah satu jantung perekonomian di DKI Jakarta ini, sebab di terminal ini digunakan sebagai salah satu sentral/pusat transit para pelaku urbanisasi yang datang ke Jakarta. Dengan ditutupnya terminal ini, maka secara otomatis telah memberikan dampak yang amat besar bagi para pelaku ekonomi disana yang meliputi para supir travel, pedagang, maupun masyarakat di sekitarnya. Di satu sisi, Pemprov DKI memiliki niat yang mulia yakni dengan mengurangi, bahkan berusaha mengentaskan kemacetan di ibukota ini dengan perencanaan pembangunan proyek MRT.
B.     Asumsi
Namun pada realitas sosialnya, penutupan terminal ini telah menghentikan laju perekonomian bagi seluruh supir bus travel serta pedagang, maupun masyarakat di sekitarnya yang memperoleh mata pencaharian di Terminal Lebak Bulus ini. Karena melalui mata pencaharian di terminal tersebut mereka dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka, terlebih lagi di zaman globalisasi ini terbilang sulit mencari pekerjaan, sebab semakin ke sini, persaingan semakin sulit. Terlebih lagi, mereka hanya mengenyam pendidikan yang terbilang rendah.
II.               Pertanyaan Penelitian
1.      Apakah dampak yang ditimbulkan dari ditutupnya terminal Lebak Bulus ini bagi perekonomian para bus travel ?
2.      Bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan ini demi kesejahteraan para supir bus travel serta kenyamanan semua pihak yang dirugikan ?
3.      Apakah pembangunan proyek MRT ini sesuai dengan AMDAL yang berlaku pada lingkungan sekitar terminal?
4.      Siapa saja yang dirugikan akibat pembangunan proyek MRT ini?
III.           Metode Penelitian
Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif  yaitu suatu metode yang mengarah kepada analisis data yang mengutamakan keterangan penelitian yang ada berdasarkan kenyataan yang ada, dengan cara mengamati dan wawancara dapat menyimpulkan apa saja yang menjadi pembahasan pola-pola pekerjaan yang terjadi di masyarakat. Dan mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang di peroleh, sebagai jenis penelitian yang temuannya tidak di peroleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya.
Nama : Agung Laksono Wibowo
NIM   : 1113054100004
Prodi  : Kesejahteraan Sosial
Kelas  : 2A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini