Senin, 21 April 2014

Eko Radityo_Tugas 5_Penelitian Sosiologi

Tema : Dilema ibu bekerja atau mengurus rumah tangga

1.      Latar Belakang

Di zaman modern seperti ini peran wanita sebagai ibu mulai bergeser. Dari yang sebelumnya, seorang ibu yang hanya fokus untuk mengurus segala urusan rumah tangga. Menjadi ibu yang memiliki peran ganda. Selain sebagai ibu rumah tangga, juga sebagai pencari nafkah, di samping ayah yang memang merupakan tugas utamanya. Perubahan peran ibu ini merupakan akibat dari perkembangan zaman yang menuntut sebuah keluarga untuk memiliki dua orang pencari nafkah untuk mencapai kesejahteraan dalam berkeluarga, yaitu mencukupi semua kebutuhan keluarga. Karena pada zaman ini beranggapan jika hanya 1 orang yang mencari nafkah maka kesejahteraan keluarga akan sulit terpenuhi.

 

Perubahan peran ibu ini memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif dengan adanya ibu yang bekerja bisa membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga dan memperbaiki ekonomi keluarga menjadi lebih sejahtera. Dampak negatif dengan adanya ibu bekerja, perhatian dan kasih sayang terhadap anak yang seharusnya di dapatkan, menjadi terbagi dengan pekerjaan. Yang berdampak anak menjadi kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang.

2.      Pertanyaan Penelitian

Bagaimana seorang ibu yang bekerja menyiasati urusan rumah tangga dan pekerjaan?

Apakah dampak bagi seorang anak yang ibunya bekerja?

3.      Metode

Metode yang di gunakan yaitu metode kualitatif karena mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang di peroleh. Dan sebagai jenis penelitian yang temuannya tidak di peroleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini