Senin, 21 April 2014

Della Azizah_tugas 5_penelitian sosiologi kesadaran beretika dalam diri remaja

BAB I

PENDAHULUAN

Penelitian Sosiologi

Tema : kesadaran Beretika dalam diri Remaja

1.    Latar belakang

Remaja adalah mereka yang telah meninggalkan masa kanak-kanak yang penuh ketergantungan dan menuju masa pembentukan tanggung jawab. Masa remaja ditandai dengan pengalaman-pengalaman baru yang sebelumnya belum pernah terbayangkan dan di alami.

Berbicara tentang remaja selalu dapat tanggapan yang beraneka ragam. Dalam bergaul, kita juga harusmemperhatikan tentang bagaimana etika-etikanya pergaulan yang benar. Kesadaran beretika seharusnya sudah dibangun sejak masih kecil.etika adalah aturan pergaulan hidup di masyarakat, jadi etika pergaulan remaja sendiri adala sopan santun atau tata krama dalam bergaul yang sesuai dengan situasi dan keadaan serta tidak melanggar baik  norma agama, norma kesopanan, norma adat, hukum dan lainnya.  Pada dasarnya manusia di tuntut untuk saling mengenal dan saling membantu. Namun dalam bergaul ada nilai-nilai yang harus di pedomani. Nilai-nilai tersebut harus di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. agar tingkah laku remaja dapat diterima dan disenangi oleh siapa saja yang bergaul dengan mereka. Dan disinilah kita akan mengetahui bagaimana pentingnya sebuah etika dalam pergaulan. Maka seluruh remaja akan menjadi terkontrol dan terkendali.tetapi yang kita lihat sekarang ini sangatlah berbeda jauh dari keinginan yang diharapkan oleh bangsa kita. Kebanyakan para remaja zaman sekarang belum mengetahui akan pentingnya etika bergaul, sehingga mereka pun bersikap semaunya tidak terkendali dan tidak terkontrol. Jadi kesadaran etika dalam remaja akan hilang  jika seorang remaja salah bergaul yang menghilangkan norma-norma yang ada.  

2.    Pertanyaan penelitian   

a.      Bagaimana meningkatkan keadaran beretika dalam diri remaja ?

b.      Bagaimana memberikan arahan agar remaja tidak salah dalam mengambil pergaulan yang salah ?

c.       Bagaimana menerapkan beretika yang baik ?

d.      Bagaiman cara untuk remaja agar berpendapat bahwa beretika itu penting ?

e.      Pergaulan bagaimanakah yang tidak melanggar norma dan yang diharapkan masyarakat ?

 

 

3.    Metode yang di gunakan

 Metode yang digukan dalam penelitian ini adalah kuatitatif yaitu metode yang mengarah pada menganalisis datanya mengutamakan keterangan berdasarkan angka-angka dan memberikan angket kepada mahasiswa. Gejala yang di teliti di ukur dengan skala,indeks,dan tebel.

1.      Menggunakan angket

2.      Wawancara pada remaja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini