Senin, 21 April 2014

iis sudiyanti ( tugas5 ) pmi6_Tahap Pelaksanaan

Nama : iis sudiyanti
PMI VI 
Tahapan Pelaksanaan Kegiatan "101 Penanaman di Pekarangan Rumah"
Tahap 1 ( Instrument )
No
Kegiatan
Aktor
Keterangan
1
Diskusi dengan tokoh masyarakat
Kepala RT, kiyai, ibu-ibu pkk

2
Diskusi dengan para pemuda
Karang taruna, Ikatan remaja masjid

3
Diskusi dengan kepala desa
Kepala Desa

4
Pola Aksi
Seluruh masyarakat






Tahap 2 ( Pelaksanaan )
1.      Diskusi Tokoh
Sebelum berlangsungnya kegiatan ini, saya sebagai perencana program ingin mensosialisasikan kegiatan kepada masyarakat, tokoh pertama yang saya ajak diskusi adalah para tokoh masyarakat seperti pak RT sampai para kiyai yang ada disekitar masyarakat disuatu desa.
Dalam diskusi kali ini saya, mengundang para kepala RT dan beberapa kiyai serta beberapa ibu-ibu yang dianggap aktif dalam suatu kegiatan. Diskusi kali ini saya hanya memaparkan program yang saya ajukan, serta meminta kepada khalayak untuk memberi masukan serta anggapan program saya ini. Serta saya meminta saran kepada mereka demi ketercapaian program saya ini.

2.      Diskusi Pemuda
Setelah diskusi dengan para tokoh masyarakat, seminggu kemudian para tokoh masyarakat yang telah mengikuti diskusi sebelumnya mendapat tugas untuk mensosialisasikan program "Penanaman di Pekarangan Rumah". Dalam diskusi kali ini saya menyerahkan seluruhnya kepada pemimpin pemuda, salah satu diantaranya adalah pemimpin Karang Taruna yang ada di Desa tersebut untuk memimpin diskusi.

3.      Diskusi Kepala Desa
Setelah diskusi dengan para tokoh serta pemuda yang ada di desa, saya dengan beberapa perwakilan tokoh masyarakat yang kali ini akan di hadiri oleh 3 ketua RT, Kiyai, serta pimpinan Karang Taruna akan mengadakan diskusi dengan Kepala Desa untuk membicarakan program yang akan diajukan yang sebelumnya telah didiskusikan dengan para tokoh masyarakat serta pemuda yang ada di desa tersebut. Selain diskusidengan kepala desa tujuannya adalah agar program yang kita ajukan ini dapat disetujui serta dilaksanakan tanpa harus ada kendala lainnya. Akhirnya Kepala Desa sangat mendukung program "Penanaman di Pekarangan Rumah" dan sangat mendukung agar program ini cepat dilaksanakan dan berlangsung dengan baik tanpa adanya hambatan.

4.      Pola Aksi
Setelah mendapat persetujuan dari kepala desa, saya bersama tokoh masyarakat dan pemuda berinisiatif untuk membuat kepanitian. Kepanitiaan yang pertama adalah kepanitiaan untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar mengetahui program "101 Penanaman di Pekarangan Rumah". Salah satu teknisi dalam mensosialisasi kali ini adalah membuat panggung hiburan untuk mensoialisasikan serta launching untuk program ini, yang nantinya akan diresmikan oleh Kepala Desa. Selain itu, kepala RT juga wajib mensosialisasikan program ini kepada warganya agar secara keseluruhan warganya mengetahui.
Tahap 3 ( Evaluasi )
Evaluasi ini akan dilaksanakan jika program telah dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini