Minggu, 18 Mei 2014

Erby Eko Y_Tugas 7_Laporan Penelitian Lapangan 3

Nama:Erby Eko Y

NIM:1113054100008

Kelas:Kessos 2A

 

Tema; Perilaku Remaja Yang Semakin Brutal dan Tanggapan Warga

A. LATAR BELAKANG

Tumbuh kembang remaja pada zaman sekarang sudah tidak bisa dipercaya lagi. Perilaku kenakalan remaja saat ini sulit diatasi. Sering kita lihat disekitar kita kenakalan remaja yang disebabkan oleh hal sepele seperti saling ejek lalu berlanjut ke tawuran, pemerkosaan yang dilakukan oleh pelajar SMA, pemakain narkoba dan lain-lain. Kehidupan remaja pada masa kini sangat memprihatinkan. Remaja yang seharusnya menjadi calon penerus bangsa kini tidak bisa lagi menjadi jaminan untuk kemajuan Bangsa dan Negara. Bahkan perilaku mereka cenderung meresahkan kita semua. Remaja seringkali sulit mengatasi masalah mereka. Karena permasalahan–permasalahan remaja yang sulit mereka atasi maka berakibat pada timbulnya kenakalan remaja. Kenakalan remaja itu harus diatasi, dicegah dan dikendalikan secepat  mungkin agar tidak berkembang menjadi tindak kriminal yang lebih besar yang dapat merugikan dirinya sendiri, lingkungan masyarakat dan masa depan bangsa.

B. TEORI SOSIOLOGI YANG MENDUKUNG RISET LAPANGAN

Teori yang digunakan adalah teori Emil Durkheim. Dengan metode teori mengamati kelompok masyarakat, dengan cara observasi dan menjelaskan secara narasi.

C. PERTANYAAN PENELITIAN

1. Apa penyebab ini dapat terjadi?

2. Apa faktor yang bisa mencegah ini terjadi?

D. METODE PENELITIAN

Metode yang saya gunakan yaitu metode kualitatif karena mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang di peroleh.

E. AREA RISET

Penelitian ini dilaksanakan disekitar lingkungan sekolah SMA 7 Bekasi beserta pemukiman warga disekitar sekolah tersebut, dengan mewawanancarai beberapa pelajar dan warga disekitaran lingkungan sekolah tersebut, pada tanggal 17 Mei 2014.

Kenakalan remaja adalah sikap yang sangat negatif, banyak sekali dampak-dampak buruk yang terjadi dari kenakalan remaja yang membahayakan remaja yang lainnya, kegiatan itu hanya buang-buang waktu dan kesempatan, yang seharusnya mereka  lewatkan kesempatan itu untuk berkarya dan menuntut ilmu guna  meningkatkan taraf hidup mereka juga.

Banyak rintangan yang perlu kita sama–sama sadari bahwa masih banyak para remaja bangsa ini yang masih terjerumus masalah kenakalan remaja ini, padahal jika mereka tidak terjerumus dalam masalah yang disebut kenakalan remaja ini, tentu mereka akan menjadi anak bangsa yang berguna dan dapat berkarya dan menjadi anak bangsa yang kelak menjadi pemimpin bangsa ini dan memajukannya.

Bayangkan saja jika semua remaja jarang atau tidak  melakukan tindakan yang disebut kenakalan remaja dan memanfaatkan waktu, pikiran dan fisik mereka ke sesuatu yang positif seperti membantu orang tua, belajar dan berdoa, bukan tidak mungkin kelak negara kita menjadi negara yang maju karena para remaja nya kini menjadi pemimpin yang sukses memajukan negerinya.

Bangsa ini menantikan para penerusnya membawa nama Indonesia ke negara lain dan mengharumkannya, bangsa ini pun menantikan inovasi-inovasi yang dibuat oleh putra-putri bangsa kelak dikemudian hari dengan tujuan menghapus ketergantungan kepada negara lain menuju negara yang mandiri.

Harapan masyarakat terhadap remaja dapat dipenuhi melalui suatu proses berkesinambungan dalam menjalankan tugas-tugas perkembangan. Sebagai hasil dari kinerja timbal balik yang dengan pertumbuhan dari dalam dengan perangsangan dari lingkungan tergantung dari reaksi lingkungan dan pemahaman lingkungan terhadap munculnya perubahan-perubahan akan timbul atau tidak masalah bagi remaja.

 

Pertanyaan Penelitian;

1. Apa yang menyebabkan para remaja untuk berprilaku menyimpang ini?

2. Sejauh mana peran sekolah untuk dapat mencegah para siswanya dapat terhindar dari perilaku menyimpang ini?

3. Apa benar dengan perilaku ini remaja dapat disebut sebagai siswa berprestasi?

 

Narasumber;

1. Nama         ;Rusdi

    Umur          ;30 Tahun

    Pekerjaan ;Warga

2. Nama         ;Ina

     Umur         ;34 Tahun

     Pekerjaan  ;Ibu rumah tangga

3. Nama         ;Hari

    Umur          ;37 Tahun

    Pekerjaan ;Warga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini