Minggu, 18 Mei 2014

Eko Radityo_Tugas 6_ Penelitian Sosiologi

Dilema Memilih Kuliah atau Bekerja Setelah Lulus SMA

1.      Latar Belakang

Setelah berakhirnya masa sekolah yaitu sampai jenjang SMA banyak siswa yang bingung menentukan pilihan antara memilih kuliah untuk meneruskan studi atau langsung bekerja. Bagi mereka yang tingkat ekonominya menengah ke atas dan memiliki kemampuan dalam segi biaya yang cukup untuk kuliah biasanya mereka akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Tapi, bagi mereka yang tingkat ekonominya kurang dan tidak memiliki kemampuan dalam segi biaya untuk kuliah cenderung akan memilih langsung bekerja. Dengan biaya kuliah yang mahal membuat tidak semua siswa bisa melanjutkan studi hingga jenjang perguruan tinggi. Untuk siswa yang tingkat ekonominya kurang tetapi ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi tentu akan menjadi masalah. Mereka akan di hadapkan oleh pilihan yang membingungkan antara kuliah(tapi tidak memiliki biaya) atau bekerja(tapi belum siap).

-          Mengapa itu penting?

Melihat banyaknya siswa yang telah lulus SMA tapi bingung untuk memilih kuliah atau bekerja dan masalah ini telah terjadi berulang-ulang kali.

-          Asumsi

Dengan melihat masalah ini yang terjadi telah berulang-ulang kali tentunya ini harus ditemukan penyelesaiannya agar tidak terjadi lagi kebingungan yang sama pada angkatan selanjutnya.

2.      Teori

Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori Emile Durkheim. Metode yang ditinjau ialah observasi dan out put yang dihasilkan berupa narasi atau sebuah penjelasan dari penemuan-penemuan observasi yang telah dilakukan.

3.      Pertanyaan Penelitian

Bagaimana baiknya memilih antara kuliah atau bekerja setelah lulus SMA bagi siswa?

4.      Metode

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif. Karena penelitian ini dilakukan dengan wawancara mengajukan beberapa pertanyaan dan observasi. Metode kualitatif dipilih karena penelitian ini mengamati fenomena yang tengah terjadi di masyarakat yang tidak dapat diukur dengan angka atau ukuran matematis lainnya.

5.      Area Riset

Lokasi penelitian di komp. PU, Rempoa, Ciputat Timur. Untuk memperoleh data yaitu dengan mewawancarai siswa yang baru lulus SMA.

6.      Pertanyaan Lapangan

a.       Apa yang menjadi pilihan anda antara kuliah atau bekerja?

b.      Apa yang menjadi hambatan anda untuk kuliah?

c.       Apakah sekolah anda memberikan bantuan maupun pengarahan untuk memilih kuliah yang terjangkau dengan anda?

d.      Apa saja usaha yang anda lakukan untuk berkuliah?

e.       Apakah harapan anda kedepannya?

 

7.      Hasil Laporan Penelitian

Kebanyakan dari para responden memilih untuk berkuliah untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi. Tetapi keinginan mereka ini terhambat akan biaya kuliah yang tergolong terlalu mahal buat mereka. Dengan tingkat ekonomi keluarga yang tergolong menengah ke bawah tentunya sulit untuk memenuhi biaya kuliah yang tinggi. Pihak sekolah dinilai kurang memberikan pengarahan maupun bantuan kepada siswa yang miskin tapi memiliki keinginan untuk berkuliah. Karena pengarahan yang kurang dari pihak sekolah maka banyak terjadi kebingungan antara memilih kuliah atau bekerja. Siswa yang telah lulus SMA yang tingkat ekonominya menengah ke bawah bisa tetap berkuliah dengan cara mencari beasiswa. Tetapi tentunya beasiswa tidaklah datang dengan sendirinya. Mereka harus mencarinya dengan berbekal nilai yang bagus, karena dewasa ini pemerintah maupun pihak swasta bnyak membuka beasiswa bagi siswa miskin yang berprestasi dan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

 

Narasumber:

1.      Nama       : Raka Wahyu

Umur       : 18 tahun

Pekerjaan : Pelajar

 

2.      Nama       : Ilham Soleh

Umur       : 18 tahun

Pekerjaan : Pelajar

 

3.      Nama       : Dwiky Rama

Umur       : 18 tahun

Pekerjaan : Pelajar

 

4.      Nama       : Dewa Barata

Umur       : 18 tahun

Pekerjaan : Pelajar

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini