Minggu, 18 Mei 2014

Rachmat Jazuli_Tugas6_TOR dan Penelitian ke 2

Tema : Maraknya Pelecehan Seksual pada Usia Dini
Latar Belakang
Maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi belakangan ini tidak lagi hanya mengancam para remaja yang rentan terhadap informasi yang salah mengenai seks. Eksploitasi seks pada anak dibawah umur nyatanya juga sering terjadi oleh orang-orang terdekat yang bahkan dilakukan oleh keluarga korban sendiri. Meningkatnya kasus kekerasan merupakan bukti nyata kurangnya pengetahuan anak mengenai pendidikan seks yang seharusnya sudah mereka peroleh dari tahun pertama oleh orang tuanya. Tetapi persepsi masyarakat mengenai pendidikan seks yang masih menganggap tabu untuk dibicarakan bersama anak menjadi sebab yang harus dibenahi bersama untuk membekali anak melawan arus globalisasi yang semakin transparan dalam berbagai hal termasuk seksualitas.
Pertanyaan penelitian
Bagaimana dampak pelecehan seksual terhadap anak pada usia dini?
Bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi pelecehan seksual?
Metode penelitian
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif karena penelitian ini dilaksanakan dengan wawancara, mengajukan beberapa pertanyaan dan observasi. Metode kualitatif dipilih karena penelitian ini mengamati fenomena yang tengah terjadi di masyarakat yaitu penyalahgunaan internet pada kalangan remaja di masyarakat yang tidak dapat diukur dengan angka atau uji statistik.
Teori
            Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori fakta sosial (Emile Durkheim), karena subjek yang diteliti ialah Para remaja di masyarakat. Serta metode yang ditinjau ialah observasi dan out put yang dihasilkan adalah narasi atau sebuah penjelasan dari penemuan-penemuan observasi yang telah dilakukan.
Area riset
Penelitian ini dilakukan di area Jakarta Selatan tepatnya di sekitar kawasan kp.pertanian, kec.cilandak. Untuk memperoleh data itu dengan mewawancarai beberapa orang yang ada di sekitar area tersebut.
Hasil penelitian
Pada dewasa ini, masalah tentang pelecehan seksual pada usia dini sudah sangat marak terjadi dikarenakan kurangnya pengawasan orangtua terhadap anak. Selain itu peran guru juga sangat penting dikarenakan guru merupakan orangtua kedua setelah orangtua kandung yang mengawasi anak tersebut di luar lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan anak pun juga merupakan faktor terjadinya pelecehan seksual pada usia dini. Agar tidak terjadi pelecehan seksual terhadap anak di usia dini, ada beberapa hal yang bisa mencegah terjadinya pelecehan seksual tersebut, yaitu :
a.       Peran orangtua sangat penting dalam mengawasi anak di dalam maupun di luar lingkungan keluarga.
b.      Anak harus di didik dan diajarkan dalam pengetahuan tentang agama.
c.       Jangan biarkan terlalu bebas pergaulan anak.
 
 
Narasumber :
Nama : Khoirul Askar
Pekerjaan : Karyawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini