Selasa, 14 Oktober 2014

dwikihandika tugas ke 4 PMI semester5

Nama              Dwiki handika
Nim                 1112054000031
Tugas              4
Pengaruh pertambahan penduduk terhadap kesehatan lingkungan hidup
Latar belakang
Jumlah penduduk selalu bertambah sehingga kepadatan populasi terus meningkat. Hal ini akan berpengaruh pada daya dukung lingkungan. Daya dukung lingkungan yang terbatas menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber daya alam, terjadinya pencemaran, dan timbul persaingan untuk mendapatkan sumber daya alam. Selain itu pertumbuhan penduduk yang tinggi tanpa diikuti pertumbuhan ekonomi yang seimbang sering kali hanya menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas rendah. Masalah kependudukan dan kerusakan lingkungan hidup merupakan dua permasalahan yang kini sedang dihadapi bangsa Indonesia, khususnya maupun negara-negara lainnya di dunia umumnya. Brown (1992:265-280), menyatakan bahwa masalah lingkungan hidup dan kependudukan yaitu masalah pencemaran lingkungan fisik, desertifikasi, deforestasi, overs eksploitasi terhadap sumber-sumber alam, serta berbagai fenomena degradasi ekologis semakin hari semakin menujukkan peningkatan yang signifikan. Keprihatinan ini tidak saja memberikan agenda penanganan masalah lingkungan yang bijak. Namun juga merupakan "warning" bagi kehidupan, bahwa kondisi lingkungan hidup sedang berada pada tahap memprihatinkan. Seandainya tidak dilakukan upaya penanggulangan secara serius, maka dalam jangka waktu tertentu kehidupan ini akan musnah. Hal ini terjadi menurut Soemarwoto (1991:1), karena lingkungan (alam) tidak mampu lagi memberikan apa-apa kepada kita. Padahal seperti kita ketahui bahwa manusia merupakan bagian integral dari lingkungan hidupnya, ia tidak dapat dipisahkan dari padanya.
Padatnya penduduk suatu daerah akan menyebabkan ruang gerak suatu daerah semakin terciut, dan hal ini disebabkan manusia merupakan bagian integral dari ekosistem, dimana manusia hidup dengan mengekploitasi lingkungannya. Pertumbuhan penduduk yang cepat meningkatkan permintaan terhadap sumber daya alam. Pada saat yang sama meningkatnya konsumsi yang disebabkan oleh membengkaknya jumlah penduduk yang pada akhirnya akan berpengaruh pada semakin berkurangnya produktifitas sumber daya alam. Menurut Wijono (1998:5) kondisi sebagaimana digambarkan tersebut dapat diibaratkan seperti lilin, pertumbuhan penduduk yang cepat akan membakar lilin dari kedua ujungnya. Sehingga batang lilin itu akan cepat meleleh dan habis.
 
 
Rumusan masalah
1.      Apa yang dimaksud lingkungan hidup
2.      Penyebab pertumbuhan penduduk
3.      Dampak dari pertumbuhan pendduk
 
Tujuan penulisan
Untuk mengetahui  pengaruh pertambahan penduduk terhadap lingkungan hidup
Landasan teori
Aliran Neo Malthusian, dalam aliran ini dapat dibuktikan bahwa setiap minggunya ada lebih dari satu juta bayi lahir di dunia ini, ini berarti satu juta lagi mulut yang harus diberi makan. Aliran ini lebih radikal dari pada Aliran Malthus. Aliran ini tidak sependapat dengan gagasan Malthus bahwa mengurangi jumlah penduduk cukup dengan moral restraint saja. Akan tetapi mereka menawarkan bahwa untuk mengurangi jumlah penduduk dapat dilakukan dengan cara preventive checks, misalnya dengan penggunaan alat kontrasepsi dan aborsi.
Paul Ehrlich dalam bukunya "The Population Bomb" pada tahun 1971 menggambarkan penduduk dan lingkungan yang ada di dunia dewasa ini sebagai berikut : 1. Dunia ini sudah terlalu banyak manusia. 2. Keadaan bahan makanan sangat terbatas. 3. Karena terlalu banyak manusia didunia ini, lingkungan sudah banyak yang rusak dan tercemar. Jadi dengan berbagai kondisi diatas membuat kerusakan lingkungan pun tak dapat dihindari.
 
Metodelogi
Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni dengan menggunakan observasi langsung ke tempat penelitian, peneliti juga akan melakukan wawancara kepada nara sumber yang bersangkutan serta peneliti juga menggunakan study pustaka untuk melengkapi penelitian yang telah dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini