Selasa, 14 Oktober 2014

Muhammad Firdaos_PMI 5_Tugas 4 proposal Demografi

"Tingginya angka kelahiran yang berdampak pada permasalahan kepadatan penduduk"
Nama                         :  Muhammad Firdaos
Nim                            : 1112054000024
Jurusan                      : PMI 5
Mata kuliah               : Demografi
A.    Latar belakang
Pertumbuhan di dunia sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah penduduk dunia yang berjumlah hampir mencapai 10 milliar jiwa. Adapun pembengkakan jumlah penduduk di dunia ini disebabkan angka kelahiran lebih tinggi daripada angka kematian bayi.
Variabel-variabel dalam problema kependudukan sangatlah kompleks, meliputi penduduk itu sendiri, kemiskinan, kesempatan kerja, permukiman, kesehatan, gizi pendidikan, kejahatan, pencemaran lingkungan, krisis ekonomi, kelaparan, sandang, air bersih, kebodohan, keterbelakangan, fasilitas umum, fasilitas sosial. Nyaris faktor kepadatan penduduk menjadi pangkal segala problematika kehidupan manusia itu sendiri.
Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang besar, yaitu menurut sensus 1991 terdapat hampir 200 juta orang. Jumlah penduduk yang besar itu bertambah pula dengan cepat, walaupun program keluarga berencana (KB) telah dilakukan secara intensif. Dilihat dari tekanan penduduk, bahwa pertumbuhan penduduk memerlukan tambahan lahan untuk produksi pangan dan pemukiman dengan segala aktivitasnya.
 
B.     Rumusan masalah
Tingkat pertumbuhan penduduk merupakan bagian dari kepadatan atau semakin banyaknya jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu. Dan adapun rumusan masalah yang terdapat pada proposal ini adalah :
1.      Apa saja masalah dari kepadatan penduduk?
2.      Apa solusi yang dapat menanggulangi kepadatan penduduk?
 
C.    Tujuan penelitian
dilihat dari rumusan masalah di atas, ada pun tujuan dari penelitian ini sebagai berikut:
1.      Dapat mengetahui apa saja masalah akibat dari kepadatan penduduk.
2.      Dapat memberikan solusi guna mengatasi kepadatan penduduk.
 
D.    Landasan teori
Emile Durkheim adalah seorang ahli sosiologis Perancis yang hidup pada akhir abad ke-19. Apabila Dumont menekankan perhatiannya pada faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, maka Durkheim menekankan perhatiannya pada keadaan akibat dari adanya pertumbuhan penduduk yang tinggi (Weeks, 1992). Ia mengatakan, akibat dari tingginya pertumbuhan penduduk, akan timbul persaingan diantara penduduk untuk dapat mempertahankan hidup. Dalam memenangkan persaingan tiap-tiap tiap-tiap orang berusaha untuk meningkatkan pendidikan dan keterampilan, dan mengambil spesialisasi tertentu, keadaan seperti ini jelas terlihat pada kehidupan masyarakat perkotaan dengan kehidupan yang komplek.
Apabila dibandingkan antara kehidupan masyarakat tradisional dan masyarakat perkotaan, akan terlihat bahwa pada masyarakat tradisional tidak terjadi persaingan dalam memperoleh pekerjaan, tetapi pada masyarakat industri akan terjadi sebaliknya. Hal ini disebabkan ada masyarakat industri tingkat pertumbuhan dan kepadatan penduduknya tinggi.
E.     Metodelogi penelitian
Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni dengan menggunakan observasi langsung ke tempat penelitian, peneliti juga akan melakukan wawancara kepada nara sumber yang bersangkutan serta peneliti juga menggunakan study pustaka untuk melengkapi penelitian yang telah dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini