Selasa, 14 Oktober 2014

tugas 5_UTS_sosiologi perkotaan_kemacetan yang tinggi di ciputat_PMI II

Kemacetan Yang Tinggi Di Ciputat Yang Meruggikan Masyarakat

Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk, misalnya Jakarta.

Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan sehari-hari di Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Makassar, Palembang, Denpasar, Jogjakarta, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Dan penulis membahas kemacetan yang terjadi di daerah Ciputat jalan raya H. juanda dan yang saya alami setiap hari daerah ciputat sampe lebak bulus itu sudah menjadi daerah rawan macet. Dan temuan penulis yaitu berhentinya kedaraan umum yang berhenti sembarangan,tidak adanya penyebrangan jalan untuk pejalan kaki, dan situasi jalan yang terlalu sempit, pedagang kaki lima, dan tidak adanya rambu-rabu lalu lintas, terutama lampu merah. Inilah temuan yang penlis dapatkan di daerah ciputat, yang mengakibatkat kan kemacetan yang sering terjadi.

Dan tentu saja kemacetan itu banyak yang dirugikan terutama dalam hal waktu, ketika orang mau berangkat kerja, kuliah. Dan ketika orang yang terburu ketika kuliah, dan kerja yang mengakibatkan yaitu emosi dan timbul lah kecelakaan yang terjadi ketika di jalan.

Penyebab kemacetan

Kemacetan dapat terjadi karena beberapa alasan:

Data penulis yang saya dapatkan dari seputar ciputat.com. dan ini jumlah kendaraan yang ada di ciputat pada tahun 2014,

 

DATA KENDARAAN DI DAERAH CIPUTAT

NO

DAERAH

JMLAH KENDARAAN

1

CIPUTAT

15411

2

CIPAYUNG

15411

3

CEMPAKA PUTIH

15412

4

PONDOK RANJI

15412

5

REMPOA

15412

6

RENGAS

15412

7

SAWAH BARU

15413

8

SAWAH LAM

15413

9

CIRENDEU

15419

10

PISANGAN

15419

Dengan kedaraan yang sebanyak ini, dan melihat kondisi keadaan jalan yang kurang memadai ya tentu saja macet total setiap hari di daerah ciputat. Apalagi kendaraan yang di kreditkan buat roda dua dan roda tiga sangat murah, inilah yang mengakibatkan orang lebih tertarik membeli kendaraan, di bandingkan berjalan kaki ataupun membeli sepeda. Padaal sudah jelas polusi kendaraan bermotor dan mobil itu sangat merugikan, salah satunya perubahan iklim, dan ozon semakin menipis, dan gangguan pernpasan, pepohonan kurang subur. Inilah yang harus kita pikirkan buat antisipasi kemacetan yang sangat merugikan buat kita semu.

  • Terjadi kecelakaan terjadi gangguan kelancaran karena masyarakat yang menonton kejadian kecelakaan atau karena kendaran yang terlibat kecelakaan belum disingkirkan dari jalur lalu lintas,

Karena padetnya kendaraan situasi daerah ciputat sering terjadi kecelakaan di lalulintas. Pada malam minggu tanggal 11 okotober 2014, jam 22,12  ketika saya baru sampe ciputat terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor dengan angkutan umum. Dan menibulkan korban seorang mahasiswi yang lumayan parah.

 

  • Terjadi banjir sehingga kendaraan memperlambat kendaraa
  • Ada perbaikan jalan,
  • Bagian jalan tertentu yang longsor,
  • Kemacetan lalu lintas yang disebabkan kepanikan seperti kalau terjadi isyarat sirene tsunami.
  • Karena adanya pemakai jalan yang tidak tahu aturan lalu lintas, spt : berjalan lambat di lajur kanan dsb.
  • Adanya parkir liar dari sebuah kegiatan.
  • Pasar tumpah yang secara tidak langsung memakan badan jalan sehingga pada akhirnya membuat sebuah antrian terhadap sejumlah kendaraan yang akan melewati area tersebut.
  • Pengaturan lampu lalu lintas yang bersifat kaku yang tidak mengikuti tinggi rendahnya arus lalu lintas
  • Adanya tawuran antarpelajar yang menyebabkan kurang lancarnya lalu lintas
  • Banyak orang yang menyebrang di jalan tersebut
  • Walaupun di jalan SATU ARAH, masih ada pengendara yang NYELONONG dari arah yang TERLARANG / berlawanan

Solusi Mengurangi Kemacetan

kepada angkutan umum Keberpihakan

Jalur Bus Transjakarta (Busway)

Untuk meningkatkan daya dukung jaringan jalan dengan adalah mengoptimalkan kepada angkutan yang efisien dalam penggunaan ruang jalan antara lain:

  1. Pengembangan jaringan pelayanan angkutan umum
  2. Pengembangan lajur atau jalur khusus bus ataupun jalan khusus bus yang di Jakarta dikenal sebagai Busway,
  3. Pengembangan kereta api kota, yang dikenal sebagai metro di Perancis, Subway di Amerika, MRT di Singapura
  4. Subsidi langsung seperti yang diterapkan pada angkutan kota di Transjakarta, Batam ataupun Jogjakarta maupun tidak langsung melalui keringanan pajak kendaraan bermotor, bea masuk kepada angkutan umum,

Pembatasan kendaraan pribadi

Langkah ini biasanya tidak populer tetapi bila kemacetan semakin parah harus dilakukan manajemen lalu lintas yang lebih ekstrem sebagai berikut:

  1. Pembatasan penggunaan kendaraan pribadi menuju suatu kawasan tertentu seperti yang direncanakan akan diterapkan di Jakarta melalui Electronic Road Pricing (ERP). ERP berhasil dengan sangat sukses di Singapura, London, Stokholm. Bentuk lain dengan penerapan kebijakan parkir yang dapat dilakukan dengan penerapan tarip parkir yang tinggi di kawasan yang akan dibatasi lalu lintasnya, ataupun pembatasan penyediaan ruang parkir dikawasan yang akan dibatasi lalu lintasnya,
  2. Pembatasan pemilikan kendaraan pribadi melalui peningkatan biaya pemilikan kendaraan, pajak bahan bakar, pajak kendaraan bermotor, bea masuk yang tinggi.
  3. Pembatasan lalu lintas tertentu memasuki kawasan atau jalan tertentu, seperti diterapkan di Jakarta yang dikenal sebagai kawasan 3 in 1 atau contoh lain pembatasan sepeda motor masuk jalan tol, pembatasan mobil pribadi masuk jalur busway.

Teori pendekatan emile durkhem

Perhatian Durkheim yang utama adalah bagaimana masyarakat dapat mempertahankan integritas dan koherensinya di masa modern, ketika hal-hal seperti latar belakang keagamaan dan etnik bersama tidak ada lagi. Untuk mempelajari kehidupan sosial di kalangan masyarakat modern, Durkheim berusaha menciptakan salah satu pendekatan ilmiah pertama terhadap fenomena sosial. Bersama Herbert Spencer Durkheim adalah salah satu orang pertama yang menjelaskan keberadaan dan sifat berbagai bagian dari masyarakat dengan mengacu kepada fungsi yang mereka lakukan dalam mempertahankan kesehatan dan keseimbangan masyarakat – suatu posisi yang kelak dikenal sebagai fungsionalisme.

Durkheim juga menekankan bahwa masyarakat lebih daripada sekadar jumlah dari seluruh bagiannya. Jadi berbeda dengan rekan sezamannya, Max Weber, ia memusatkan perhatian bukan kepada apa yang memotivasi tindakan-tindakan dari setiap pribadi (individualisme metodologis), melainkan lebih kepada penelitian terhadap "fakta-fakta sosial", istilah yang diciptakannya untuk menggambarkan fenomena yang ada dengan sendirinya dan yang tidak terikat kepada tindakan individu. Ia berpendapat bahwa fakta sosial mempunyai keberadaan yang independen yang lebih besar dan lebih objektif daripada tindakan-tindakan individu yang membentuk masyarakat dan hanya dapat dijelaskan melalui fakta-fakta sosial lainnya daripada, misalnya, melalui adaptasi masyarakat terhadap iklim atau situasi ekologis tertentu.

Dan penulis analisis permasalahan yang terjadi kemacetan di daerah cicputat khususnya, yaitu menggunankan teori emile durkhem, mengapa demikian, karena teori emile durkhem kelak di kenal sebagai funsionalisme,Dan fakta-fakta sosial.

Semoga dari penulisan ini kita semua bisa menyadari bahwsannya menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat banyak sekali yang di rugikan entah itu makhluk hidup, manusia, hewan, dan tumbuhan.

Dan yang penulis alami slam satu tahu lebih tinggal di daerah ciputat udara yang panas dan kurangnya pepohonan. Ketika mengirup udara itu sudah tidak enak ke pernapasan saya, dan cuaca yang sangat panas ketika musim kemarau.

Apa yang saya utarakan melalui tulisan ini semoga bisa berguna buat pembaca khususnya bagi penulis.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini