Selasa, 22 Maret 2016

Ahmad Budi Setiawan, M. Kasyif Fuad D., Firdha Muftiha, M. Gustaf Maulana_Tugas Metodologi Penelitian Dakwah_Manajemen Dakwah 4


Nama:            Ahmad Budi Setiawan             (1112053000033)

M. Kasyif Fuad D.                  (1112053000033)

Firdha Muftiha                        (1112053000013)

M. Gustaf Maulana                 (1112053000003)

 

Kelas:             Manajemen Dakwah 4

 

 

1.      Pesantren modern daarul uluum lido

2.      KH. Ahmad Dimyati

3.      Jajaran Guru

4.      Santri

5.      Warga Sekitar Ponpes

6.      Wali Santri

           Pesantren modern daarul uluum lido sangat berpengaruh dan dipengaruhi oleh KH. Ahmad Dimyati karena beliau adalah pendiri pondok tersebut. Tanpa adanya semangat juang dari KH. Ahmad Dimyati, pondok ini mungkin hanya sekedar angan. Bisa jadi karena pondok ini berhenti di tengah jalan atau tidak berdiri sama sekali.

 

           Setelah pengaruh dari KH. Ahmad Dimyati, jajaran guru sangatlah berpengaruh, tanpa adanya jajaran guru, pondok ini tidak akan berjalan mulus dalam kegiatan belajar mengajar. Jajarn guru mempengaruhi kualitas pondok untuk menyiapkan santri-santri yang bermoral, berakhlak serta memiliki pengetahuan yang luas.

 

           Santri adalah siswa yang belajar di dalam pesantren. Tanpa adanya santri maka ini bukanlah sebuah pondok pesantren, melainkan hanya sebuah tempat yang didalamnya tidak berpenghuni dan tidak aka nada kegiatan belajar mengajar. Kualitas santri ditentukan oleh pondok pesantren yang dikelola dengan baik oleh para tenaga pengajar.

 

           Pondok pesantren sangat membutuhkan karyawan untuk menunjang kehidupan di pondok. Pesantren modern daarul uluum lido memanfaatkan sumber daya manusia yang bermukim di sekitar pondok untuk bekerja. Tidak hanya bekerja, masyarakat sekitar pondok juga merasa lebih nyaman tinggal di daerah yang dekat dengan pondok.

 

           Wali santri mempengaruhi kemajuan pondok dengan memberikan kepercayaan penuh kepada pondok untuk mengurus serta mendidik anak-anak mereka. Dilema yang saat ini terjadi banyak sekali wali santri yang terlalu menyalahkan pondok ketika anaknya melanggar dan dihukum oleh pondok.

.

 

1.      1. KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)

2.      2. Jama'ah

3.      3. Amil Zakat

4.      4. Muzakki

5.      5. Mustahik

            KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mempunyai pengaruh penting dalam Dakwah, Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf. Aa Gym sangat mempengaruhi jamaah ketika menyampaikan dakwahnya dan beliau juga mempengaruhi kemaslahatan ummat muslim yang menyandang status kurang mampu. Tanpa adanya jamaah, Aa Gym akan sulit berdakwah. Hingga saat ini Aa Gym memiliki lembaga zakat dimana sosoknya sangat berpengaruh dan dipengaruhi oleh lembaga tersebut. Amil zakat pastinya terpengaruh oleh Aa Gym dengan menyalurkan zakatnya ke lembaga yang dimiliki oleh Aa Gym. Amil Zakat sangat mempengaruhi Aa Gym dalam berdakwah dan mengatur segala jenis urusan penghimpunan dan pendayagunaan dana ZISWAF. Dengan begitu kehidupan mustahik dipengaruhi oleh Aa Gym berkat lembaga zakat yang beliau buat. Aa Gym sangat dipengaruhi dan mempengaruhi Jama'ah, Amil Zakat, Muzakki dan Mustahik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini