Selasa, 22 Maret 2016

Alam_Arif_Anggi_Bayhaqy_Ripkih_Pesantren Sukamanah dan Pesantren As-syafi'iyah Pulo Air_Tugas3

NAMA ANGGOTA KELOMPOK :

·         M Alam Agustian                  (11140530000047)

·         M Rifkih                                (11140530000038)

·         M Anggi Syahrullah             (11140530000050)

·         Arif  Budiman                       (11140530000059)

·         Iqbal Bayhaqy                       (11140530000037)

Puji syukur kehadirat Allah SWT., Dzat yang memberikan nikmat, yakni hembusan nafas, pandangan mata, sehingga kami dapat memandang indahnya alam semesta dan nikmat-nikmat lain yang tidak mampu dihitung oleh hamba-Nya. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada sosok Rahmatan Lil al-Alamin, cahaya di atas cahaya, manusia paling sempurna, Nabi Muhammad SAW., Rasul penutup para Nabi, serta do'a untuk keluarga, sahabat, dan para pengikutnya hingga zaman penutup mata.

Alhamdulillah, berkah rahmat dan 'Inayah Allah SWT., kami dapat menyelesaikan tugas penelitian ini yang mana dalam penelitian ini kami mengambil objek penelitian Pondok Pesantren, disini kami mengambil dua Pondok Pesantren yaitu Pondok Pesantren KH Zainal Mustofa Sukamanah atau Ponpes Sukamanah Tasikmalaya dan yang kedua yaitu Pondok Pesantren Assyafi'iah Sukabumi.

Kami mengambil objek penelitian dua pondok pesantren ini dikarnakan:

1.      Pondok Pesantren Sukamanah

Pondok Pesantren ini merupakan salah satu pesantren yang berpengaruh di Jawa Barat khususnya daerah Kabupaten Tasikmalaya, dan juga ponpes ini merupakan pesantren bersejarah karena pendirinya adalah salah satu pahlawan nasional yaitu KH Zainal Mustafa yang berjuang melawan penjajah jepang pada masa penjajahan dan merupakan mantan rois suryah NU cabang Tasikmalaya.

2.      Pondok pesantren Assyafi'iah

Pondok Pesantren ini merupakan salah satu ponpes yang membawa pengaruh positif didalam bidang pendidikan khususnya dibidang agama di daerah Sukalarang Sukabumi yang berbatasan dengan kabupaten Cianjur dikarnakan salah seorang dari kelompok kami merupakan alumni ponpes tersebut.

Itulah alasan kami mengambil kedua objek Pondok Pesantren tersebut

1.      Diagram Venn Pondok Pesantren Sukamanah Tasikmalaya

 

 

 

6    5    4     3     2     1

 

 

 

 

1.   Pondok Pesantren Sukamanah Tasikmalaya

2.   Hj. Juaeriah (pewakaf tanah ponpes)

3.   Al Magfurllah KH. Zainal Mustafa (pendiri ponpes)

4.   KH. Fuad Muhsin (sesepuh/penerus pertama ponpes)

5.   Drs. KH. A. Tahir Fuad (pimpinan ponpes/penerus kedua)

6.   Prof. Dr. KH. Fuad Wahab, MA (pimpinan ponpes sukahideng)

 

 

Pondok Pesantren Perguruan KH. Zainal Musthafa Sukamanah

Pondok Pesantren Sukamanah merupakan salah satu pondok pesantren pahlawan nasional yang terletak di kampung Sukamanah, desa Sukarapih, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Pondok pesantren ini dipengaruhi oleh beberapa nama yang telah tercantum dalam diagram Venn diatas yang merupakan hasil penelitian kelompok kami, diantaranya:

1.      Pondok pesantren ini dipegaruhi oleh Hj juhaeriyah beliau merupakan pewakaf tanah pesantren ini dan juga yang telah membiayai KH. Zainal Musthafa berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji.

2.      KH. Zainal Musthafa adalah pendiri sekaligus pimpinan pertama di pondok pesantren  ini. Beliau sangat berpengaruh sekali terhadap kemajuan Pesantren Sukamanah ini.

3.      Selepas wafatnya KH. Zainal Musthafa pesantren ini di teruskan kepemimpinannya oleh menantu beliau yaitu KH. Fuad Muhsin, keberadaannya berpengaruh terhadap lembaga pendidikan yang ada dilingkungan pesantren diantaranya beliau mendirikan

a)      MI KHZ Musthafa Sukahideng

b)      SMP KHZ Musthafa Sukamanah

c)      SMA KHZ Musthafa Sukamanah

d)     MTsN Sukamanah

e)      MAN Sukamanah

4.      Pada tahun 1995 KH. Fuad Muhsin memberikan kepemimpinannya kepada putra sulungnya yaitu KH. A.Tahir Fuad beliau merupakan penerus dari ayah handanya sekaligus orang yang berpengaruh dalam perkembangan pondok pesantren sukamanah dan juga pimpinan pondok pesantren hingga saat ini.

5.      Orang yang berpengaruh kepada Pesantren ini adalah Prof. Dr. KH. Fuad Wahab, MA. Selain beliau berpengaruh beliau juga dipengaruhi oleh Pesantren ini karena beliau merupakan pimpinan Pondok Pesantren Sukahideng yang bersandar kepada Ponpes Sukamanah. Jadi, Ponpes Sukahideng dipengaruhi oleh Sukamanah.     

 

 

2.      Diagram Venn Pondok Pesantren Assyafi'iyah Pulo Air Sukabumi

 

 

 

6    5    4     3     2     1

 

 

 

 

1.   Pondok Pesantren Assyafi'iyah Pulo Air Sukabumi

2.   KH. Abdullah Syafi'ie (pendiri perguruan Assyafi'iyah)

3.   H. Soekarno (pewakaf tanah pesantren)

4.   KH. Abdul Rasyid A.S (pimpinan pesantren)

5.   Prof. Dr. Tutty Alawiyah (Pembina pesantren)

6.   KH. Zainul Majdi (gubernur NTB)

 

 

 

Pondok Pesantren As-syafi'iyah Pulo Air Sukabumi

Pesantren ini didirikan di atas tanah seluas 27 hektar, yang bertempat dijalan sukabumi – cianjur km.10, Pulo Air Sukalarang Sukabumi Jawa Barat. Pesantren ini dulunya adalah sebuah tempat wisata pemandian Pulo Air. Pesantren ini sudah berdiri kurang lebih sekitar 24 tahun dan juga telah membangun beberapa fasilitas pendidikan modern baik formal maupun informal yang berbasis pesantren.

Pesantren ini dipengaruhi oleh beberapa orang, diantaranya:

1.      KH. Abdullah Syafi'ie

Beliau adalah pendiri dari perguruan islam As-syafi'iyah yang mana perguruan ini telah menaungi pesantren As-Syafi'iyah Pulo Air ini.

2.      H. Soekarno

Beliau adalah pemilik tempat wisata pemandian Pulo Air yang mewakafkan tempat wisata tersebut menjadi pesantren ini.

3.      KH. Abdul Rasyid A.S

KH. Abdul Rasyid adalah pimpinan dan pengelola pesantren dari awal didirikan sampai sekarang, beliau dapat disebut seseorang yang paling berpengaruh terhadap perkembangan pesantren ini.

4.      Prof. Dr. Hj. Tutty Alawiyah A.S, MA

Beliau adalah mantan mentri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak pada masa orde soeharto sampai BJ Habibie dan juga rektor dari Universitas As-syafi'iyah Jatiwaringin, beliau bertindak sebagai pembina pesantren.

5.      KH. Zainul Majdi

Beliau adalah gubernur NTB, pimpinan umum Nahdhatul Wathan (NW), sekaligus menantu dari pimpinan pesantren. Beliau telah banyak menyumbangkan pengetahuan serta hartanya untuk pesantren ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini