Protestan etick and the spirit of capitalism
MAX WEBER
Bukuinimenjalaskantentangbagaimanapengaruh agama dalamduniadanmenjadikansemangatbagimasyarakatprotestandankapitalis. Dijelaskantentangmasalahafliasi agama danstratifikasi social, mengenaiadanyaperbedaanpandangandanprinsipantarapenganutkatolikdanprotestantentangmasalahduniawi yang berakarpadahukumgereja yang penganutkatolikmenganggapbahwamenghukum yang bidahdanmengampuniparapendosadanituberartisesuatu yang bidahadalahpandanganprotestan, merekalebihmengedepankanbisnisdaripada agama, sertamencampurdominasi, duniadenganbisnis. Menurut Weber agama merupakansumberpertentangan, khususnyakatolikdanprotestan.
Dalamhalpendidikankatoliklebihmenyukaipelatihan-pelatihandanbekerjadanbekerjadipemerintahan , danlulusanpendidikankatoliklebihsedikit disbanding protestansehinggaterjadinyastratifikasisocial,sedangkankaumprotestanlebihmenyukaibekerjapadabagian administrative perusahaan, penganutkatolikkalahbersaingdalamduniakerja. Pemudaprotestanmemiliki skill dalamindustri-industri modern.Pendidikan yang dipengaruhilingkungan agama akanmempengaruhidalamhalmemilihpekerjaan, artinyaadapemenuhankebutuhan yang harusdiprioritaskandalampenentuanpilihanataspertimbanganrasio agama. Katolikterkesanasketis, dalammencapaicita-citahidupnyasehinggamembuatpenganutmengabaikankehidupandunia, sedangkankaumprotestanlebihfahammaterialistismengedepankansekularisasidalamcita-citadanpandanganhidupnyaartinyamencampurkepentingan agama dandunia. Sehinggamenyaebabkanprotestanlebihmajudalamtigahal disbanding bangsalainyaitu spiritual, perdagangandankebebasan. Serta adanyakombinasiantarakesucian yang besaryaitu agama denganadanyasuatuperkembanganbisnis yang lebihmaju.Protestaslebihmenyukaimakan yang enakdanmerekaberpandanganutilitarianmismesedangkankatoliklebihmenyukaitidur yang nyamandanmerekaberpandanganpositivistis.Semangatkapitalismeuntukberkerja, semangatsesunguhnyabukanberbicarauntukkesuksesandiduniahalinimerupakanetikajikadipandang max weber darisegietikaprotestandankalvinisme. Dari segikapitalismemerekamenjauhkanhalinidaripandanganeudonistikbahwasemua yang merekalakukandiduniaadalahtujuanakhiryaituuntukmencariharta, sertahedonistiskarenasemuakebahagiaanyabersifatirasional.
Kapitalismemendapatperlawandaritradisionalismekapitalismemencobamerubahpolapikirdenganmenurunkanteoriekonominyadenganmenurunkanupahakandiperolehpekerjaan yang meningkatinimerupakanparadigmakritis. Kapitalistikmerupakanperjuanganuntukmendapatkankeuntungandaribatasan – batasan yang ditentukanolehkebutuhan-kebutuhan.Bagikaumkapitalis agama sebagaialatuntukmenarikmerekadarikerjakehidupanduniadantentuakanmembuatgelisahtentangkehidupanakhirattujuanutamakapitalismeadalahkeuntungan social dan material. KonsepLutermengenaipanggilan, panggilanmerupakankewajibansetiapindividuuntukmelakukantugasataukewajibansesuaidengantingkatkedudukannya, menurutprotestanpanggilanmerupakansesuatu yang harusditerimasebagaisuatuperaturanIlahi, dalamhalinikatolikmemilikisuatumusuh yang nyatayaituprotestan, dalamanggapannyabahwakapitalismekreasidarirevormasi, revormasidisiniadalahperubahanekonomi yang berkembang .
Lutheranististidaklepasdaritradisionalistis yang selaluperpegangpadaketaatanperaturanilahihalinimerupakanprinsipdasarprotestan yang lebihmaterialisdanperpegangpadaduniawi. Calvinismeberpendapatbahwakesuksesan di duniaadalahgambarankehidupanakherat.Sehinggauntukmendariketenanganitudankepastiankehidupanakhiratmerekabekerjadenganrajin,danhalinimerupakangambaraneudonisme. Pietismemenganggapbahwamanusiabekerjauntukkeselamatandankesejahteraankehidupan di dunia, bukanuntukkehidupan di akherat. Metodismemerupakankombinasiantarajeniskeagamaan yang emosionaltetapiasketisdengansifatapatis yang meningkatatausikappenolakanterhadapdasar-dasardogmatisdariaskesekalvinistis, emosionaldisiniberartibahwaparapenganutmetodismeharusmemiliki rasa menyesalterhadapdosa-dosamerekadanberharapuntukmendapatkanpengampunan. Di dalammetodismesendirisamahalnyadenganpietisme yang mengandungpandanganketidakpastiantentangakherat. Sekte-sektebabtis,karakter yang diaanutdaribabtisadalahtenang, moderat, dansangattaatterhadapkeagamaannya. Perkembanganpenganutbabtisakanmengikutialurkalvinisme, prinsipdaripemikiranbabtisadalahmendengarkanadanyasuaratuhan. Apa yang mendasariadanyakonseppanggilanlutheringadalahadanyapahamcalvinisme. Merekajugamenolakadanyamamonismeyaitupaham yang berpandanganbahwausaha-usaha yang dilakukanolehmerekaadalahusahauntukmemperkayadirimerekasebabkekayaanitusesungguhnyaadalahgodaanbagimanusia, banyak orang yang tersesatdalamhalkepemilikankekayaan.Padazamaninietika, moral dankebijaksanaan yang duludalammasacalvinismetidakada yang inginmencobauntuk di tanamkanlagi.
Sumber : EtikaProtestanKarangandanSemangatKapitalisme
Max weber
Disusunoleh : NendenNelawati
Kelas : KPI E
Tidak ada komentar:
Posting Komentar