Senin, 19 November 2012

MUHAMMAD RIDHO ANDRIYANSYAH_TUGAS 9 _KPI1E_NIM_1112051000152

  PERAN MASJID SEBAGAI PUSAT KEGIATAN KEAGAMAAN MASYARAKAT
Nama       : Muhammad Ridho Andriansyah
NIM         : 1112051000152

A.           Latar Belakang
 Masjid At-Taqwa adalah Masjid  yang fungsinya bukan hanya tempat Ibadah tetapi dalam bidang sosial, dakwah dan pendidikan islam yang terbentuk sebagai sarana untuk mengelola dan mengembangkan dakwah dan kajian Islam yang berdasarkan Al Qur'an dan Assunanah.
Adapun misi dakwah Mesjid At-Taqwa ini antara lain :
1.       Agar  kaum muslimin kembali kepada Al Qur'an dan As Sunnah;
2.       Tasfiyah, yaitu memurnikan ajaran islam dari noda Syirik, bid'ah dan khurafat.;
3.       Tarbiyah, yaitu mendidik kaum muslimin berdasarkan ajaran islam yang murni;
4.       Menyiapkan generasi yang Islami dengan manhaj Ahlus Sunnah wlal jama'ah.

Saat ini mesjid At-Taqwa yang di bangun di atas tanah waqaf dari H.ARSYAD BIN FIHI yang berlokasi di Daerah Gondrong Petir Kecamatan cipondoh kota Tangerang yang di amanahkan untuk di bangun sebuah Mesjid yang di harapkan untuk menjadi pusat dakwah dan kajian Islam di wilayah Desa Kertayasa dan sekitarnya. Selain itu untuk jangka panjangnya Mesjid tersebut di harapkan dapat menjadi sarana untuk :
1.       Membina generasi penerus islam agar hidup di bawah bimbingan syari'ah Islam yang berdasarkan Al-Qur'an  dan Al-Hadit's.
2.       Menyelenggarakan kajian-kajian Islam
3.       Menyelenggaakan Program penyelenggaraan dakwah dan kajian ilmiah melalui massa dan media lainnya.
4.       Menunjang dalam kegiatan peringatan hari-hari besar Islam
5.       Membuat model peyelenggaraan ekonomi syariah
6.       Menjalankan fungsi amaliah social.


B.     Pertanyaan pokok

1.      Bagaimana pandangan masyarakat untuk  memberikan kemajuan dalam masjid ini ?
 
2.      Apakah masyarakat aktif pada kegiatan-kegiatan agama yang di adakan pengurus masjid ?

C.    Metode penelitian
   
Metode Penelitian       : kualitatif, metode ini digunakan untuk mengetahui atau menggali tentang           peran masjid dalam kegiatan agama dan sejauh mana sumbangan masyarakat yang diberikan dalam kegiatan yang berada dalam nilai-nilai keislaman.
Waktu                         : 16  November 2012,  jam 13.00-14.00                                        
Tempat                      : Masjid Jami At-Taqwa  Jln. Kh. Ahmad dahlan RT 07/ 010  kecamatan  cipondoh kota tangerang

D.    Sumber penelitian

    Nara sumber dalam penelitian ini adalah Bpk Ahkmad khafi Beliau sekaligus ketua pengurus masjid jami at-taqwa  dan beliau adalah seorang tokoh agama yang dikenal oleh masyarakat setempat dengan nilai nilai keagamaannya.

E.     Analisis
      Masjid jami at-taqwa  didirikan pada tahun 1970 oleh Kh.Abdulah. Kemudian setelah beliau wafat dinisbahkan kepada H.Sabeni yang sekarang menjabat sebagai ketua masjid jami at-taqwa  Dalam kepengurusannya beliau diberikan amanat dari H Sayuti bahwa nilai-nilai islam yang ada sejak dulu jangan sampai ditinggalkan apalagi sampai ditiadakan, mulai itu dari kegiatan agama yang bersifat formal maupun informal.
   Dan apabila ada kegiatan yang bersifat agama seperti Nuzulul Qur'an.Isra Mi'raj,Maulid Nabi Muhammad,1 Muharam dan sebagainya.Masyarakat setempat berpatisipasi menyumbang sebagian uang mereka untuk mrmbantu pelaksanaan  kegiatan  tersebut  .Dan  juga masyarakat setempat selalu bergotong-royong dalam  setiap kegiatan  yang bersifat agama.
   Selain itu juga di Masjid ini adanya kegiatan pengajian untuk  anak-anak,remaja,dan orang tua.Untuk anak-anak dan remaja setiap malam  ada pengajian Al-Qur'an,karena penting untuk anak-anak sekarang belajar  ngaji Al-Qur'an agar  kelak nanti bisa meneruskan para pendahulu untuk mengajarkan Al-Qur'an.
   Sedangkan untuk orang tua di setempat seperti ibu-ibu diadakan pengajian setiap satu bulan sekali.Karena dalam agama Islam muda,tua itu tetap berkewajiban untuk belajar agama.beliau juga berpesan kepada para pemuda jangan pernah berputus asa dalam menuntut ilmu.teruslah belajar sampai nanti datang waktunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini