Senin, 19 November 2012

LAPORAN LAPANGAN KEROHANIAN AGAMA M.HIDAYATUL MUNIR KPI 1E

  AGAMA DALAM PANDANGAN PADA TEMPAT PERIBADATAN UMAT ISLAM( MASJID )
Nama               :M.Hidayatul Munir
NIM                :1112051000131
 
 
1.Latar Belakang
      Agama adalah pedoman  manusia untuk hidup di dunia dan  diakhirat juga untuk mendekatkan diri kepada Tuhan .Karena manusia mempunyai Tuhan sebagai sandaran dalam kehidupannya.Maka dari itu adanya Agama.     
     Agama dalam negara Indonesia itu yang diakui adalah Islam,kristen,budha,hindu,kong ghu cu.Tapi mayoritas di Indonesia mayoritas agama yang dianut oleh warga indonesia adalah Islam.
        Islam adalah agama yang di bawa oleh Nabi Muhammad di negri Arab,namun meski seperti itu Islam bisa tersebar di belahan dunia.Islam juga dari dahulu sudah tersebar di indonesia yang dibawa sembilan wali atau yang sering dikenal walisongo. Dalam Setiap agama memiliki symbol tersendiri dalam mengabdikan hambanya kepada tuhan , pada agama islam sendiri disimboly dengan tempat peribadahannya yaitu masjid.
        Masjid sendiri sebagai tempat ibadah umat Islam umumnya namun juga masjid juga tempat untuk menyiarkan agama Islam  apabila diadakannya pengajian Tausyiah yang dibawai oleh kiai setempat.
       Pada tema ini saya memilih masjid karena salah  satu  tempat kerohanian  Islam dan juga tempat untuk mengingatkan manusia terhadap Tuhan yaitu Allah SWT.
 

 
2.Pertanyaan Pokok
 
1)      Apakah masyarakat memberikan sumbangsih ketika diadakannya kegiatan yang bersifat agama?
2)      Apakah ada kegiatan pengajian buat remaja dan orang-orang tua di masjid ini?
 
 
    3.Metode Penelitian
Metode Penelitian       : kualitatif, metode ini digunakan untuk mengetahui atau menggali     tentang peran masjid dalam kegiatan agama dan sejauh mana sumbangan masyarakat yang diberikan dalam kegiatan yang berada dalam nilai-nilai keislaman.
Waktu                         : 18 November 2012, jam 09.00-09.30
Tempat                        : Masjid Baitul Muchlisin. Jln. Tanah Kusir 3 kebayoran lam       Jakarta selatan
 
4.Gambaran Subyek
Nara sumber dalam penelitian ini adalah Bpk. Satir. Beliau adalah ketua pengurus masjid baitul muchlisin dan beliau adalah seorang tokoh agama yang dikenal oleh masyarakat setempat dengan nilai nilai keagamaannya. Beliau bukan hanya sebagai ketua pengurus masjid, namun beliau juga seorang penceramah yang terkenal didaerah sekitar masjidnya.
 
 
 
5.Analisis
Masjid baitul muchlisin didirikan oleh tiga orang pendiri, yaitu H Fain, H Muhsin, H Hasbie. Kemudian setelah mereka wafat dinisbahkan kepada Bpk Satiri yang sekarang menjabat sebagai ketua masjid baitul muchlisin. Dalam kepengurusannya beliau diberikan amanat dari H Hasbie bahwa nilai-nilai islam yang ada sejak dulu jangan sampai ditinggalkan apalagi sampai ditiadakan, mulai itu dari kegiatan agama yang bersifat formal maupun informal.
Dan apabila ada kegiatan yang bersifat agama seperti Nuzulul Qur'an.Isra Mi'raj,Maulid Nabi Muhammad,1 Muharam dan sebagainya.Masyarakat setempat berpatisipasi menyumbang sebagian uang mereka untuk mrmbantu pelaksanaan  kegiatan  tersebut  lancar.Dan  juga masyarakat setempat selalu bergotong-royong dalam  setiap kegiatan  yang bersifat agama.
Selain itu juga di Masjid ini adanya kegiatan pengajian untuk  anak-anak,remaja,dan orang tua.Untuk anak-anak dan remaja setiap malam  ada pengajian Al-Qur'an,karena penting untuk anak-anak sekarang belajar  ngaji Al-Qur'an agar  kelak nanti bisa meneruskan para pendahulu untuk mengajarkan Al-Qur'an.
Sedangkan untuk orang tua di setempat seperti ibu-ibu diadakan pengajian setiap satu bulan sekali.Karena dalam agama Islam muda,tua itu tetap berkewajiban untuk belajar agama.
Jadi di dalam agama islam yang namanya ibadah itu bener wajib,karena manusia di ciptakan didunia hanya untuk menyembah Allah,Dan  juga dalam islam beribadah dalam masjid seperti shalat berjamaah sangat dianjurkan,karena berjamaah akan mendapat pahala berlipat ganda.
Masjid  juga sangat baik untuk berdiskusi tentang keilmuan seperti hokum-hukum islam,tauhid dan sebagainya.
Masjid  yang dibangun pertama kali oleh Rosulullah itu bertempat di madinah yang disebut dengan masjid Quba
Dan juga tempat beribadah umat islam pusatnya di Makkah Al Mukaromah,disitulah orang-orang yang berhaji lebih dekat untuk beribadah kepada Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini