Senin, 19 November 2012

taufik abdullah KPI 1E (TUGAS 9)

PERAN MASJID DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT      MASJID JAMI AL-BAIDDHO, LUBANG BUAYA, JAKARTA TIMUR
Nama :Taufik Abdullah
Nim    :1112051000163
Kelas  :KPI 1E
Latar belakang.
Kehidupan ini hanya bersifat sementara, yang dimana setiap makhluk hidup itu pasti akan menemui ajal (kematian), yang dimana semua makhluk hidup tidak bisa mengetahui kapan kematian itu datang kepadanya, karena itu semua adalah rahasia Allah SWT. Dan dimana setiap makhluk hidup harus menyiapkan bekal (pahala) yang banyak untuk bekal sesudah kehidupan di dunia ini. Kita sebagai makhluk hidup khususnya manusia yang beragama muslim (islam) harus mematuhi apa yang di perintahkan oleh Allah, dan menjauhi apa yang dilarang oleh Allah SWT. Contohnya kita harus melaksanakan sholat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, membayar zakat, dan menolong sesama makhluk hidup, Dan juga menjauhi larangannya, seperti meninggalkan sholat, mabuk-mabukkan, berjudi, dan larangan yang lainnya.

Dalam agama Islam ada tempat untuk beribadah yaitu Masjid. Masjid juga berfungsi sebagai pusat kegiatan masyarakat khususnya untuk umat muslim seperti melakukan pembayaran dan pembagian zakat, melaksanakan Khitanan masal yang dilakukan pengurus masjid. Selain melaksanakan kegiatan sosial masjid juga berfungsi dalam kegiatan pribadi , contohnya, pernikahan yang diadakan didalam masjid.
Agana islam merupakan agama yang universal yang dapat mencangkup atau dapat menampung inspirasi-inspirasi yang dikeluarkan oleh para tokoh agama yang sangat mengerti dal;am kepribadian islam. Islam dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, yang berpedoman pada Al-Qur'an dan hadist, namn adajuga agama selainn agama islam yaitu Agama Kristen, Budha, Hindu, dan lainnya.
Dasar dalam agama islam adalah sebuah keyakinan yang dinyatakan dalam pengaplikasiaan beribadah. Selain itu keyakinan yang didasari dengan penciptaan yang dijadikan sebagai kenyataan.
Pertanyaan Pokok.
1.      Bagaimana cara pengurus Masjid dalam menghidupkan kegiatan kerohaniaan di Masjid ini?
Kegiatan di Masjid ini yang paling penting adalah kegiatan yang mengenai kegiatan ke Islaman seperti mengadakan pengajian, Maulid nabi, perkumpulan Remaja Karangtaruna, Rapat mengenai masalah yang ada di lingkungan dekat Masjid. Dan bukan hanya kegiatan tersebut, ada juga kegiatan yang lain seperti acara perkawinan dan acara yang lain.
2.      Apabila ada kegiatan di Masjid ini apakah masyarakat disekitar ikut membantu?
Peran masyarakat dalam kegiatan di Masjid ini swangat membantu, seperti ada acara Maulid Nabi, masyarakat juga ikut membantu dalam acara ini, contohnya, seperti membantu menyumbangkan makanan, menyumbang tenaga untuk merapihkan tempat agar masyarakat betah dalam mengikuti acara Maulid. Dan bukan hanya itu masyarakat juga ikut membantu ketika renovasi Masjid, dan juga membantu membersihkan area Masjid jika lingkungan masjid  itu berserakan sampah yang diakibatkan seperti hujan deras yang mengakibatkan banyak sampah yang masuk di lingkungan Masjid. Dan juga acara yang lainnya.
Metode Penelitian
Metode Penelitian    : Kualitatif, metode ini digunakan untuk mengetahui tentang peran masjid    dalam lingkungan di sekitar Masjid, bukan hanya dalam kegiatan agama tetapi juga perannya disekitar lingkungan Masjid.
Waktu                         :Jum'at, 16 November 2012. Pukul 14.00-14.30
Tempat                       : Masjid Jami Al-Baiddho, Jln.Al-Baiddho 1, Lubang Buaya Jakarta Timur.
Sumber Penelitian
Penelitian ini bersumber dari seorang tokoh masyarakat yaitu Ustadz Zaenal Arifin. Ia adalah salah satu seorang Imam di Masjid Jami Al-Baiddho, yang juga aktif dalam kegiatan di Masjid tersebut. Dan ia adalah seorang guru dalam pengajian.
Analisis
            Masjid jami Al-Baiddho berdiri pada tahun 1993 yang melopori berdirinya adalah seorang ulama yang menjadi salah satu tokoh masyarakat dan beliau bernama Alm.K.H. Muhammad Raiis. Beliau wafat pada tahun 2002. Dan sekarang pengurus Masjid ini diketuai oleh H. Ahmad beliau adalah salah satu anak dari K.H. Muhammad Raiis.
            Masjid ini telah mengalami dua kali renovasi yaitu pada tahun 1999 dan 2006 yang lalu, renovasi dilakukan karena adanya kerusakan pada salah satu ruangan di masjid ini. Di Masjid ini juga mempunyai kegiatan seperti pengajian, kegiatan maulid Nabi, buka puasa bersama pada saat bulan Ramadhan, Nuzulul Qur'an, Isra Mi'raj. Dan bukan hanya itu Masjid ini digunakan juga untuk acara pernikahan dan lainnya.
            Peran masyarakat disini sangat membantu jika ada kegiatan di Masjid ini saeperti acara maulid Nabi, masyarakat membantu berupa uang, tenaga, dan keamanan saat acara berlangsung dan masyarakat juga membantu jika ada acara lainnya.
            Peran Masjid untuk masyarakat juga sangat membantu, seperti ketika masyarakat ingin membayar zakat bisa di lakukan di Masjid ini, dan jika ada acara hajatan masyarakat juga bisa memakai area disini, juga jika ada acara akad nikah juga bisa dilakukan disini. Dan masyarakat juga bisa belajar mengaji diMasjid ini seperti membaca Al-Qur'an terutama untuk anak-anak dan remaja khususnya, Agar bisa menjadi anak yang soleh dan solehah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini