Senin, 19 November 2012

Tugas 9 / Pengaruh masjid bagi warga sekitar / Siti Aisyah_KPI 1E


Pengaruh Masjid Bagi Warga Sekitar
Nama  : Siti Aisyah (1112051000144)
I.                   Latar belakang
Penelitian kali ini saya memilih masjid sebagai bahan yang akan diteliti. Karena masjid merupakan tempat yang sangat berpengaruh bagi masyarakat tentunya bagi kaum muslim. Masjid merupakan tempat ibadah yang paling banyak dan tersebar luas di indonesia karena penduduk indonesia mayoritas adalah kaum muslim tetapi tidak hanya di indonesia tentunya juga tersebar di negara-negara lainnya walaupun tidak sebanyak di indonesia, sehingga masjid dapat ditemukan dimanapun dan mudah untuk dicari.

Pada dewasa ini orang-orang banyak yang sekali yang kurang memperhatikan sarana dan prasarana masjid tersebut. Kebanyakan orang hanya berkunjung untuk berteduh ataupun hanya untuk beristirahat saja tanpa mengingat fungsi utama masjid yaitu sebagai tempat ibadah. Saya sengaja memilih tema ini agar dapat termotivasi bahwa sesungguhnya masjid adalah tempat yang sangat mulia bila kita gunakan sebagai tempat ibadah seperti sholat, mengaji dan lain sebagainya yang tetntunya memiliki peranan yang sangat bermanfaat untuk kita kembangkan.
II.                Pertanyaan pokok penelitian
1.      Apa fungsi lain masjid ini selain tempat ibadah sholat dan kegiatan seperti apakah itu ?
III.             Metode penelitian
Metode yang digunakan ini adalah metode kualitatif. Penelitian yang menggunakan pertanyaan pertanyaan kepada orang langsung dengan wawancara. Alasan menggunakan metode ini karna metode kualitatif metode yang mudah sehingga mendapatkan hasil dengan mudah tanpa memakan banyak waktu, dan juga dari narasumber terpercaya. Dan menurut saya metode ini sangat tepat.
Waktu        : 18 November 2012
Tempat       : Masjid Al-falah perm.al-falah 3 pondok benda- pamulang
IV.              Gambaran subyek/obyek
Nara sumber adalah Bapak Yusuf yang merupakan anggota pengurus yang aktif di masjid tersebut. . Objek ini merupakan masjid yang sangat berpengaruh dalam lingkungan sekitar karena memiliki banyak manfaat dan memberikan pengaruh terhadap warga sekitar komplek.
V.                 Analisis
Masjid yang saya teliti ini adalah Masjid al-Falah yang berada di perumahan al-falah 3 nama yang sama seperti nama masjidnya. Masjid disini sangat berperan penting bagi warga sekitar karena merupakan satu-satunya masjid yang berada di komplek perumahan ini.
Masjid merupakan tempat ibadah kaum muslim. Selaian itu masjid juga berfungsi sebagai tempat yang sangat bermanfaat bagi masyarakat disekitarnya yaitu, masjid dapat dijadikan tempat rapat DKM, tempat pengajian serta tempat berteduhnya bagi orang musafir yang selalu berpergian jauh.
Tetapi selain fungsi yang sangat bermanfaat itu kini masjid hanya dijadikan untuk tempat beristirahatnya  orang-orang yang lelah, dan yang lebih menyedihkan lagi orang yang mengunjungi tempat tersebut tidak memelihara serta menjaga kebersihan masjid itu sendiri. Sehingga beberapa masjid terlihat kurang begitu diperhatikan perawatannya.
Dilihat dari sisi manfaat lainnya masjid juga tempat bersilahturahmi antar warga sekitar yang sangat efektif. Karena dimasjidlah mereka lebih sering menggunakan sebagai tempat untuk berdiskusi ataupun rapat. Seperti disaat bulan ramadhan tiba masjid disini akan terisi penuh dan disaat maghribpun masjid disini selalu menyiapkan ta'jil untuk para musafir atau orang-orang yang menjalani perjalanan jauh. Disini terlihat betapa mulianya masjid tersebut.
Setiap harinya masjid ini selalu digunakan. Seperti pada saat hari minggu, para kaum ibu menggunakannya sebagai tempat untuk mengadakan pengajian mingguan yang dilakukan tiap seminggu sekali dan setiap paginya digunakan bagi anak-anak untuk mengaji.
Dan tidak lupapula masjid disini selalau mengadakan santunan bagi anak-anak yatim tiap bulannya.Disini semakin terlihat jelas begitu berpengaruhnya masjid bagi warga sekitar. Jadi janganlah lupa untuk selalu menjaga sarana dan prasarana masjid yang berada di lingkungan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini