Senin, 19 November 2012

TINDAKAN SOSIAL DALAM AJARAN AGAMA NASRANI_Laporan 3. Imas Hayti Nufus


Nama               : Imas Hayati Nufus
Nim                 : 1112051000159
Kelas               : KPI 1E


    TINDAKAN SOSIAL DALAM AJARAN AGAMA NASRANI
  1. Latar Belakang
Indonesia sebagai Negara kesatuan memiliki beberapa ajarana agama, yang mayoritas agama-agama tersebut memliki penganut yang cukup banyak.  Yaitu, agama islam, hindu, budha, katolik dan protestan. Dari masing-masing agama sudah pasti memiliki tempat peribadatan. Salah satunya kelenteng, gereja atau masjid.

 Yang menjadi objek penelitian saya kali ini adalah tempat peribatan agama nasrani, yaitu gereja. Tepatnya gerej jawa NEHEMIA yang terletak di bilangan Lebak Bulus.
  1. Pertanyaan Pokok
1)      Apakah perbedaan antara Kristen protestan dan Kristen katolik?
Pertanyaan ini di ajukan guna mengetahui perbedaan antara Kristen Protestan dan Kristen Katolik yang cukup menarik untuk di ketahui, juga agar dapat menambah wawasan manusia pada umumnya mengenai perbedaan agama di dunia ini.
  1. Metode Penelitian
Objek yang menjadi penelitian kali ini adalah sebuah tempat ibadah penganut agama nasrani (protestan), yaitu Gereja jawa NEHEMIA. Yang bertempat di daerah Lebak Bulus, samping Carrefour. Dan dilaksanakan pada hari senin, 19 november 2012. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana penganut agama ini berinteraksi dengan lingkungan sosial di sekitarnya.
Jenis metodelogi yang digunakan pada penelitian kali ini adalah metodelogi penelitian kualitatif. Metode ini bersifat alamiyah yang tidak sama sekali menggunakan grafik maupun hitungan matematis dengan rumusan statistik. Metode ini juga dapat memberikan data yang lengkap secara deskriptif secara lisan maupun tulisan.
  1. Gambaran Tokoh
Tokoh yang menjadi narasumber penelitian ini, ialah bapak john yang menjadi staf pekerja di gereja NEHEMIA. Pak john sudah terbilang cukup lama berkerja sebagai staf karyawan di gereja ini, sekitar 8 tahun. Pak john bekerja dengan sukarela, karena memang semua staf karyawan yang bekerja di gereja ini dilakukan jua dengan sukarela. Tetapi dilihat dari kebutuhan semua staf yang juga memiliki keluarga, para penganut nasrani (protestan) yang beribadah di gereja ini pun selalu memberikan sumbangsih. Tak hanya itu, pengelola gereja ini pun memberikan tunjangan hidup pada seluruh pekerja gereja ini.
  1. Analisis
Seperti yang kita ketahui bahwa agama di Indonesia ini terdapat lima agama. Pertama Islam, Kristen: katolik dan Protestan, Budha dan Hindu. Masing-masing ajaran tersebut memiliki tempat-tempat peribadahan. Agama-agama tersebut pula terdapat beberapa pembagian panutan di dalamnya. Ajaran Agama Kristen misalnya, ajaran Kristen yang banyak di ketahui manusia pada umumnya hanya terdapat dua ajaran. Yakni, Kristen Protestan dan Kristen Katolik. Namun, sebenarnya ajaran Kristen ini terbagi menjadi beberapa ajaran selain ajaran Protestan dan Katolik.
Tempat ibadah yang digunakan oleh ajaran Kristen ini ialah gereja. Salah satunya gereja yang saya teliti adalah Gereja Kristen Jawa NEHEMIA yang  terletak  di samping Perpustakaan Umum Islam, lebak bulus. Di lihat dari namanya Gereja Kristen Jawa, pada dasarnya orang awam yang melihat ketika melewati gereja ini berpikiran bahwa gereja ini hanya di khususkan untuk penganut agama Kristen yang berasal dari keturunan Jawa. Berangkat dari rasa keingintahuan yang kuat, Gereja Kristen Jawa ini didirikan pada tahun 1986 oleh seorang pendeta sekaligus menteri keuangan Indonesia pada saat itu yaitu bapak Radius Prawiro. NEHEMIA berasal dari bahasa al-kitab yaitu injil yang berarti suatu perkumpulan. Pada dasarnya orang awam yang masih belum paham mengenai ajaran agama Kristen Protestan dan Katolik ini masih banyak yang bertanya-tanya, apa perbedaan protestan dan katolik? Toh, dua-duanya sama-sama Kristen, berangkat dari pertanyaan besar ini, saya mencoba menggali sedikit mengenai ajaran agama Kristen protestan dan katolik. Menurut pak John seorang penganut protestan, Protestan adalah ajaran agama yang di protes kemudian di sederhanakan  untuk mempermudah penganutnya dalam menganut ajarannya. Namun, Katolik itu ajaran agama yang masih menganut ajaran nenek moyang terdahulu mereka, dan mereka masih fanatic terhadap agamanya.
"semua agama pada dasarnya memiliki tujuan yang sama dan memiliki satu Tuhan, namun hanya cara atau jalan untuk menempuh kepada-Nya yang berbeda, sedangkan Tujuannya tetap satu da sama" inilah dasar yang digunakan oleh ajaran kristen protestan. Bhineka Tunggal Ika, tambah salah seorang penganut Kristen Protestan memaparkan. Sebuah motto bangsa Indonesia ia gunakan juga dalam pandangannya tersebut. Banyak pula mitos yang mengatakan bahwa jika pada hari raya umat Protestan tidak di barengi dengan turunnya hujan maka umat mereka tidak di beri keberkahan.  Begitu pula padahari raya agama lain, contohnya imlek. Tetapi ini tidak berlaku pada agama Islam. Namun, pendapat tersebut hanyalah sebuah mitos yang di percaya oleh sebagian masyarakat awam pada umumnya.
Kegiatan ibadah yang dilakukan oleh agama Kristen Protestan yang di sebut dengan pembaktian dilaksanakan pada hari minggu ini memiliki beberapa metode yang berbeda pada anak di bawah umur, anak sekolah dan dewasa. Anak sekolah hanya ikut pembaktian dari jam 8 pagi hingga jam 8, dan orang dewasa melakukan pembaktian di mulai dari jam 8-10, kemudian lanjut pada jam 10-12 dan terakhir di lanjutkan pada jam 5-6 sore.
Pembaptisan yang di lakukan di dalam ajaran agama  Nasrani ini memiliki tata cara pembaptisan yang berbeda-beda pada setiap gereja. Salah satunya pembaptisan menyelam dan pembaptisan memercikan air. Di dalam gereja NEHEMIA ini pembaptisan yang  dilakukan  adalah pembaptisan dengan cara pendeta memercikan air kepada salah satu umatnya yang baru saja akan melakukan pembaptisan atau sumpah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini