Senin, 19 November 2012

laporan 2_manfaat masjid bagi warga sekitar_Thabitha N Dhiraja_kpi 1 E

Manfaat Masjid Bagi Warga Sekitar
Nama  : Thabita N Dhiraja
NIM   : 1112051000141
 I.Latar Belakang        
Penelitian yang saya lakukan ini mengenai penggunaan atau pemakaian masjid komplek bagi warga sekitar. Saya memilih memakai tema masjid karena masjid merupakan sarana atau tempat beribadah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Masjid merupakan tempat ibadah yang paling banyak dan tersebar luas sehingga masjid dapat ditemukan dimanapun dan mudah untuk dicari. Saya memilih tema ini karena sarana tempat ibadah yang dekat dengan rumah saya adalah masjid. Saya memilih tema ini juga karna saya ingin menyadarkan betapa penting dan betapa bermanfaatnya masjid untuk warga sekkitar.
Pada zaman yang serba modern dan canggih banyak dari kita yang menghiraukan adanya masjid, atau bahkan melupakan ibadah shalat dan mengaji, yang sesungguhnya shalat hukumnya wajib dan harus dilaksanakan. Banyak dari sebagian kalangan manusia datang ke masjid hanya  setahun sekali atau lebih tepatnya hanya di bulan Ramadhan. Dengan adanya penelitian ini saya akan memcoba menjelaskan bahwa masjid yang akan saya teliti ini berbeda dengan masjid masjid yang lainnya sehingga dapat dijadikan contoh untuk penanggulangan dan pemakaian bagi masjid masjid lain.
Tema ini juga dapat memotivasi kita untuk membantu dan menggunakan masjid sebaik mungkin dan menyadarkan bahwa masjid memiliki banyak peranan yang bermanfaat untuk kita kembangkan.

II. Pertanyaan Pokok Penelitian
1.      Bagaimana dan apa saja pemanfaatan pemakaian masjid ini?
2.      Apakah banyak yag mengikuti acara atau kegiatan yang dilakukan di masid ini?

III. Metode Penelitian
            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian yang menggunakan pertanyaan pertanyaan kepada orang langsung dengan wawancara. Alasan menggunakan metode ini karna metode kualitatif metode yang mudah sehingga mendapatkan hasil dengan mudah tanpa memakan banyak waktu, dan juga dari narasumber terpercaya. Dan menurut saya metode ini sangat tepat.

Lokasi Penelitian : Masjid Al Amru Bittaqwa, perumahan Mampang Indah 2, Sawangan, Depok
Waktu                     :  Minggu, 17 November 2012

IV. Gambaran Subyek / Objek Penelitian
            Subyek yang di teliti adalah bapak Barry. beliau adalah seorang warga yang aktif mengikuti acara masjid tersebut. Beliau merupakan warga sekitar yang menjabat sebagai ketua RT 002, jadi beliau merupakan narasumber yang bisa dipercaya untuk melakukan penelitian ini.
            Objek penelitiannya adalah Masjid Al-Amru Bittaqwa, masjid yang berada di perumahan Mampang Indah 2 Sawangan Depok. Objek ini merupakan masjid yang sangat berpengaruh dalam lingkungan sekitar karena memiliki banyak manfaat dan memberikan pengaruh terhadap warga sekitar, dan masjid ini juga terkenal karena sering di ada kan dzikir akbar bersama ustd. Arifin ilham

V. Analisis
            Masjid merupakan sarana atau tempat beribadah yang digunakan oleh umat islam, selain untuk tempat sholat masjid juga sering digunakan sebagai tempat pengajian dan juga bisa TPA.
Masjid yang saya teliti ini adalah masjid Al-amru Bittaqwa, masjid yang berada di perumahan Mampang Indah 2 sawangan Depok. Masjid ini bisa dibilang bsangat berperan untuk warga sekitar karena sering mengadakan acara dzikir akbar yang di imami oleh Ustad Arifin Ilham yang beliau adalah tokoh terkemuka. Masjid ini berkerjasama dengan yayasan Azzikra yang pemliknya sendiri adalah Ustad arifin ilham juga sehingga seringkali masjid ini digunakan untuk acaranya. Acara dzikir akbar ini dilakukan setiap sebulan sekali pada hari minggu. Tidak sedikit yang mengikuti acara ini, banyak yang datang hingga dari luar kota untuk mengikuti acara ini sehingga tidak aneh jika jalanan ditutup karena untuk membuat barisan jamaah diluar masjid, itu membuktikan bahwa banyak jamaah yang mengikuti dzikir bersama ini sehingga sudah biasa jalana menjadi padat.
Selain dzikir akbar masjid ini sering mengadakan kegiatan pengajian bersama yang dilaksanakan pada hari selasa malam, walaupun bukan Ustad tersebut yang mengisi acara tersebut melainkan sahabat sahabat terdekatnya. Walaupun acara ini dilaksanakan malam malam tetap saja banyak yang mengikuti pengajian ini, biasanya yang mengikuti pengajian ini bukan hanya warga sekitar saja tetapi juga banyak warga dari luar juga.
Karena masjid ini berkerjasama dengan yayasan Azzikra, masjid ini juga membantu para mualaf yang ingin masuk ke agama islam dan menuntun bagaimana cara belajar islam dan sebagainya. Masjid ini juga sering mengadakan kegiatan lain seperti menjadi tempat mengajar atau belajar mengaji untuk anak anak. Pengeurus pengurus masjid ini juga sangat bertanggung jawab menjaga kebersihan dan keterawatan masjid ini. Sehingga tidak heran banyak yang warga yang senang dengan keadaan masjid dan mengikuti kegitan kegiatan yang dilakukan di masjid ini.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini