Senin, 19 November 2012

TUGAS LAPANGAN KE 3 GEREJA NEHEMIA, Nama : Dewi Utari (112051000134)


Nama : Dewi Utari (1112051000134)
GEREJA NEHEMIA atau GEREJA JAWA
       I.            Latar Belakang
Didalam bangsa Indonesia ini terdapat berbagai macam-macam agama yaitu: Islam, Kristen, Budha, dan Hindu. Setiap individu berkhak untuk memilih dan memeluk agama nya sesuai dengan keinginan mereka sendiri tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak lain. Misalnya seperti  Kristen. Agama ini merupakan salah satu bagian dari aneka ragam agama dibangsa Indonesia ini, hampir sebagian dari warga atau masyarakat bangsa Indonesia ini mempelajari, menganut, memeluk dan meyakini bahwa agama Kristen ini adalah keyakinan atau kepercayaan bagi mereka.

Umat-umat yang mempelajari, menganut, memeluk bahkan menjadikan agama ini sebagai agama atau keyakinan mereka sangat merasa bahagia, bangga, nyaman, dan damai karena mereka beranggapan bahwa agama ini adalah agama yang maha baik, maha bijaksana, maha mengerti setiap keinginan, cita-cita, harapan, dari setiap umatnya. Mereka selalu berfikir dan menganggap bahwa bapak Yesus pasti selalu berada disamping mereka dan tidak akan membuat mereka merasakan kesepian, kesendirian, kesedihan dan tidak akan membuat umat-umatnya menangis, menderita, dan berduka.
Umat-Umat kristiani ini dalam menjalani kehidupan sehari-harinya selalu merasa bahagia, damai, tenang, tentram serta umat ini selalu berusaha untuk hidup rukun , damai, saling mengasihi dan saling berbagi, serta mereka selalu menghindari sikap atau sifat tercela seperti rasa iri hati, dengki, sirik, dan selalu menghindarkan diri dari perselisihan sehingga umat-umat kristiani ini selalu terlihat hidup rukun dan akur-akur saja satu sama lainnya, dn hal inilah yang membuat saya bingung dan bertanya-tanya dalam hati saya kenapa umat-umat kristiani saja mampu dan bisa hidup akur, tenang, tentram, damai sekalipun diantara mereka terkadang timbul rasa iri hati tetapi umat-umat kristiani ini mampu menghilangkan rasa itu dan tidak memperdulikannya sehingga umat-umat kristiani ini tetap bisa hidup damai, tetapi kenapa agama kita sendiri yaitu agama islam tidak mampu melakukannya. dan hal ini yang sangat membuat saya bingung dan menarik untuk diamati, sehingga saya melakukan pengamatan mengenai agama Kristen ini.
    II.            Pertanyaan Pokok
                                 1.         Apa pandangan agama menurut ajaran agama Kristen?
                                 2.         Apa perbedaan agama Kristen katolik dengan Kristen protestan?
 III.            Metode Penelitian
Metode yang saya gunakan kali ini adalah Metode Kuantitatif.
 IV.            Gambaran Tokoh
Nara sumber dalam pengamatan ini adalah Bapak John, beliau adalah seorang karyawan swasta dalam gereja Nehemia tersebut.
    V.            Hasil Pengamatan
Gereja Nehimia atau gereja jawa adalah salah satu gereja yang ada didaerah Jakarta tepatnya terletak di daerah Lebak Bulus, Jakarta. Gereja ini dibangun pada tahun 1886 oleh Bapak Prawiyo, beliau juga merupakan menteri keuangan pada tahun 1886 serta beliau juga menjabat sebagai pendeta pertama digereja Nehimia tersebut. beliau memberi nama gereja nehemia ini diambil dari al-kitab injil yang artinya suatu perkumpulan. alasannya supaya warga Indonesia sama-sama bersatu, berkumpul, bergabung untuk mengetahui dan mempelajari agama Kristen ini dengan mudah dan benar, tanpa harus membeda-bedakan antara suku, ras, budaya, adat dan istiadat serta materi. Beliau sangat ingin dan memiliki cita-cita untuk membuat warga Indonesia mengerti apa itu agama Kristen yang sesungguhnya, yang benar agar umat-umat Kristen ini tidak salah pilih dalam berjalan, seperti dalam mengambil keputusan serta beliau sangat bertekad untuk memajukan ilmu agama warga Indonesia, beliau sangat menginginkan bahwa agama Kristen ini mampu diterima, dan diyakini dengan benar, dengan setulus hati tanpa ada paksaan dan dorongan dan tekanan dari pihak-pihak lain, juga ingin agar agama Kristen ini maju menjadi lebih baik agar setiap orang tidak memandang sebelah mata tentang agama kriten tanpa mereka tahu apa itu arti, dan apa ajaran agama Kristen itu yang sesungguhnya, sehingga beliau sangat berusaha untuk mewujudkan impian, cita-cita dan harapannya itu. Beliau membangun sebuah gereja dan menjadi pendeta seorang diri din rasa capai beliau mengajarkan kepada kaum-kaum umat Kristen tentang ajaran agama Kristen, tentang cara beribadah, dan lain-lainnya. Sehingga dengan kerja keras dan semangatnya itu setiap hari semakin bertambah pengikut atau umat kristiani. dan gereja ini pun menjadi semakin maju, tetapi kini sang pendiri gereja tersebut telah tiada dan gereja ini diurus oleh pendeta-pendeta lainnya.
Didalam gereja ini para pendeta mengajarkan apa itu agama dalam ajaran agama kriten. Agama Kristen adalah suatu kepercayaan yang berdasarkan kepada ajaran, hidup, sengsara, wafat serta kebangkitan Yesus Kristus. Yesus Kristus merupakan Tuhan atau Bapak dalam ajaran Kristen yang dipercayai adalah sebagai juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang mampu membantu manusia terbebas atau terhindar dari dosa. Pandangan agama dalam ajaran agama Kristen ini adalah bebas, maksudnya adalah tidak adanya paksaan atau tekanan dari pihak-pihak lain untuk memeluk dan meyakini suatu kepercayaan, agama Kristen juga sangat menentang, tidak menyukai, menghindari dan membenci rasa iri hati, sombong, pamer, sirik, dengki yang dapat menimbulkan rasa perselisihan antar manusia, dalam ajaran ini sifat-sifat tercela tersebut sangat dibenci oleh tuhan dan api neraka balasan bagi pengikut umat kristiani yang melakukannya, sehingga agama ini sangat mengajarkan hidup damai, tentram, akur, saling menghargai, saling menghormati, saling menyanyangi, serta mempraktekkan dalam kesehariannya.
Mula-mula agama Kristen ini hanya terdiri dari satu agama Kristen saja yaitu, agama Kristen katolik, yaitu ajaran agama Kristen yang sifatnya masih asli, murni dari Tuhan Yesus Kristus tanpa ada campur tangan dari siapa pun. Namun, tidak lama kemudian muncul lah agama Kristen protestan, yaitu ajaran agama yang sudah mulai dirubah-rubah oleh seseorang sehingga nilai dari ajaran agama ini tidak bersifat murni, dan asli dari Tuhan Yesus melainkan sudah dicampur tangankan oleh pendapat seseorang atau beberapa orang, sehingga ajaran agama ini menjadi lebih mudah untuk dimengerti, dipahami.
Pada dasarnya ajaran agama Kristen katolik dengan ajaran agama Kristen protestan ini hampir sama tidak ada bedanya, kitabnya pun juga sama yaitu Al-Kitab Injil, tetapi hanya terdapat perbedaan dalam nyanyian-nyanyian dalam kitab nya sendiri serta cara ajarannya berbeda apabila ajarn Kristen katolik nilai ajarannya sedikit lebih susah dan sulit untuk dimengerti dan diyakini sedangkan ajaran agama kriten protestan lebih mudah, dimengerti karena sudah diringkas menjadi lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini