Senin, 19 November 2012

PERAN MASJID DALAM KEHIDUPAN SOSIA_Ferdy Rizky Saputra, KPI 1E, TUGAS

PERAN MASJID DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT
                      MASJID JAMI AL-FURQON, JATAKE-TANGERANG
Nama   :Ferdy Rizky Saputra
Nim     :1112051000140
Kelas   :KPI 1E

Latar belakang.
Hidup didunia ini hanyalah sementara, dan disetiap yang ada di dunia ini hanyalah kehidupan semata yang tak kekal namun kehidupan yang kekal adalah kehidupan di akhirat nanti, namun makhluk hidup tidak bisa mengetahui kapan kematian itu datang kepadanya. Dimana Allah SWT telah merencanakan semuanya dalam kehidupan kita, akan tetapi kita hanya bisa menyiapkan bekal untuk kehidupan kelak nanti yaitu akhirat, seperti misalnya kita beribadah kepada allah mengikuti perintahnya dan menjauhi larangannya. Sebagai contoh kita sebagai umat (Islam) wajib melaksanakan shalat lima waktu dan yang meninggalkan larangannya seperti tidak melakukan maksiat
Tempat beribadah dalam agama Islam adalah Masjid. Masjid tidak hanya dapat dipergunakan untuk beribadah shalat saja akan tetapi Masjid dapat digunakan sebagai pusat kegiatan umat Muslim untuk melakukan acara-acara yang bernilai positif seperti mengadakan acara maulid Nabi Muhammad SAW atau melakukan pembayaran dan pembagian zakat, melaksanakan Khitanan masal yang dilakukan pengurus masjid. Selain melaksanakan kegiatan sosial masjid juga berfungsi dalam kegiatan pribadi , contohnya, pernikahan yang diadakan didalam masjid.
Agama islam merupakan agama yang universal yang dapat mencangkup atau dapat menampung inspirasi-inspirasi yang dikeluarkan oleh para tokoh agama yang sangat mengerti dal;am kepribadian Islam. Islam dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, yang berpedoman pada Al-Qur'an dan hadist, namn adajuga agama selainn agama islam yaitu Agama Kristen, Budha, Hindu, dan lainnya.
Dasar dalam agama islam adalah sebuah keyakinan yang dinyatakan dalam pengaplikasiaan beribadah. Selain itu keyakinan yang didasari dengan penciptaan yang dijadikan sebagai kenyataan.

Pertanyaan Pokok.
1.      Bagaimana cara pengurus masjid dalam menciptakan cerminan yang baik kepada masyarakat di masjid ini?
Kegiatan yang paling utama dilakukan oleh pengurus masjid adalah mengadakan acara pengajian rutin, seperti pengajian yasinan di malam jum'at dan pengajian mingguan untuk kaum Muslimahnya
2.      Apakah masyarakat sekitar sangat mendukung program pengurus masjid ini?


Metode Penelitian.
Metode Penelitian          : Kualitatif
Waktu                          :Sabtu, 17 November 2012
Tempat                          : Masjid Jami AL-FURQAN, Jl. Cikoneng Ilir Jatake-Tangerang

Sumber Penelitian.
Penelitian ini bersumber dari seorang tokoh masyarakat yaitu Ustadz Dodi Feliyana. Ia adalah salah satu seorang guru TPA Al-Furqan , yang juga aktif dalam kegiatan di Masjid tersebut.

Analisis.
Salah satu contohnya dengan mengadakan kegiatan seperti kegiatan pengajian rutin di setiap minggunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini