Senin, 19 November 2012

Masjid dan Perannya dalam Masyarakat, Ahmad Hilman Zulfahmi, KPI 1/E, Tugas 9


MASJID DAN PERANNYA DALAM MASYARAKAT
MASJID AL-ANWAR
Nama   :           Ahmad Hilman Zulfahmi
NIM    :           1112051000153
Kelas   :           KPI 1/E

Latar Belakang
Masjid adalah sebagai pusat kegiatan masyarakat dari zaman Rasulullah SAW sampai sekarang. Bahkan Rasul sendiri mengatur urusan negara di dalam masjid. Saya mengambil tema ini karena melihat keadaan masyarakat sekitar masjid yang dinamis. Maka saya ingin mengulas tentang bagaimana peran masjid dalam memakmurkan masyarakat sekitarnya.
Saya meneliti sebuah masjid yang bernama Masjid Jami Al-Anwar. Masjid Al-Anwar adalah sebuah masjid yang terletak di wilayah Kebon Jeruk Jakarta Barat, tepatnya di Jl. Masjid Al-Anwar, Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Kotamadya Jakarta Barat. Masjid yang mulai dibangun pada tahun 1918 menjadi masjid tertua di kawasan Sukabumi Utara. Masjid ini mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 1965.

Pertanyaan Pokok
1.      Apa fungsi Masjid Al-Anwar selain sebagai tempat ibadah?
Sejak dibangun pertama kali pada tahun 1918, masjid AlAnwar hanya memiliki fungsi sebagai tempat ibadah (sholat) dan pengajian. Baru pada tahun 1976 semenjak berdirinya ikatan remaja masjid diadakan kegiatan-kegiatan ekstra, seperti, kursus untuk masyarakat sekitar masjid, pembahasan kitab (ta'lim), santunan yatim, perayaan hari besar Islam, dan lain-lain.
2.      Apa saja kontribusi masjid dalam masyarakat?
Kontribusi masjid kepada masyarakat bisa dibilang penting. Contohnya pembahasan kitab (ta'lim) yang diadakan mingguan di masjid. Masjid berkontribusi dalam memberikan pelajaran kepada masyarakat tentang ibadah yang baik dan benar melalui kegiatan ta'lim. Seperti pembahasan kitab fiqih, tafsir, hadits, dan lain-lain.
Metode Penelitian
Metode penelitiaan          : kualitatif, metode ini digunakan guna menggali lebih dalam tak hanya dalam menelisik pandangan agama tapi juga menelisik peran sebuah tempat ibadah dalam menjalankan misi agamanya.
waktu                                      : 18 November 2012
tempat                              : Masjid Jami Al-anwar, Kebon Jeruk, Jakata Barat
Gambaran Tokoh
Narasumber yang saya wawancarai adalah seorang penasihat Masjid Al-Anwar, bernama H. Huzail bin H. Zayadi lelaki yang berusia 50 tahun ini sudah menjabat sebagai penasihat masjid selama kurang lebih 6 tahun. Beliau lulusan D3 IAIN Jakarta Fakultas Syariah.
Analisis
Agama dalam kehidupan masyarakat adalah segala-galanya sejak zaman Nabi Muhammad. Peran agama tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan bernegara. Nabi sendiri mengatur segala urusan kenegaraan itu di masjid, untuk mengetahui orang-orang miskin, anak-anak yatim, dan lain-lain. Organisasi-organisasi didalam masjid juga berperan penting bagi masyarakat. Di Masjid Al-Anwar ada dua organisasi yaitu Ikatan Remaja Majid Al-Anwar dan Tim Peduli Yatim. Dua organisasi tersebut mempunyai peran penting dalam masyarakat dan sangat membantu dalam memakmurkan masyarakat. Respon masyarakat sangat positif dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan.
Masjid berkontribusi dalam memberikan pelajaran kepada masyarakat tentang ibadah yang baik dan benar melalui kegiatan ta'lim yang diadakan. Seperti pembahasan kitab fiqih, tafsir, hadits, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini