Senin, 19 November 2012

Lap3_Pengaruh Kegiatan Masjid Dalam Kehidupan Bermasyarakat_Giovanni (KPI 1/E)

Pengaruh Kegiatan Masjid Dalam Kehidupan Bermasyarakat
Masjid Al-Amanah
Nama         : Giovanni
NIM  : 111205100142

1.     Latar Belakang
Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas memeluk agama Islam. Inilah yang menyebabkan banyaknya masjid yang berdiri di sekitar lingkungan kita. Setiap pembangunannya mebutuhkan dana yang cukup besar. Dana ini biasa di dapatkan dari para jemaah atau masyarakat di sekitar masjid.
Masyarakat yang terdapat di sekitar masjid haruslah terlibat dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh para pengurus masjid. Karena mereka memiliki kewajiban untuk meramaikan masjid yang telah mereka dirikan. Hubungan inilah yang terdapat antara masjid dan masyarakat di sekitarnya.

Masjid Al-Amanah Pamulang, dikenal dengan masjid yang memiliki kegiatan yang padat. Masyarakat disekitar masjid pun sering ikut serta meramaikan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan masjid. Mulai dari anak-anak hingga dewasa tanpa pandang bulu. Mereka saling berperan dalam meramaikan kegiatan-kegiatan di masjid.
Melalui kegiatannya masjid ini juga berperan dalam memakmurkan jamaah di sekitarnya. Masjid ini sering mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk mempersatukan dan menyejahterakan umat.
Dalam penelitian kali ini masjid Al-Amanah pamulang akan menjadi objek penelitian. Di harapkan akan terjadi keselarasan antara tujuan penelitian ini dengan objek yang penulis pilih.
2.     Pertanyaan Pokok
A.    Apa saja kegiatan yang biasa dilakukan masjid untuk mempererat tali silahturahmi antar umat?
Pertanyaan ini diberikan untuk mengetahui program apa saja yang ada di masjid yang bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi antar umat.
B.     Bagaimana antusiasme masyarakat terhadap kegiatan yang dilaksanakan?
Pertanyaan ini di berikan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara masjid dan jemaahnya.
3.     Metode Penelitian
A.    Metode Penelitian            : Metode Kualitatif
B.     Hari/tanggal                     : Senin, 19 November 2012
C.    Narasumber                     : Sdr. Fahrul Firdaus
4.     Gambaran Tokoh
Fahrul Firdaus merupakan salah seorang pengurus masjid. Saat ini ia menjabat sebagai sekretaris masjid Al-Amanah. Ia juga pernah menjabat sebagai ketua forum remaja masjid Al-Amanah. Ia turut berperan aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh masjid.
5.     Analisis
Masjid merupakan sebuah sarana yang didirikan sebagai tempat beribadah. Selain menjadi tempat beribadah masjid juga berfungsi untuk mempererat tali silahturahmi antar umat di sekitarnya.
Masjid Al-Amanah Pamulang memiliki berbagai macam kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi antar umat. Berikut merupakan beberapa contoh kegiatan yang biasa dilaksanakan oleh para pengurus masjid Al-Amanah:
A.    Pengajian mingguan yang biasa di isi oleh ustad tamu.
B.     Di dirikannya TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) yang dimana para tenaga pengajarnya di ambil dari para pengurus masjid.  
C.     Di bentuknya FORMA (Forum Remaja Masjid) yang bertujuan untuk menarik minat dari kalangan muda agar bisa kembali meramaikan masjid.
D.    Kajian bahasa Arab yang biasa dilakukan tiap minggunya.
Forum remaja masjid Al-Amanah dikenal sangat aktif dan sering mengadakan kegiatan-kegiatan perayaan hari besar islam. Pengurus masjid Al-Amanah juga menyediakan tempat untuk forum remaja masjid mengadakan diskusi. Sehingga terlihat sikap saling menghargai antara yang tua dan yang muda. Sifat saling menghargai ini sangatlah penting untuk di lahirkan, agar semua kegiatan masjid dapat berjalan dengan lancar.
Masyarakat di sekitar masjid Al-Amanah memiliki antusias yang amat besar tehadap berbagai kegiatan yang diadakan oleh masjid. Hal ini dapat dilihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para pengurus masjid yang selalu mendapat perhatian besar dari masyarakat sekitar masjid. Tidak hanya orang tua, anak-anak dan para remaja juga memiliki antusias yang besar.
Di samping itu, masyarakat disekitar masjid Al-Amanah juga sering melaksanakan solat berjamaah di masjid. Pada waktu-waktu subuh, maghrib dan isya masjid terlihat hampir penuh. Sedangkan pada waktu-waktu zuhur dan ashar masjid dapat terisi 3 sampai 4 saf setelah imam. Hal ini di karenakan banyaknya warga yang melaksanakan aktivitas di luar rumah pada waktu-waktu tersebut.
Peran penting yang diberikan warga kepada masjid Al-Amanah juga dapat dilihat dari bantuan dana yang diberikan warga untuk pembangunan masjid. Saat ini masjid Al-Amanah sedang melakukan program perluasan masjid.  Di karenakan masalah waqaf tanah masjid telah selesai, maka warga di sekitar masjid memberikan bantuannya berupa dana maupun tenaga untuk pembangunannya.
Yang terakhir pengurus menekankan bahwa masjid Al-Amanah berkomitmen untuk memberikan kenyamanan kepada umat dalam beribadah dan bermusyawarah. Selain itu pengurus juga berkomitmen untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar jemaah masjid Al-Amanah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini