Kamis, 13 Desember 2012

fathimah azzahra_kpi 1d_penelitian 4

Judul Penelitian : gerakan sosial melalui bisnis baju

Peneliti : Fathimah Azzahra (1112051000125), KPI 1D

 

I. Latar Belakang

 

Suatu pembisnis tentu pasti nya ingin meraih keuntungan dari suatu penjualan yang mereka lakukan, akan tetapi bagaimana jika suatu usaha tersebut tidak mendasari profitability, tetapi untuk suatu perubahan pada masyarakat sekitar. Dan biasa nya dalam perusahaan bisa disebut dengan  CSR (Corporate Social Responsibility) yaitu suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.

 

II. Pertanyaan Pokok Penelitian

 

Tindakan apa yang dilakukan pembisnis dalam gerakan sosial usaha nya?

 

III. Metode Penelitian

 

Dalam penelitian studi kasus ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif karena metode ini dirasa sangat efektif dalam mendapatkan informasi mengenai apa yang ingin diamati dan diobservasi.

 

Lokasi penelitian         : Kediaman Ibu H. Lilis Kusumawati dan beberapa karyawan di pabrik baju Ibu H. Lilis

Hari/Tanggal               : Rabu, 11 Desember 2012.

Pukul                           : 08.00-09.30 WIB

 

IV. Gambaran Subyek/Obyek Penelitian

 

Tokoh yang menjadi narasumber pada penelitian kali ini adalah Ibu Lilis kusumawati. beliau adalah pemimpin dari usaha bisnis baju pada perusahaan baju muslim 'Nilz'. sebagai seorang bisnis, beliau juga seorang ibu rumah tangga dan jamaah pengajian di daerah rumahnya.

 

V. Analisis

 

Dalam mendirikan bisnis baju ini Ibu Lilis kusumawati ini sangat menerapkan sistem SCR dalam perusahaannya. salah satu gerakan sosial yang dilakukan beliau adalah dengan membuat sebuah lapangan pekerjaan dan menjadikan mereka yang menganggur untuk bekerja dan belajar dalam membuat sebuah baju. Tidak seperti perusahaan lainnya ibu lilis ini merekrut karyawan nya dari masyarakat sekitar yang tidak memiliki pekerja dan membutuhkan walaupun pendidikan karyawan tersebut hanya sebatas tamat SD. Dan usaha lain dalam pengubahan nya adalah gerakan penghijau disekitar lingkungan pabrik maupun wilayah lainnya. menurut beberapa karyawan beliau, ibu lilis ini adalah sosok yang dermawan dan ramah dan ia juga sosok ibu yang baik

 

DAFTAR PUSTAKA

Narasumber : Ibu Lilis kusumawati, karyawan dina, karyawan nina dan karyawan anton

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini