Kamis, 13 Desember 2012

sosok pengubah sosial_Indah Noviyanti_KPI 1D

Ketua RW 011 "H.KUNTORO TAHURI" SANG PELOPOR PERUBAHAN

 
Peneliti
Indah Noviyanti KPI 1D
1112051000115

I. Latar Belakang

Gerakan sosial (social movement) adalah aktivitas sosial berupa gerakan sejenis tindakan sekelompok yang merupakan kelompok informal yang berbentuk organisasi, berjumlah besar atau individu yang secara spesifik berfokus pada suatu isu-isu sosial atau politik dengan melaksanakan, menolak, atau mengkampanyekan sebuah perubahan sosial.
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian, di dalam masyarakat itu dibuatlah sebuah aturan yang mana dipilih seorang Ketua RT beserta jajarannya yang membantu atau mengatur rukun tetangga, dan untuk ruang lingkup lebih luas lagi dibentuklah RW (Rukun warga) yang mengatur warga-warga
Ketua RW adalah salah satu tokoh yang penting dalam andil bermasyarakat, dipilih langsung oleh masyarakat dan cakupan kerjanya lebih luas dibandingkan dengan RT(rukun tetangga). Apa yang dilakukan oleh ketua RW menjadi perintah bagi anggotanya, masyarakat juga menggantungkan keinginannya kepada Ketua RW.

II. Pertanyaan Pokok Penelitian

·         Perubahan apa saja yang telah dilakukan bapak semenjak menjadi ketua RW?
Pertama perubahan yang saya lakukan adalah masalah keamanan, yaitu dengan melakukan portalisasi di jalan/ gang" dan juga membuat pos RW siaga yang tugasnya melaksanakan siskamling, mengantar orang-orang sakit, orang yang mau melahirkan, yang mana pengajanya itu masyarakat yang ditentukan bergiliran.
Kedua, PASOMAT ( Paguyuban Sosial dan Kematian) yang digunakan untuk menyantuni meringankan orang sakit, atau orang yang terlanda bencana seperti kematian dan yang baru ini dilakukan adalah kegiatan menyantuni anak yatim, dana pasomat berasal dari iuran masing" warga secara sukarela yang setiap minggu dikumpulkan.
Ketiga, Penghijauan yaitu dengan cara potrisasi yaitu menanam pohon melalui media pot, karena lahan yang terbatas, dan juga ajakan warga untuk menghemat energi dengan media poster atau spanduk.
Keempat, PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk) yang dilakukan setiap hari Jum'at memeriksa setiap rumah warga untuk memeriksa apakah di kolam air ada jentik nyamuk atau tidak, kegiatan ini dilakukan untuk mencegah penyakit yang datang dari nyamuk, seperti DBD.
·         Bagaimana Cara Bapak berinteraksi dengan warga?
Cara saya berinteraksi dengan warga adalah dengan cara selalu keliling kampung setiap hari, dan pertemuan formal setiap 1 minggu sekali denga warga masyarakat, dan juga setiap hari minggu dalam acara senam serta hari Jum'at dalam kegiatan PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan cara Door To Door ke rumah warga

III. Metode Penelitian

            Metode penelitian yang saya gunakan Adalah Kualitatif, yaitu dengan cara wawancara langsung (face to face) dengan Narasumber. Karena dengan cara metode seperti ini saya dapat memperoleh informasi lebih dalam dan akurat.
Lokasi Penelitian: Kediaman Ketua Rw 011 jalan Adam Rt.006/011 No.73
Waktu Penelitian : Kamis, 13 Desember 2012 jam 08.00 WIB

IV. Gambaran Subyek

            Narasumber saya kali ini adalah ketua RW 011 yaitu Pak Kuntoro Tahuri, Lahir di Jakarta 22 februari 1959. Latar belakang Pendidikan beliau adalah SLTA sebelumnya beliau kuliah untuk S1 tetapi sayang itu tidak tuntas, beliau hanya sampai pada semester 5.
            Sejak muda memang beliau sangat gemar berorganisasi. Kegiatan beliau sebelum menjadi ketua Rw yaitu berwirausaha, dan kegiatan organisasi beliau saat ini adalah menjadi Ketua RW 011, bendara Masjid As-Syukur, Bulutangkis, Tennis Meja, Senam Pagi.

V. Analisis

            Pak Kuntoro Tahuri memulai karirnya menjadi ketua Rw 011 sejak tahun 2005, dia sudah menjabat 3 Periode yaitu tahun 2005- 2008, 2008-2011, 2011- 2014.
Latar belakang Beliau ingin menjadi Ketua RW adalah untuk membangun kewilayahan khususnya warga 011, dan Motto Beliau adalah "Ba'datun toyyibatun warobun gofur"
Alasan mengapa beliau bisa menjabat sampai 3 periode adalah karena semenjak beliau menjadi Ketua RW warga merasa banyak sekali berubahan yang dilakukan olehnya,
Contoh perubahan yang telah dilakukan oleh Pak Kuntoro adalah masalah keamanan (poltalrisasi di jalan/gang"), PASOMAT( paguyuban sosial dan kematian), PENGHIJAUAN yaitu dengan cara potrisasi, PSN (pemberantasan sarang nyamuk), Senam Pagi dll.
Pandangan keluarga mengenai pak Kuntoro adalah beliau seseorang yang bijaksana, dan keluarga pun sangat mendukung kariri pak Kuntoro , beliau selalu menyempatkan sebulan sekali selalu berkumpul dengan keluarganya,  beliau selalu menasihatkan anaknya dengan      yang artinya sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia itu sendiri.
Sesama ketua Rw memiliki komunitas yang dinamakan "Forum Komunikasi Rukun RW"   yang dihadiri oleh ketua ketua RW Pengurus, dan Juga  pak Lurah.  Yang diadakan  setiap satu bulan sekali di minggu ketiga malam sabtu di rumah masing masing ketua RW secara bergiliran .Cara pak konturo berinteraksi dengan Komunitasnya adalah dengan cara berdiskusi.
Menurut masyarakat sekitar pun dengan adanya pak Kuntoro sebagai ketua RW banyak terjadi perubahan/ pembaharuan yang positif. Maka dari itu warga sekitar tidak menganti ketua Rw .

Daftar Pustaka

Ketua RW bapak H. Kuntoro Tahuri
Ketua RT. Bapak M.Sholeh
Bapak Zaelani
Ibu Sri
Ibu Yanti Haryati
http://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_sosial
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini