Kamis, 13 Desember 2012

PENELITIAN 3_AGUN AKBAR TABRANI_KPI 1D

Perubahan remaja melalui  tokoh agama
NAMA                  : AGUN AKBAR TABRANI
NIM                      : 1112051000117
1.       Latar belakang 
Tokoh agama adalah tokoh yang bisa mewujudkan perubahan yang lebih baik atau positif. Tokoh agamapun mempunyai peran penting didalam kehidupan. Dan tokoh agama sekarang itu sangatlah banyak dilingkungan masyarakat.
                Remaja sekarang mempunyai pergaulan yang sangatlah jauh berubah dibanding masa-masa lalu. Pergaulan remaja sekarang sangat memprihatinkan karena banyaknya pergaulan bebas (sex bebas), menggunakan obat-obatan terlarang, tawuran, dan sebagainya. Tokoh agama islam biasa disebut "Ustad". Di lebak bulus jakarta selatan ada seorang Ustad bernama, Ust. H. Hamdani arsyad yang merubah pola fikir remaja sekarang.
2.       Pertanyaan pokok
·         Hal apa yang Ust. H. Hamdani arsyad lakukan untuk merubah pola fikir remaja sekarang?
Hal yang saya lakukan untuk merubah pola fikir remaja sekarang adalah selalu memberi nasihat-nasihat serta mengingatkan kepada mereka tentang bahayanya pergaulan remaja sekarang.  Dan saya juga mengajak beberapa remaja untuk mengikuti majelis taklim yang saya dirikan dirumah saya sendiri untuk mengikuti pengajian asmaul husna dan mengajarkan seni musik islam seperti marawis dan hadroh.
 
3.       Metode penelitian
Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini dinilai sangat efektif mengingat peneliti dapat lebih leluasa dalam menanyakan pertanyaan.
        Lokasi    : Jalan lebak bulus raya 01 No.37 Rt.01/02 Jakarta selatan
        Waktu   : Rabu, 12 Desember 2012 Pukul 11.00 WIB
4.       Gambaran subyek
Ust. H. Hamdani arsyad adalah Ustad yang mempunyai majelis taklim di Lebak bulus jakarta selatan. Beliau mempunyai istri bernama Hj. Sahwanah dan mempunyai 2 anak laki-laki dan 1 anak perempuan yang bernama Lukman nul halim, Ahmad muhajir dan fatimah zahra.
5.       Analisis
Dahulu Ust. H. Hamdani arsyad sering mengikuti majelis taklim di daerah Benhil. Sekarang beliau mempunyai majelis taklim di rumahnya di daerah Lebak bulus jakarta selatan. Ust. H. Hamdani sering menjadi penceramah ataupun mengajar di pengajian di daerah-daerah maupun di negeri sebrang malaysia dan singapore. Beliau mempunyai jamaah sangat banyak yang mengikuti majelis taklimnya dan turut hadir dalam acara Maulid Nabi dan sebagainya.
Ust. H. Hamdani arsyad memberikan perubahan pada remaja ataupun dilingkungan masyarakat. Beliau serta keluarganya menjadi panutan masyarakat karena beliau selalu mengadakan pengajian dalam kegiatan majelis taklimnya.
 
Daftar pustaka
·         Ust. H. Hamdani Arsyad
·         Hj. Sahwanah
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini