Kamis, 13 Desember 2012

Penelitian Ke 3_SeptianWS_KPI 1D

TOKOH SOSIO

Nama              : Septian W Saputra

NIM                : 1112051000097

Kelas               : KPI 1D

PERAN DAN PENGARUH KETUA RT DALAM LINGKUNGANNYA

 

I.                   Latar Belakang

Adanya tokoh masyarakat dalam sebuah lingkungan tentulah sangat penting karena seorang tokoh masyarakat tentulah akan menciptakan sebuah perubahan pada lingkungan masyarakat tersebut, seperti seorang ketua RT tentulah ia harus mempunyai visi dan misi dalam menjalankan programnnya untuk memajukan suatu lingkungan tersebut menjadi apa yang telah ditujukan dan diharapkan oleh warganya.

Dalam penelitian ini alasan penulis memilih seorang Ketua Rukun Tetangga, karena dari sebuah sistem lingkungan terkecilpun seorang tokoh masyarakat akan membawa suatu perubahan dan pengaruh terhadap lingkungannya, dan ia pun akhirnya banyak dikenal lingkungan masyarakat sebagai seorang tokoh masyarakat.

 

II.                Pertanyaan Pokok

Bagaimana peran Ketua RT dalam sosialisasi terhadap keluarga, komunitas dan masyarakat setempat?

 

III.             Metodelogi Penelitian

 a.    Waktu dan tempat penelitian

Penelitian ini di lakukan di rumah ketua RT yang bertempat di jalan Semanggi III no.14, Ciputat. Dan waktu pelaksanaan penelitian ini ialah pada hari Selasa, 11 Desember  2012.

b.    Jenis  metodelogi penelitian

Metode penelitian yang dipilih pada penelitian ini ialah metode kualitatif. Penelitian kualitatif mungkin sangat sesuai pada penelitian kali ini, metode ini dinilai sangat efektif mengingat peneliti dapat lebih leluasa dalam menanyakan pertanyaan.

IV.             Gambaran Tokoh

Tokoh yang menjadi Narasumber kali ini ialah bapak Rizal, yang merupakan ketua RT semanggi III pada tahun 2012. Sosoknya selalu di segani, dan juga menjadi inspirasi bagi lingkungannya.

V.                Analisis

        Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan obyek bapak Rizal. Memberikan komentarnya tentang pentingnya tokoh dalam perubahan di masyarakat. Hasil kesimpulan dari penelitian kali ini adalah bahwa seorang ketua RT sangat mempunyai andil dalam perubahan di suatu lingkungan masyarakat terutama dalam peranan keluarga,komunitas dan masyarakat setempat. Peran dan pengaruh ketua RT terhadap keluarga yaitu pentingnya pihak keluarga menjaga nama baik keluarga tersebut karena ketua RT adalah seseorang yang menjadi sorotan dan panutan terhadap masyarakat dan lingkungannya.

            Di dalam keluarganya beliau adalah seorang ayah yang disiplin dan bijaksana terhadap anak-anaknya. Anak-anaknya adalah anak-anak yang baik dan sopan santun. Beliau selalu mengajarkan anak-anaknya hal-hal yang baik. Beliau juga sangat disegani oleh saudara-saudaranya karena kebijaksanaanya dalam memimpin beliau sangat adil dan bijaksana.

 

Daftar Pustaka:

Bapak  Rizal, Ketua RT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini