Kamis, 13 Desember 2012

Nina Nurlina_KPI 1 D_Laporan 3_Tokoh Masyarakat

Judul Penelitian
Peran Ustad Zaenal  dalam menerapkan ilmu agama pada anak muda masa kini yang berada dilingkungan pesantren
Peneliti
Nina Nurlina
(1112051000121)
A.      Latar Belakang
Peranan dan fungsi Tokoh Masyarakat  yang meliputi pemeliharaan kedamaian, rukun dalam masyarakat, taat hukum dan perundang-undangan, serta pelayanan kepada umat dilakukan oleh Lembaga keumatan selaku partner negara bersama seluruh masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia. Kedamaian, Keharmonisan, Kenyamanan hidup merupakan prasyarat umum karena dibutuhkan oleh masyarakat, bangsa dan negara demi ketentraman dan kesejahteraannya. Tokoh masyarakat merupakan orang yang memiliki pengaruh dan dihormati oleh masyarakat karena kekayaan pengetahuannya maupun kesuksesannya dalam menjalani kehidupan. Ia menjadi contoh atau teladan bagi orang lain karena pola pikir yang dibangun melalui pengetahuan yang dimiliki sehingga dipandang sebagai seorang yang pandai dan bijaksana juga menjadi panutan bagi orang banyak.
 Dengan kekayaan intelektual dan keberhasilan yang dimiliki seorang tokoh masyarakat, ia memiliki peran penting dalam pembangunan nasional indonesia dan menjadi penggerak generasi-generasi bangsa. Seorang tokoh masyarakat yang berfokus pada pendidikan, perannya akan optimal bagi pendidikan, tapi biasanya ia juga memberikan masukan atau membantu mengambil keputusan-keputusan dtiengah lingkungan masyarakat. Sebagai sosok yang dianggap memiliki kekayaan intelektual , kesuksesaan dan kebijakasanaan, tokoh masyarakat menjadi seseorang yang selalu ditunggu peranan dan pertimbangan kebijaksanaannya terhadapa sesuatu yang terjadi dimasyarakat.
 
B.      Pertanyaan Pokok
Bagaimana peran Ustad Zaenal  dalam menerapkan ilmu agama pada anak muda masa kini yang berada dilingkungan pesantren
 
C.      Metode Penelitian
Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif.  Metode ini sangat akurat dalam mengambil data-datanya karena dilakukan langsung kelapangan melalui tekhnik wawancara dengan narasumber.
 
Lokasi Penelitian : Jl. Mawar I No.50A Bintaro, Jakarta Selatan
Waktu Penelitian : Kamis, 13 Desember 2012
Pukul : 20.00 WIB
 
D.     Gambaran Subyek / Obyek
Pada penelitian kali ini saya mewawancarai narasumber yang bernama Ustad Zainal, dia adalah salah satu pimpinan pesantren an-nur  yang berada di Rancah, Ciamis-Jawa Barat. Dia itu juga  keluarga saya dan pesantren yang ia dirikan itu termasuk pesantren keluarga saya. Tetapi bukan hanya keluarga saja yang boleh belajar ditempat tersebut melainkan masyarakat disekitar juga belajar disana. Sudah hampir 20 tahun ia mengajar dipesantren tersebut.
 
E.      Analisis
Ustad Zaenal adalah salah satu tokoh agama yang menjadi panutan warga di desa kaunglarang, ciamis. Peran nya itu sangat berpengaruh terhadap warga sekitar  terutama para santri  sejak didirikannya pesantren tersebut. berbagai ilmu iya berikan kepada santri-santri terutama ilmu agama islam. Sistem yang beliau terapkan dipesantren ini  antara lain materi kuliah subuh , yaitu dimana setelah  melaksanakan shalat subuh berjamaah , para ustad mengisi ceramah subuh dan setelah itu tadarus Al-Qur'an . setelah memasuki waktu ashar, para santri  melaksanakan shalat ashar berjamaah dan setelah shalat ashar , ustad Zaenal selalu mengisi materi tentang kehidupan , yaitu bagaimana kehidupan yang ada zaman sekarang, kemajuan-kemajuan zaman yang semakin pesat, semakin berkurangya minat anak  muda  untuk belajar agama.
Ustad zaenal selalu memberikan gagasan baru dan menceritakan pengalaman-pengalaman hidupnya atau  orang lain yang dapat memotivasi para santri. Beliau juga berperan aktif sebagai imam dan pengisi ceramah  di masjid-masjid terutama di masjid besar yang berada didesa tersebut. bukan hanya itu beliau juga suka mendapat panggilan untuk acara-acara khidmat seperti  pengajian bulanan, khitanan, pernikahan dan lain-lain untuk menjadi pengisi ceramah.
Ustad Zainal juga sering aktif dalam kegiatan sosial dan beliau juga tidak segan-segan untuk turun tangan langsung dalam kegiatan tersebut, kata anak bungsunya. Meskipun beliau aktif didalam pesantren maupun diluar tetapi beliau tidak pernah lupa akan perannya didalam keluarga. Beliau pemimpin keluarga yang arif, penyayang, bijakasana, bertanggung jawab dan tegas , kata istri tercintanya.
 Bapak selalu mengajak anak-anaknya untuk berperan aktif dipesantren ini, untuk memajukan pesantren dan menciptakan anak-anak muda yang aktif, kreatif dan inovatif yang berdasarkan ilmu agama islam, kata salah satu pengurus pesantren. Menurutnya , dikehidupan yang semakin pesat ini kita harus selalu dapat menerapkan ilmu agama didalam diri kita sebagai dasar yang kuat agar kita tidak menjadi orang yang sombong dan melupakan hakikat sebagai manusia didunia.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini