Kamis, 13 Desember 2012

fathimah azzahra_kpi 1d_penelitian 3

Judul Penelitian : merubah lingkungan melalui agama

Peneliti : Fathimah Azzahra (1112051000125), KPI 1D

 

I. Latar Belakang

 

Lingkungan yang tentram dan harmonis itu yang menjadi cita-cita suatu lingkungan. Dalam suatu proses itulah agama sangat penting dalam perubahan lingkungan yang diidamkan itu. Pada proses ini ajaran agama islam sangat penting dalam perubahan tersebut. karena ajaran agama islam, seperti yang diajarkan Rasulullah pasti mengajarkan sesuatu yang berbuat baik, dan menjauhi sesuatu yang buruk.

 

II. Pertanyaan Pokok Penelitian

 

Upaya apa yang dilakukan dalam merubah lingkungan melalui agama ?

 

III. Metode Penelitian

 

Dalam penelitian studi kasus ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif karena metode ini dirasa sangat efektif dalam mendapatkan informasi mengenai apa yang ingin diamati dan diobservasi.

 

Lokasi penelitian         : Kediaman Bapak Ir. Muslihan, selaku ketua RW 08 cipadu raya

Hari/Tanggal               : Rabu, 12 Desember 2012.

Pukul                           : 08.00-09.30 WIB

 

IV. Gambaran Subyek/Obyek Penelitian

 

Tokoh yang menjadi narasumber pada penelitian kali ini adalah Bapak Muslihan, beliau adalah ketua RW. 08 cipadu raya. Bapak yang sudah berumur kepala lima ini mempunyai seorang istri dan lima orang anak. Beliau sudah menjabat sebagai ketua rw daerah nya selama kurun waktu kurang lebih 6 tahun perjalanannya dalam dua periode menjabat. Selain menjabat sebagai rw, beliau juga seorang kontraktor dan developer dalam pekerjaan sehari-hari nya

 

V. Analisis

 

Agama adalah sesuatu yang penting untuk diri sendiri dan semua orang karena sebagai pedoman kita dalam berkehidupan, begitu juga dengan suatu lingkungan, lingkungan tentram dan damai pasti didasari oleh konsep-konsep ajaran agama dalam menghidupkan peraturan dalam lingkungan tersebut.

Pada perubahan yang diterapkan oleh bapak Muslihan ini ia mendasari nya dengan konsep agama, dengan memulai perubahan dengan merubah sekelompok pangkalan ojek dengan mengikuti dan memberikan mereka pengajian sekali dalam tiap minggunya, agar bisa menambah pengetahuan mereka dan bisa menerapkan pengetahuan agama tersebut dalam kehidupan mereka. Kemudian pengajian rutin yang dilaksanakan para ibu-ibu komplek tiap minggu nya. Dan menjadikan masjid sebagai tempat sarana mengajarkan anak-anak komplek maupun anak-anak daerah sekitar untuk mengajarkan mereka sejak dini tentang islam, al-Quran, dan sebagainya dengan mendirikan TPA. Dan dalam lingkungan keluarga nya ia juga mengajarkan anak-anaknya dengan ajaran agama islam dengan selalu mendirikan sholat 5 waktu dan mengajarkan mereka agar tidak lupa dalam membaca dan mengamalkan al-Quran. Karena Sesuatu yang dimulai dari kecil lah yang akan merubah menjadi perubahan besar

 

DAFTAR PUSTAKA

Narasumber : Bapak Ir. Muslihan

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini