Mely Ismi Ardikusuma Wardani
1112051000112
KPI 1D


Pengaruh Ketua Rukun Tetangga di Lingkungan Masyarakat
 
I. LATAR BELAKANG

Pemimpin adalah seseorang yang diberikan kepercayaan lebih untuk mengatur suatu jalannya organisasi atau lembaga agar berjalan dengan tertib dan lancar. Pemimpin harus mempunyai sifat amanah, tekun, bertanggung jawab dan jujur.
Dalam penelitian kali ini saya memilih mengambil tema untuk meneliti ketua RT, karena menurut saya ketua RT memiliki peranan dan pengaruh penting bagi kelompok masyarakat. Berkat beliau kerukunan antar tetangga dapat berlangsung dengan baik.
 
 II. PERTANYAAN POKOK

Apa pengaruh ketua RT bagi masyarakat?

III. METODE PENELITIAN

Metode yang saya gunakan dalam penelitian kali ini yaitu metode kualitatif, yang menggunakan indeks interview (wawancara mendalam) terhadap narasumber. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, maka akan menghasilkan hasil penelitian yang lebih akurat, lebih jelas, dan juga terpercaya.
Lokasi  : Jl. Assofa II, No. 15 A Rt:06 Rw.01 Kelurahan: Sukabumi Utara  Kecamatan: Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Waktu  : Rabu12 Desember 2012. Pukul : 09.00-11.00WIB
 
IV. GAMBARAN SUBYEK
 
Yang menjadi narasumber dalam tema kali ini adalah Bpk. Iskandar beliau mengurus Rt di Jl.Assofa II, No. 15 A Rt:06 Rw.01 Kelurahan: Sukabumi Utara Kecamatan: Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Usianya sudah 50 tahun, dan ia memiliki 3 orang anak, 2 laki-laki dan 1 orang perempuan serta 1 orang cucu. Ia juga memiliki pekerjaan sambilan yaitu mendekor tanaman.
 
V. ANALISIS
Dalam penelitian kali ini tema yang akan dibahas adalah pengaruh ketua RT untuk masyarakat sekitar. Bapak ketua RT di daerah tempat tinggal saya adalah Bpk. Iskandar, beliau sudah menjadi ketua RT disana sejak tahun 2001 atau sudah 11 tahun hingga saat ini.
Banyak kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan beliau untuk masyarakatnya diantaranya adalah kerja bakti yang dilaksanakan sebulan sekali pada hari minggu, mengadakan lomba-lomba saat perayaan hari kermedekaan setiap tanggal 17 Agustus, dan masih banyak kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk menjaga lingkungan dan meningkatkan silahturahmi antara tetangga. Dalam menjalankan peran sebagai ketua RT tentunya bukanlah hal yang mudah banyak hambatan yang ia temui dan harus ia lalui diantaranya ia harus menghadapi para tetangga yang terkadang susah diatur, dan ia sulit untuk mengatur jadwal kegiatan ronda untuk menjaga keamanan tempat tinggal sekitar karena banyak yang tidak mau untuk bergantian berjaga.
Namun dibalik itu semua terdapat banyak hikmah yang ia dapatkan, ia bersyukur bisa diberi kepercayaan untuk menjadi ketua RT hingga saat ini. Karena ia bisa memiliki keluarga yang baru walaupun bukan saudara kandung antar sesama tetangga. Bisa menjaga kerukunan antara tetangga dan membantu para warga dalam banyak hal.
Harapannya di masa depan, agar kerukunan antara warga di daerah tempat saya tinggal bisa terjaga. Dan para warga agar saling bahu membahu dalam menjaga lingkungan setempat agar tetap bersih dan terjaga kelestariannya.