Kamis, 13 Desember 2012

PENELITIAN4_AGUN AKBAR TABRANI_KPI 1D

Pengaruh ketua RT pada masyarakat dilingkungannya
NAMA                  : AGUN AKBAR TABRANI
NIM                      : 1112051000117
1.       Latar belakang
Perubahan sosial umum dapat diartikan sebagai suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur atau tatanan didalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat.Teori dan Pengertian Perubahan Sosial Pada dasarnya setiap masyarakat yang ada di muka bumi ini dalam hidupnya dapat dipastikan akan mengalami apa yang dinamakan dengan perubahan-perubahan. Adanya perubahan-perubahan tersebut akan dapat diketahui bila kita melakukan suatu perbanding­an dengan menelaah suatu masyarakat pada masa tertentu yang kemudian kita bandingkan dengan keadaan masyarakat pada waktu yang lampau. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat,pada dasarnya merupakan suatu proses yang terus menerus, ini berarti bahwa setiap masyarakat pada kenyataannya akan mengalami perubahan-peru­bahan.      
 
 
2.       Pertanyaan pokok
 
Apa yang bapak lakukan untuk menciptakan perubahan ke masyarakat?
·         Hal yang saya lakukan untuk menciptakan perubahan kepada masyarakat lebih ke kesehatan. Maraknya penyakit demam berdarah saya sering melakukan pemeriksaan ke rumah-rumah warga untuk memeriksakan jentik-jentik nyamuk di kamar mandi (WC) nya dll. Saya melakukan itu semua karena masih ada warga saya yang tidak memerdulikan adanya penyakit demam berdarah tersebut. Saya pun sering memperingatkan bahayanya demam berdarah. Seiring jalannya waktu warga mulai mengerti tentang bahayanya penyakit demam berdarah. Saya pun beserta masyarakat yang lain sering melakukan penyemprotan kerumah-rumah warga dan melakukan kerja bakti setiap minggunya untuk menciptakan  lingkungan yang bersih dan nyaman serta jauh dari penyakit demam berdarah.
 
3.       Metode penelitian
 
Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini dinilai sangat efektif mengingat peneliti dapat lebih leluasa dalam menanyakan pertanyaan.
Lokasi            : Jalan lebak bulus raya 01 Rt.02/01 Jakarta selatan
Waktu           : Rabu, 12 desember 2012  pukul 15.30 WIB
 
4.       Gambaran subyek
 
Bapak Ahmad Munirin, beliau adalah ketua RT 02 Lebak bulus jakarta selatan. Latar belakang pendidikan adalah SLTA. Beliau mempunyai isti bernama Ibu Winadiyanti dan mempunyai 2orang anak.
       
 
 
5.       Analisis
 
Bapak Ahmad munirin menjadi ketua Rt sejak tahun 2008. Beliau ingin sekali menciptakan perubahan yang baik kepada masyarakat khususnya di kesehatan. Menurut pandangan masyarakat, beliau merupakan orang yang bijaksana. Beliau sering mengadakan forum diskusi warga sebulan sekali untuk saling berbagi informasi dan berbagi pendapat. Beliau juga mengadakan senam sehat bersama warga setiap hari sabtu dipagi hari untuk menjaga kesehatan. Bapak Ahmad Munirin ini juga sering mengajak warga untuk melakukan kerja bakti dilingkungan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Bapak Ahmad Munirin juga sering mengajak remaja-remaja disekitar untuk berpatisipasi membantu dalam acara seperti peringatan hari kemerdekaan, peringatan hari anak nasional, dll.
 
 
 Daftar pustaka
·         Bapak Ahmad Munirin
·         Ibu Winadiyanti
·         Perubahan sosial : http://belajarpsikologi.com/pengertian-perubahan-sosial/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini