Mely Ismi Ardikusuma Wardani
1112051000112
KPI 1D


Pengaruh Seorang Ustad dalam Masyarakat Sekitar
 
I. LATAR BELAKANG

"Individu" berasal dari bahasa latin "individuum" artinya "yang tak terbagi".
Dalam pengertian sosiologi Individu adalah subyek yang melakukan sesuatu, subyek yang mempunyai pikiran, subyek yang mempunyai kehendak, subyek yang mempunyai kebebasan, subyek yang memberi arti (meaning) pada sesuatu, yang mampu menilai tindakan 
dan hasil tindakannya sendiri.

Sedangkan menurut Peter L Berger, Masyarakat merupakan suatu keseluruhan komplek hubungan manusia yang luas sifatnya. Keseluruhan kompleks dalam definisi tersebut berarti bahwa keseluruhan itu terdiri dari bagian-bagian yang membentuk suatu kesatuan.
Hubungan antara individu dan masyarakat itu berkaitan dengan Kenyataan obyektif dan kenyataan subyektif saling menentukan; yang satu tidak ada tanpa yang lain.
Hal ini yang mendasari saya mengambil tema ini, karena ingin meneliti pengaruh seorang individu terhadap masyarakat.
 
II. PERTANYAAN POKOK
Apa saja yang dilakukan untuk memberikan manfaat bagi orang lain?
 
III. METODE PENELITIAN
Metode yang saya gunakan dalam penelitian kali ini yaitu metode kualitatif, yang menggunakan indeks interview (wawancara mendalam) terhadap narasumber. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, maka akan menghasilkan hasil penelitian yang lebih akurat, lebih jelas, dan juga terpercaya.
Tempat       : Kediaman H. Kuat Rahardjo
Waktu         : Rabu, 12 Desember 2012. Pukul 19.20-21.00 WIB.
 
 
IV. GAMBARAN TOKOH
Yang menjadi narasumber penelitian kali ini adalah H. Kuat Rahardjo, beliau adalah kakek saya. Beliau mempunyai 3 anak, yang pertama adalah Ibu saya, dan yang kedua dan ketiga adalah anak kembar. Ia dahulu adalah seorang guru agama Sekolah Dasar, namun sekarang sudah pensiun. Pendidikan yang terakhir yang ditempuhnya adalah D3 di IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. Selain menjadi guru, ia juga aktif dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan.
Dimata keluarga beliau, ia merupakan seorang ayah yang sangat baik, tegas, dan bijaksana. Mampu mengayomi istri dan anak-anaknya dengan baik. Dan membantu mereka dalam mempelajari agama.
 
V. ANALISIS
Dalam tema kali ini yang akan dibahas adalah peranan seorang guru sekaligus ustad dalam memberikan pengaruh terhadap masyarakat. H. Kuat begitu sapaannya, merupakan seorang guru agama sd, walaupun sekarang sudah pensiun. Dia menjadi guru sd sudah semenjak tahun 1973 dan pensiun tahun 2011. Banyak anak murid yang senang ketika diajarnya, menurut mereka beliau mengajarkan dengan tegas namun santai, dan humoris sehingga mereka tidak tegang dan mudah menyerap materi-materinya.
Kegiatan yang ia laluinya dulu hingga sekarang bukan hanya menjadi guru, ia juga aktif dalam mengelola sebuah Masjid, dan ia menjadi ketua pengurus Masjid Sholuhudin. Ia juga pernah menjabat sebagai ketua RT selama 15 tahun. Dan ia juga selalu aktif dan menjadi penceramah dalam berbagai kegiatan. Saat ini untuk mengisi waktu pensiunnya, karena jiwa seorang guru nya masih terasa ia mengajarkan les private untuk pelajaran agama di kediamannya. Setiap hari senin dan rabu pukul 16.00-17.30 WIB, dan itu gratis.
Hal itu dilakukannya untuk memacu dan memotivasi semangat belajar anak.
Ia juga aktif dalam mengadakan kerja bakti dan mencanangkan kegiatan senam sehat yang dilakukan 2 minggu sekali. Yang bertujuan untuk menyehatkan tubuh, menjaga lingkungan, sekaligus memperat tali silahturahmi.
          Ia selalu menjadi imam dalam sholat jumat di Masjid Sholuhudin, ia juga sering mengadakan kegiatan yang berupa sharing dengan jamaahnya mengenai agama. Menurut jamaahnya ia merupakan sosok yang bertanggung jawab, bijaksana, amanah, dan menginspirasi.
          Beliau mengabdikan hidupnya untuk mengurusi Masjid tersebut, dan mengajak generasi muda sebagai penerus bangsa untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan rohaniah, agar mereka tidak terjerumus dalam pergaulan bebas.
          Harapan beliau adalah agar kehidupan kita dapat diisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi orang banyak. Karena orang yang sukses adalah ia dapat memberikan manfaat dan menginspirasi orang lain agar maju.