Kamis, 13 Desember 2012

PD HIMA PERSIS CIPUTAT dan PW HIMA PERSIS DKI JAKARTA_Much Mugni Noorrachman_KPI 1D 2012

OBSERVASI I: INSTITUSI SOSIAL
Nama (NIM)   : Much. Mugni Noorrachman (11.12.051.000.104)
Mata Kuliah    : Sosiologi Agama (KPI 1D).
Dosen              : Bapak Tantan Hermasnyah, M.Si
بسم الله الرّحمٰن الرّحيم
PIMPINAN WILAYAH (PW) HIMA DKI JAKARTA
DAN PIMPINAN DAERAH (PD) HIMA PERSIS CIPUTAT
HIMA PERSIS yang berkepanjangan Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam, merupakan salah satu organisasi otonom dari organisasi masyakat yang besar di Indonesia yakni Persatuan Islam (PERSIS). Organisasi otonom PERSIS diantaranya PERSISTRI (Persatuan Islam Isteri), PEMUDA PERSIS, PEMUDI PERSIS, kemudian HIMA-HIMI PERSIS.
HIMA PERSIS Lahir jauh dari organisasi induknya (PERSIS) yang lahir pada tahun 1923, sedangkan organisasi Mahasiswa (HIMA)nya lahir pada tahun 1996. Sejalan dengan induknya, HIMA PERSIS bergerak dibidang Pendidikan dan Dakwah yang menjadi tujuan/ objek utama jihadnya.
Namun tidak berarti tidak peduli pada bidang-bidang lain seperti Sosial, Politik, Ekonomi, Kesehatan, dan lain-lain; karena kedua bidang ini (Dakwah dan Pendidikan) merupakan bidang yang luas dan masuk pada bidang-bidang yang lain. Terbukti dari tokoh-tokoh yang dilahirkan oleh PERSIS yang mereka sudah paham tentang Islam dengan benar dan mendakwahkan apa yang mereka punya dari hasil pendidikan mereka, namu mereka mempunyai kelebihan seperti pada bidang politik Muhammad Natsir yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dan Muhammad Isa Anshary yang ikut serta dalam menghapuskan komunis dari Indonesia, dan pada bidang lain-lain.
Selaras dengan hal tersebut, HIMA PERSIS mewadahi para pelajar yang meneruskan jenjangnya ke bangku perkuliahan yang ingin menjadi aktifis organisasi yang Syar'i dan menjadikan cendikiawan-cendikiawan Muslim yang kaffah dalam berislam. Namun HIMA PERSIS di wilayah Jabodetabek, khusunya PD HIMA PERSIS CIPUTAT berbeda dengan HIMA PERSIS di wilayah Jawa Barat seperti Bandung, Garut, Tasikmalaya, dan Cianjur yang berkembang pesat dalam kuantitas anggotanya. PD HIMA PERSIS Ciputat memiliki anggota yang sedikit jumlah anggotanya dibandingkan dengan ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) yang lain. Namun bukan berarti dengan jumlah yang sedikit tidak bisa bereksistensi dengan prestasi.
Dalam bidang pendidikan dan dakwah PD HIMA Ciputat yang erat hubungannya dengan PW HIMA Jakarta Raya (DKI Jakarta) yang cakupannya Wilayah Jabodetabek, tidak absen dalam mengadakan diskusi seperti mengadakan 'Diskusi Studia Holistika' yang diselenggarakan setiap kamis pukul 15.30 yang dihadiri oleh para anggota HIMA dan HIMI Ciputat, pengurus PW HIMA Jakarta dan bahkan dari PP HIMA PERSIS jika menghadirkan pemakalah/ pemateri dari luar. Dan kemudian hasil dari diskusi yang telah mendapat kritik dan dikritisi didokumentasikan melalui Buletin Studia Holistika.
Dalam bidang sosial, PW HIMA-HIMI Jakarta yang bekerjasama dengan PD HIMA-HIMI se-Jakarta Raya mengadakan kegiatan rutin 'PONCER (pondok ceria)' yang mengajar anak jalanan (anjal) yang ingin belajar dan bimbel namun terbentur biaya dan terkendala harus mencari uang untuk membantu orang tua mereka mencari nafkah bagi keluarga, acara ini rutin dilaksanakan setiap hari sabtu di bawah fly over lebak bulus, acara ini bertujuan guna mengangkat dan menghapus angka ke-butahuruf-an masyarakat Indonesia ini.
wallahu a'lam bisshawab...
 
Sumber:
Ø  Ketua PW HIMA PERSIS Jakarta periode '11-'12: Ihsan Fuji Rahman, beserta jajaran stafnya Azhar Rujjatul Widad (Ketua PW HIMA PERSIS Jakarta periode '12-'13), Raden Yoga Prtama, dan lain-lain.
Ø  Seluruh anggota PD HIMA PERSIS Ciputat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini