Kamis, 13 Desember 2012

penelitian 4_Nurul Latifah_kpi 1d

TOKOH AGAMA
 
Nama         : Nurul latifah
Kelas          : KPI 1 D
NIM           : 1112051000118
 
PERUBAHAN MASYARAKAT MELALUI  TOKOH AGAMA
 
 I.      Latar Belakang
Tokoh agama dalam masyarakat mempunyai peran penting dalam kehidupan.tokoh agama  inilah yang menentukan perubahan di masyarakat ke sifat yang positif. Di Indonesia sendiri tokoh agama telah menjamur, dari yang berlingkup hanya pada masyarakat sekitarnya maupun masyarakat besar yang berlingkup luas dan pasti tokoh agama memiliki sosok yang berperan penting di dalam menjalankan perubahan tersebut.
Melihat keadaan masyarakat yang semakin memperihatinkan maka penting sekali adanya seorang tokoh agama atau dalam agama islam biasa disebut ustad, Ust.Abdul Rajak adalah seorang ustad beliau salah satu tokoh agama yang sangat berpengaruh dalam perubahan masyarakat terutama masyarakat di daerah Cileungsi Bogor
 
II.      Pertanyaan Pokok
1.  Apa yang dilakukan Ust. Abdul Rajak dalam mengubah masyarakat sekitarnya?
 
III.      Metodelogi Penelitian
 a.    Waktu dan tempat penelitian
Penelitian ini di lakukan di kediaman beliau yang bertempat di ds.Limusnuggal kec.Cileungsi Bogor. Dan waktu pelaksanaan penelitian ini ialah pada hari minggu,9 desember  2012.
 
b.    Jenis  metodelogi penelitian
Metode penelitian yang dipilih pada penelitian ini ialah metode kualitatif. Penelitian kualitatif mungkin sangat sesuai pada penelitian kali ini, metode ini dinilai sangat efektif mengingat peneliti dapat lebih leluasa dalam menanyakan pertanyaan.
 
IV.      Gambaran Tokoh
Tokoh yang menjadi Narasumber kali ini ialah Ust.Abdul Rajak, yang merupakan ustad didaerah Cileungsi dan sangat berperan dalam perubahan masyarakat sekitar yang sosoknya selalu di segani, dan juga menjadi inspirasi bagi masyarakat setempat.
 
 V.      Analisis
Ust.Abdul Rajak memberikan perubahan di lingkungan masyarakat tempat tinggalnya. Yang mana beliau dan keluarga mendirikan sebuah masjid dan majlis ta'lim di daerahnya.Beliau dan keluarga menjadi panutan bagi masyarakat sekitar karena beliau dan keluarga selalu mengadakan pengajaran dan pengajian dalam kegiatan majlis ta'lim di masjid yang beliau dirikan di daerah tersebut.Selain Ust.Abdul Rajak  yang selalu mengisi pengajian,adapun istri beliau yaitu ibu Halimah yang mengisi pengajian tersebut khusunya kaum ibu-ibu.Begitupula anak-anaknya yang selalu mengajak para remaja sekitar  untuk ikut dalam kegiatan remaja mesjid misalnya dalam mengadakan perayaan hari-hari besar Islam seperti:Isra' Mi'raj,tahun baru Islam,maulid Nabi dan sebagainya.
Seiring berjalannya waktu masyarakat sekitar pun ikut berperan atau berpartisipasi dalam kegiatan majlis ta'lim ini. Sebelum adanya kegiatan majlis ta'lim ini, keadaan masyarakat sekitar ini sangat memprihatinkan, dimana mereka tidak memanfaatkan  waktu mereka dengan kegiatan yang bermanfaat.
Bagi Ust.Abdul Rajak sendiri mengajak orang lain untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik bukanlah sebuah hal yang mudah. Namun. Semua itu membutuhkan proses. Pada proses awal, Ust. Abdul Rajak mentargetkan kepada para masyarakat untuk selalu bersilaturrahim sesama masyarakat sekitar melalui kegiatan majlis ta'lim ini akan tetapi,dengan cara itu beliau mampu menarik perhatian masyarakat, dan akhirnya mereka merasa tertarik dengan kegiatan yang di adakan  Ust.Abdul Rajak ini.
Setelah kegiatan ini diadakan, masyarakat mejadi lebih agamis, khususnya dikalangan pemuda. Dalam pengajian ini yang dikaji adalah kitab fiqh setiap malam kamis, ba'da maghrib oleh Ust.Abdul Rajak. Dan karena itu juga masyarakat menjadi lebih rajin untuk sholat berjama'ah di masjid.
 
Daftar Pustaka:
Ust.Abdul Rajak
Ibu Halimah
                 
 
 
 
                                                                                                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini