Kamis, 13 Desember 2012

KEPEMIMPINAN_HARRY.R_JRN1B_LAPORANKE-5

Judul:
Tanggung jawab seorang pemimpin di suatu lingkungan (ketua RT)
Harry Riandayasa
1112051100041
Jurnalistik 1B
 
 
 
 
        I.                        LATAR BELAKANG

            Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan memimpin, artinya  memiliki kemampuan untuk  mempengaruhi orang lain atau kelompok  tanpa mengindahkan bentuk alasannya. Pemimpin memiliki beberapa tingkatan, terendah adalah pemimipin yang andal, kemudian pemimpin yang menjadi bagian dalam tim, lalu pemimpin yang memiliki visi, tingkat yang paling tinggi adalah pemimpin yang bekerja bukan berdasarkan ego pribadi, tetapi untuk kebaikan organisasi dan bawahannya.
Pemimpin juga sebagai Pemimpin dalam pengertian ialah seorang yang dengan jalan memprakarsai tingkah laku sosial dengan mengatur, mengarahkan, mengorganisir atau mengontrol usaha/upaya orang lain atau melalui prestise, kekuasaan dan posisi. Dalam pengertian yang terbatas,  pemimpin ialah seorang yang membimbing, memimpin dengan bantuan kualitas-kualitas persuasifnya dan akseptansi/ penerimaan secara sukarela oleh para pengikutnya.
 
            Seseorang yang kita sebut Pak RT adalah seseorang yang diibaratkan sebagai seseorang yang bertanggung jawab serta memiliki sikap leadership yang tinggi di lingkungan kita.Dia adalah ujung tombak pemerintahan yang langsung mengena pada kita.Betapa tidak?Setiap kita berurusan dengan negara dan kependudukan, Pak RT selalu memberi jalan bagi kita.Tidak terkecuali dalam sistem perbankan.Pembuatan rekening baru selalu membutuhkan alamat lengkap hingga RT dan RW tempat tinggal kita.Pembuatan surat pindah, surat keterangan miskin dan berbagai surat pengantar lainnya yang bersifat resmi, selalu membutuhkan tandatangan  Pak RT. Secara langsung, Pak RT adalah orang pertama yang berhak menentukan apakah kita ini layak terjun di masyarakat luas atau tidak, Pembuatan KTP, SIM, dan surat-surat penting lainnya selalu meminta tanda tangan Pak RT pada surat pengantar pertamanya.
 
 
      II.                        PERTANYAAN POKOK
1.bagaimana kinerja seorang bapak hassanudin?
 
 
 
    III.                            METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan : Kualitatif. Yaitu metode sosiologi yang prosesnya mengambil data secara langsung, dimana peneliti sebagai instrument. Metode ini dilakukan dengan dasar mencari data-data yang kuat lalu dilakukan wawancara terhadap narasumber.
 
Wawancara ini dilakukan pada :
Lokasi : jalan sunan giri, ciledug, tangerang
Waktu : 11 Desember 2012, 14.00 WIB
 
   IV.                        GAMBARAN SUBYEK DAN OBYEK
Bapak hassanudin adalah seorang ketua RT 01 di jalan sunan giri dia menjabat sebagai ketua RT sejak tahun 2005, dalam waktu yang selama itu beliau mampu mengangkat lingkungan nya sebagai lingkungan yang paling BERIMAN (bersih, indah, aman,dan nyaman) sehingga beliau selalu terpilih menjadi ketu RT di tempat tinggalnya.
 
 
     V.                        ANALISIS
Kinerja seorang bapak hassanudin sangat baik dia mampu memimpin warga nya untuk melakukan perubahan, mampu membangun lingkungan yang bersih, nyaman serta aman sesuai yang di harapkan warga dan beliau itu sendiri. Kepemimpinannya yang sudah begitu tertanam didirinya itu juga sebagai alasan warga yang selalu memilihnya disetiap pemilihan kembali ketua RT.  setiap hari minggu dia selalu mengajak warga nya untuk melakukan kerja bakti, dia mengajak warga nya untuk kerja bakti dengan semangat sehingga warga nya menjadi lebih antusias untuk mengikuti kegiatan seminggu sekali itu. Selain mengajak kerja bakti bapak hassanudin juga melayani warga nya dengan ramah apabila ada salah satu  warga nya membutuhkan bantuan beliau seperti untuk membuat SIM tentu pihak berwajib membutuhkan tanda tangan seorang ketua RT. Dan apabila ada masalah seperti kehilangan, beliau juga membantu untuk mengulas kasusu tersebut dan merujuknya ke pihak yang berwajib dan tidak hanya itu, beliau juga mengingatkan kembali kepada warga-warganya untuk kembali waspada dan bisa bertanggung jawab atas lingkungannya masing-masing,  sehingga beliau dapat dikatakan sebagai pemimpin yang bertanggung jawab penuh terhadap profesinya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
DAFTAR PUSTAKAA
Narasumber: Bapak hassanudin (ketua RT)
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini