Kamis, 13 Desember 2012

Penelitian3_Nur Triana Yuliani_KPI1D

Peran Tokoh Agama untuk Para Remaja
( Nur Triana Yuliani          1112051000116 )
Latar Belakang
Tokoh masyarakat merupakan orang yang memiliki pengaruh dan dihormati oleh masyarakat karena kekayaan pengetahuannya maupun kesuksesannya dalam menjalani kehidupan. Ia menjadi contoh atau teladan bagi orang lain karena pola pikir yang dibangun melalui pengetahuan yang dimiliki sehingga dipandang sebagai seorang yang pandai dan bijaksana juga menjadi panutan bagi orang banyak. Dengan kekayaan intelektual dan keberhasilan yang dimiliki seorang tokoh masyarakat, ia memiliki peran penting dalam pembangunan nasosial indonesia. Perannya dalam pembangunan ilmu disesuaikan dengan keahliannya. Sebagai sosok yang dianggap memiliki kekayaan intelektual, kesuksesan, dan kebijaksanaan, tokoh masyarakat menjadi sesorang yang selalu ditunggu peranan dan pertimbangan kebijaksanaannya terhadap suatu permasalahan yang terjadi di masyarakat, seorang tokoh masyarakat akan dimintai pendapat sekaligus peranannya dalam mengatasi permasalahan yang terjadi. Tokoh masyarakat yang akan penulis bahas kali ini adalah seorang Ustad atau ahli agama, karena seorang ahli agama pastilah akan mambawa pengaruh yang besar terhadap lingkungannya.
Pertanyaan Pokok
Peran apa yang ustad lakukan untuk para remaja?
Saya senantiasa mengingatkan para remaja agar terhindar dari pergaulan bebas, dan senantiasa memberikan nasihat-nasihat untuk para remaja.
Metode Penelitian
Metode penelitian yang saya gunakan kali ini adalah kualitatif, yaitu dengan wawancara langsung terhadap narasumber. Karena dengan metode kualitatif, akan menghasilkan hasil yang lebih akurat.
Lokasi    : Kediaman H.Nursad
Waktu   : Rabu, 12 Desember 2012. Jam 10.00 WIB
Gamabaran Subyek
Yang menjadi narasumber saya kali ini adalah H.Nursad, lahir pada tanggal 12 Maret 1952. Beliau adalah seorang pemimpin dalam majlis taklim Al-Ikhlas Sawangan.
Analisis
Ustad H.Nursad selalu memberikan pengaruh positif terhadap masyarakat sekitar terutama untuk para remaja. Beliau ingin agar remaja sekarang dapat terhindar dari hal-hal negatif yang dapat merugikan remaja. Setiap minggu malam beliau mengajak remaja sekitar datang ke masjid untuk pengajian dan setelah pengajian mereka akan melakukan sharing bersama atau hanya sekedar saling bercerita. Awalnya hanya beberapa remaja saja yang datang, tapi seiring berjalannya waktu banyak remaja yang ikut ke dalam pengajian tersebut. Dalam setiap pertemuan, Ustad H.Nursad akan memberikan nasihat-nasihat penting untuk para remaja yang tentunya akan memberikan pengaruh pikiran yang positif untuk para remaja.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini