Kamis, 13 Desember 2012

penelitian4_Nur Triana Yuliani_KPI1D

Peran ketua RT dalam Masyarakat dan Keluarga
( Nur Triana Yuliani          1112051000116 )
Latar Belakang
Tokoh masyarakat merupakan orang yang memiliki pengaruh dan dihormati oleh masyarakat karena kekayaan pengetahuannya maupun kesuksesannya dalam menjalani kehidupan. Ia menjadi contoh atau teladan bagi orang lain karena pola pikir yang dibangun melalui pengetahuan yang dimiliki sehingga dipandang sebagai seorang yang pandai dan bijaksana juga menjadi panutan bagi orang banyak. Dengan kekayaan intelektual dan keberhasilan yang dimiliki seorang tokoh masyarakat, ia memiliki peran penting dalam pembangunan nasosial indonesia. Perannya dalam pembangunan ilmu disesuaikan dengan keahliannya. Sebagai sosok yang dianggap memiliki kekayaan intelektual, kesuksesan, dan kebijaksanaan, tokoh masyarakat menjadi sesorang yang selalu ditunggu peranan dan pertimbangan kebijaksanaannya terhadap suatu permasalahan yang terjadi di masyarakat, seorang tokoh masyarakat akan dimintai pendapat sekaligus peranannya dalam mengatasi permasalahan yang terjadi. Melalui pola pikir dan kebijaksanaannya, ia akan menjadi panutan banyak orang sehingga berpengaruh dalam menyebarkan pemikiran baik dalam masyarakat.
Pertanyaan Pokok
Peran penting apa saja yang harus dilakukan oleh seorang Ketua RT?
Senantiasa membimbing dan mengayomi masyarakat demi kesejahteraan masyarakat. Dan selalu mengajak masyarakat untuk mengadakan kegiatan gotong-royong untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.
Metode Penelitian
Metode penelitian yang saya gunakan kali ini adalah kualitatif, yaitu dengan wawancara langsung terhadap narasumber. Karena dengan metode kualitatif, akan menghasilkan hasil yang lebih akurat.
Lokasi    : Kediaman Bapak Faisal Tinggal
Waktu   : Rabu, 12 Desember 2012. Jam 09.00 WIB
Gambaran Subyek
Yang menjadi narasumber saya kali ini adalah Bapak Faisal Tinggal, beliau adalah ketua RT di Jl.Masjid RT 01 RW 02 Kelurahan: Kedaung, Kecamatan: Sawangan, Kota: Depok.
Analisis
Bapak Faisal Tinggal atau biasa disapa Pak Tinggal adalah seorang kepala keluarga sekaligus  ketua RT, beliau sudah menjabat sebagai ketua RT selama tiga periode karena bagi masyarakat beliau adalah pribadi yang tangguh dan tekun dalam menjalani bidangnya. Menurutnya peran ketua RT sangat penting dalam masyarakat sekitar. Selain di dalam keluarga, ketua RT juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya dalam menjalani berbagai aktivitas sebagai ketua RT. Beliau selalu berperan aktif dalam mengayomi masyarakatnya. Setiap minggunya beliau selalu mengunjungi masyarakat sekitar untuk melakukan iuran, iuran tersebut akan disumbangkan kepada anak yatim piatu atau kepada pihak yang tidak mampu, dan tidak adanya unsur pemaksaan dalam iuran rutin tersebut. Pak Tinggal selalu mengajak warga sekitar untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan saling bergotong-royong. Saat kondisi jalanan lingkungan sekitar rusak, beliau mengajak warga sekitar untuk membantu memperbaiki jalan tersebut. Di dalam keluarganya, beliau adalah seorang kepala rumah sekaligus seorang ayah yang baik untuk anak-anaknya. Beliau selalu mengajarkan anak-anaknya bagaimana menjadi seorang pemimpin yang disukai kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini