Kamis, 13 Desember 2012

tugas ke4_puji indah lestari_kpi1d

Judul:
Pengaruh Seorang Ketua RT Dalam Upaya Menjaga Kebersihan Lingkungan
 
Peneliti:
Puji indah lestari (1112051000098)
 
 
I.                   Latar belakang
Kebersihan lingkungan adalah hal yang sangat penting. Lingkungan yang bersih akan membawa dampak yang positif bagi orang yang berada di lingkungan tersebut. Untuk menjaga kebersihan lingkungan, harus selalu dilakukan kegiatan pembersihan lingkungan atau yang biasa disebut gotong royong. Kebersihan lingkungan juga berpengaruh terhadap kesehatan orang-orang yang berada di suatu lingkungan, karena jika suatu lingkungan keadaannya kotor dan jorok akan membawa dampak yang tidak baik dan akan mendatangkan penyakit. Untuk itu gotong royong untuk membersihkan lingkungan perlu dilakukan agar lingkungan tetap terjaga kebersihannya.
 
II.                Pertanyaan pokok penelitian
Bagaimana cara bapak untuk mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong.
 
III.             Metode penelitian
Dalam penelitian ini, saya menggunakan metode kualitatif atau wawancara. Metode ini dinilai lebih efektif dan efisien untuk mengambil informasi sebanyak-banyaknya langsung dari narasumber.
     
Penelitian dilakukan pada:
Tanggal/Waktu        : 05 Desember 2012 pukul 11.00-12.00
Tempat                    : Kediaman Bapak Suganda, Kp. Kademangan, Setu-Tangsel.
 
IV.             Gambaran subyek
Bapak Suganda dikenal sebagai orang yang baik, ramah dan santu juga sanngat peduli terhadap kebersihan lingkungannya.
 
V.                Analisis
Bapak Suganda adalah ketua Rt 02/03 di Kp. Kademangan. Beliau sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan. Sebelum dia menjadi ketua RT dilingkungannya, sebelumnya tidak pernah diadakan gotong royong untuk membersihkan lingkungan. Hal itu menyebabkan lingkungannya kurang bersih karena banyak sampah yang berserakan. Hal ini membuatnya terganggu dan ia pun berinisiatif untuk mengajak warga untuk bergotong rotong paling tidak satu minggu sekali yaitu pada hari minggu. Awalnya ia memberikan penyuluhan tentang kebersihan lingkunga yang harus tetap terjaga kebersihannya. Ia meminta kepada warganya untuk bergotong royong paling tidak satu minggu sekali. Beliau juga meminta iuran kebersihan bulanan kepada warganya. Uang iuran tersebut ia gunakan untuk membeli alat-alat untuk gotong royong, dan untuk membeli tempat sampah organik dan anorganik. Beliau berpendapat bahwa kebersihan sangatlah penting. Jika suatu lingkungan terjaga kebersihannya, maka orang yang ada dilingkungan tersebut juga akan merasa nyaman, dan sebaliknya. Tanggapan masyarakat dengan diadakannya gotong royong sangatlah baik. Dengan diadakannya gotong royong mereka jadi merasa lebih nyaman tinggal didaerah itu. Harapan beliau adalah semoga kegiatan ini akan selalu dilakukan walaupun masa jabatannya sebagai ketua RT sudah berakhir.
 
 
NARASUMBER
Bapak Suganda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini