Senin, 21 September 2015

Khurun in Umama,jrn1B_Konflik sosial dan perebutan sumberdaya dalam perspektif sosiologi_tugas2

Khurun In Umama

Jurnalistik 1 B

NIM:11150510000225

 

Konflik Sosial dan Perebutan Sumber Daya

 

A.    Pengertian Konflik Sosial Dalam Perspektif Sosiologi

Dalam buku Sosiologi Modern karangan Bernard Raho,svd Teori konflik muncul sebagai reaksi atas teori fungsionalisme structural yang kurang memperhatikan fenomena konflik dalam masyarakat.Namun demikian, teori mempunyai akar dalam karya Karl Marx di dalam teori sosiologi klasik dan dikembangkan oleh beberapa pemikir social yang berasal dari masa-masa kemudian .

Pada dasarnya pandangan teori konflik tentang masyarakat sebetulnya tidak banyak berbeda dari pandangan fungsionalisme structural karena keduanya sama-sama memandang masyarakat sebagai satu system yang terdiri dari bagian-bagian.

Menurut Karl Marx Konflik Sosial adalah: Pertentangan antara segmen-segmen masyarakat untuk memperebutkan asset-aset yang bernilai.

Jenis dari konflik social bias bermacam-macam yaitu konflik antara individu, dan bahkan konflik antara bangsa .

Contoh :

Konlik antar pelajar

Konflik antar masyarakat

Konflik antar suku

Konflik antar agama

 

B.Pengertian Sumber Daya

Mathis dan Jackson (2006, h.3) Sumber Daya adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi.keberadaan Sumber daya manusia yang minim terkadang dapat menimbulkan adanya konflik social.

Contoh: Antrian warga pada tahun 2008 yang berlangsung ricuh di karnakan memperebutkan minyak tanah yang semakin langka pada saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini