Senin, 21 September 2015

robiatul adawiyah JRN 1B konflik sosial dan perebutan sumber daya Tugas 2

Robiatul Adawiyah

Jurnalistik 1B

Pengantar Ilmu Sosiologi

 

 

A.    Definisi konflik social dalam perspektif sosiologi

 

Teori konflik social adalah suatu perspektif di dalam sosiologi yang memandang masyarakat sebagai satu system social yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang mempunyai kepentingan yang berbeda-beda dimana komponen yang satu berusaha untuk menaklukkan komponen yang lain guna memenuhi kepentingannya atau memperoleh kepentingan sebesar-besarnya.

 

Teori konflik karl marx, konflik adalah suatu kenyataan social yang bias ditemukan dimana-mana. Bagi marx, konflik social adalah pertentangan antara segmen-segmen masyarakat untuk memperebutkan asset-aset yang bernilai.

 

A.    Sumber daya dalam perspektif sosiologi

 

Definisi dan pengertian dari Sumber Daya dapat dijelaskan sebagai berikut : Sumber Daya merupakan unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya alam hayati, sumber daya alam nonhayati, dan sumber daya buatan (Undang-undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1982). Dengan demikian, semua sumber baik manusia, materi maupun energi yang secara nyata dan potensial dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia disebut sumber daya (Manan, 1978). Menurut Soerianegara (1977) bahwa hutan, tanah, air, tanaman pertanian, padang rumput, dan populasi ikan merupakan beberapa contoh sumber daya alam yang dapat dipulihkan (renewable resources).

 

B.     Contoh konflik social dan sumber daya dalam kehidupan sehari-hari

 

1.      Konflik social

Bisnis penerbangan di bandara udara, para pegawai tentu menghendaki kenaikan upah sedangkan sebaliknya pihak pimpinan menghendaki agar mereka memperoleh keuntungan. Perbedaan kepentingan itu akan menimbulkan konflik.

 

2.      Sumber daya

 

Sumber daya manusia, seperti buruh, pegawai, guru dll.

 

·         Sumber : Bernard Raho, SVD. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. 2007

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini