Senin, 21 September 2015

QURRATA 'AINI Konflik "Sosial dalam Perspektif Sosiologi" TUGAS 3

NAMA           :QURRATA 'AINI

NIM                :11150510000024

JURUSAN     :KPI 1A

 

KONFLIK SOSIAL DAN PEREBUTAN SUMBER DAYA

A.    DEFINISI KONFLIK SOSIAL

Komflik sosial adalah  suatu bentuk interaksi yang ditandai oleh keadaan saling mengancam, menghancurkan, melukai, dan melenyapkan diantara pihak-pihak yang terlibat. Sebenarnya, konflik tidak selalu membawa dampak negatif. sisi positif konflik sosial adalah konflik mengawali terjadinya perubahan. Pertentangan antar kelompok-kelompok sosial pada dasarnya adalah konflik mengawali terjadinya perubahan. Pertentangan antara kelompok-kelompok sosial pada dasarnya adalah bentuk tuntutan terhadap perubahan kondisi yang tidak menguntungkan. Suatu kelompok yang merasa diperlakukan tidak adil menuntut perubahan untuk memperjuangkan perubahan itu, jalan yang ditempuh adalah  menentang kondisi yang ada.

 

B.     SUMBERDAYA DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI

Sumberdaya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki suatu unsur tertentu dalam kehidupan. Sumberdaya terdiri dari sumberdaya fisik dan non fisik. Semua sumber baik manusia, materi, maupun energi yang secara nyata dan potensial dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan disebut sumberdaya. Sumberdaya ternasuk dalam kajian sosiologi lingkungan. Beragam perilaku sosial seperti konflik dan integrasi yang berkaitan dengan perubahan kondisi lingkungan, hal ini juga sangat berpengaruh terhadap sumberdaya baik sumberdaya fisik maupun sumberdaya non fisik.

 

C.    CONTOH KONFLIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Beberapa contoh konflik sosial dalam masyarakat dapat dilihat dari berbagai bentuk dan pihak yang berseteru mulai dari perorangan, kelompok, antar agama, antar suku bahkan antar negara.

Berikut diantaranya:

1.      Perang Dunia 1 dan 2

2.      Perang Vietnam

3.      Perang Korea

4.      Perang Irak-Iran

5.      Berkelahinya adik dan kakak

6.      Perang antar suku

7.      Pertentangan antar anggota partai politik

8.      Tawuran penonton sepak bola

 

9.      Perseteruan Perbatasan Malaysia dan Indonesia

10.  Kasus Tolikara

11.  Kasus Poso

12.  Pertentangan antar pejabat

13.  Tawuran pelajar

14.  Perkelahian antar pelajar

15.  KDRT

 

D.    SUMBER BUKU

Setiadi, Elly-Kolip, Usman Bagong. 2011. Pengantar Sosiologi. Jakarta :KencanaWartanto, SE, MM. Sosiologi, Gemesis Mitra Sampora

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini