Rabu, 16 Maret 2016

tugas 2

AHMAD ALI NIDAULHAQ

PMI VI (6)

PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM (PMI)

TUGAS_2_ TEMA_ SISI GELAP PERTUMBUHAN

MATA KULIAH EKOLOGI MANUSIA

Pertumbuhan teknologi yang berlebihan telah menciptakan suatu lingkungan di mana kehidupan menjadi tidak sehat baik secara fisik maupun secara mental. Udara yang tercemar, suara yang menggangu, kemacetan lalu lintas, bahan pencemar kimia, bahaya radiasi, dan banyak sumber stres fisik dan psikologis telah menjadi bagian kehidupan sebagian besar dari kita sehari-hari. Bahaya kesehetan yang multisegi bukan hanya akibat samping kemajuan teknologi yang bersifat insidental: bahaya itu merupakan ciri integrasi sistem ekonomi yang tergoda oleh pertumbuhan dan perluasan yang terus menerus meningkatkan produktivitas teknologi tingginya dalam rangka meningkatkan produktivitas.

Masyarakat Amerika menjadi benar-benar sadar akan bahaya sampah kimia ini beberapa tahun yang lalu, ketika tragedi love Canal dilaporkan di halaman depan berbagai media. Love Canal adalah suatu parit yang sudah tidak dipakai lagi di daerah pemukiman Air terjun Niagara New York, yang dugunakan semula beberapa tahun sebagai tempat pembuangan sampah kimia beracun. Racun-racun kimia tersebut mencemari badan-badan air di sekitarnya, merembes kedalam tanah-tanah di sekitarnya dan mengeluarkan uap beracun. Yang menyebabkan tingkat cacat lahir, kerusakan hari dan ginjal, gangguan pernafasan, dan berbagai bentuk kanker yang tinggi antara pemukiman di daerah itu.

Ketika produksi dan konsumsi menjadi lebih cepat, teknologi yang sesuai untuk menghadapi hasil samping yang tidak diinginkan itu belum dikembangkan. Alasan dari kelalaian ini sangat sederhana: sementara produksi barang-barang konsumen yang boros itu sangat menguntungkan  bagi pengusaha pabrik, perlakuan yang layak dan pendaurulangan bahan sisa tidak menguntungkanya. Selama beberapa dekade industri kimia membuang sampahnya ke dalam tanah tanpa pengamanan yang memadai dan praktik tidak bertanggung jawab ini kini telah mengakibatkan ribuan tempat pembuangan sampah kimia yang berbahaya, "bom waktu beracun" yang mungkin menjadi salah satu ancaman paling serius tahun 1980-an.

Intinya yang dimaksud sisi gelap dari pertumbuhan adalah. Dimana pada hakikatnya pertumbuhan dalam hal ini teknologi, ekonomi itu adalah salah satu target semua negara. Dimana setiap negara mengingkan pertumbuhan yang meningkat setiap tahunya. Namun jika dilihat melalui berbagai aspek maka pertumbuhan ini ada sisi gelapnya. Pertumbuhan dalam bidang teknologi itu sangat baik pada hakikatnya, namun tanpa disadari pertumbuhan itu memiliki dampak yang cukup serius. Setiap perlatan teknologi pasti akan menghasilkan sampah yang bisa membahayakan jika tidak disikapi dengan baik. Contoh kasus di amerika pada tahun 1980 sudah menjadi bukti bahwa kita harus bijaksana dalam mengelola sampah.

Selain teknologi pertumbuhan di bidang makanan atau konsumsi manusia yang semakin modern juga memiliki sisi gelap. Bahan-bahan makanan yang mengandung bahan-bahan kimia, bisa mengakibatkan penyakit pada manusia itu sendiri. Selain itu pabrik-pabrik penbuat makanan pun dengan enaknya membuang limbah pabrik ke tanah-tanah yang tidak bersalah. Limbah-limbah pabrik banyak yang mengandung bahan kimia berbahaya. Dalam konteks ekologi lingkungan kesuburan tanah, kejernihan air itu harus di perhatikan dengan baik. Limbah-limbah itu harus di olah dengan baik dan bijaksana.

Dulu ketika manusia belum ada di dunia ini, keadaan alam pun sangat tentram dan nyaman. Semua makhluk hidup yang ada di dalamya pun hidup dengan baik-baik saja. Namun ketika manusia mulai ikut campur dalam alam. Banyak masalah yang terjadi. Karena keserakahan manusia yang mengekploitasi alam. Mencemarkan alam yang tidak bersalah. Manusia tidak bijaksana dalam menyikapi pertumbuhan yang terjadi pada saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini