Rabu, 16 Maret 2016

Haikal_Fadly_Metode_Penelitian_Dakwah_Tugas_1

Nama   : Haikal Fadly

NIM    : 11140530000068

Matkul : Metedologi Penelitian Dakwah

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian penelitian, pengertian dakwah, pengertian metode penelitian, jenis-jenis penelitian, dan jenis-jenis data.

Kita mulai dari apa itu penelitian,penelitian berdasarkan yang saya kutip dari artikelsiana adalah suatu penyelidikan terorganisasi, atau penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta untuk menentukan sesuatu. Atau dalam bahasa inggris disebut research atau mencari kembali suatu pengetahuan. Biasanya penelitian dilalukakan seseorang untuk mencari kebenaran atau fakta dari suatu objek.

Menurut  Parson (1946) bahwa pengertian penelitian adalah pencarian atas sesuatu (inkuiri) secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian ini dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan.[1]

Sementara itu pengertian metode penelitian adalah tata cara bagaimana suatu penelitian akan dilaksanakan. Metode penelitian ini sering dikacaukan dengan prosedur penelitian atau teknik penelitian. Hal ini disebabkan karena ketiga hal tersebut saling berhubungan dan sulit dibedakan. Metode penelitian membicarakan megenai tata cara pelaksanaan penelitian, sedangkan prosedur penelitian membicarakan alat-alat yang digunakan dalam mengukur atau mengumpulkan data penelitian.[2]

Dakwah berasal dari bahasa arab yang memiliki arti mengajak,menyeru. Maksudnya adalah mengajak atau menyeru manusia kepada jalan Allah SWT. Dakwah diperintahkan kepada semua manusia yang ada di muka bumi ini, namun kebanyakan sekarang biasanya orang-orang berasumsi bahwa dakwah hanya dilakukan oleh para petinggi agama Islam saja seperti Ulama,Kyai,Ustadz/Ustadzah.

Setelah kita ketahui pengertian penelitian,maka penelitian itu terdeapat beberapa jenis,dan jenis itu juga dibagi menjadi dua yaitu,berdasarkan fungsinya dan berdasarkan metodenya.

Berdasarka sumber yang saya ambi dari (https://shendud.wordpress.com/pendidikan/jenis-jenis-penelitian/) pada tahun 2011 Penelitian berdasarkan fungsinya ada 3 yaitu:

·         Penelitian dasar

Penelitian dasar disebut juga basic research atau penelitian murni

·         Penelitian terapan

Penelitian terapan atau applied research dilakukan berkenaan dengan kenyataan-kenyataan praktis, penerapan, dan pengembangan ilmu pengetahuan yang dihasilkan oleh penelitian dasar dalam kehidupan nyata.

·         Penelitian evaluatif pada dasarnya merupakan bagian dari penelitian terapan namun tujuannya dapat dibedakan dari penelitian terapan. Penelitian ini dimaksudkan untuk  mengukur keberhasilan suatu program, produk atau kegiatan tertentu (Danim, 2000).  Penelitian ini diarahkan untuk menilai keberhasilan manfaat, kegunaan, sumbangan dan kelayakan suatu program kegiatan dari suatu unit/ lembaga tertentu. Penelitian evaluatif dapat menambah pengetahuan tentang kegiatan dan dapat mendorong penelitian atau pengembangan lebih lanjut, serta membantu para pimpinan untuk menentukan kebijakan (Sukmadinata, 2005).

Penelitian berdasarkan metodenya ada 8 yaitu :

·         Penelitian Survey

Penelitian yang dilakukan pada popolasi besar maupun kecil, tetapi data yangdipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi dan hubungan-hubungan antar variabel sosilogis maupun psikologis

·         Penelitian Ex Post Facto

Yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi yang kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut.

·         Penelitian Eksperimen

Yaitu suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Variabel independennya dimanipulasi oleh peneliti.

·         Penelitian Naturalistic

Metode penelitian ini sering disebut dengan metode kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alami (sebagai lawannya) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Contoh : Sesaji terhadap keberhasilan bisnis.

·         Policy Reserach

Yaitu suatu proses penelitian yang dilakukan pada, atau analisis terhadap masalah-masalah sosial yang mendasar, sehingga temuannya dapat direkomendasikan kepada pembuat keputusan untuk bertinak secara praktis dalam menyelesaikan masalah.

·         Action Research

Merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan metode kerja yang paling efisien, sehingga biaya produksi dapat ditekan dan produktifitas lembaga dapat meningkat. Tujuan utama penelitian ini adalah mengubah: 1) situasi, 2) perilaku, 3) organisasi termasuk struktur mekanisme kerja, iklim kerja, dan pranata.

·         Penelitian Evaluasi

Merupakan bagian dari proses pembuatan keputusan, yaitu untuk membandingkan suatu kejadian, kegiatan dan produk dengan standar dan program yang telah ditetapkan

·         Penelitian Sejarah

Berkenaan dengan analisis yang logis terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung di masa lalu. Sumber datanya bisa primer, yaitu orang yang terlibat langsung dalam kejadian itu, atau sumber-sumber dokumentasi yang berkenaan dengan kejadian itu. Tujuan penelitian sejarah adalah untuk merekonstruksi kejadian-kejadian masa lampau secara sistematis dan obyektif, melalui pengumpulan, evaluasi, verifikasi, dan sintesa data diperoleh, sehingga ditetapkan fakta-fakta untuk membuat suatu kesimpulan.



[2] M. Iqbal Hasan, 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Penerbit Ghalia Indonesia : Jakarta.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini