Rabu, 16 Maret 2016

Aulia Ulfa_Pmi 6_Tugas 1_Antropologi Ekologi


Antropologi Ekologi

Ahli pertama yang mencetuskan lahirnya antropologi ekologi adalah Julian Steward yang berasal dari Amerika Serikat (1955). Ia mengkaji  mengenai saling keterkaitan antara perubahan sosial dengan lingkungan, bahwa sebenarnya perubahan sosial (social change) juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan (fisik, sosial-budaya, binaan). 
Antropologi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajarai manusia dengan segala unsur kebudayaannya. Sedangkan ekologi mempelajari mengenai lingkungan hidup. Jadi antropologi ekologi mempelajari bagaimana manusia hidup dengan kebudayaannya yang terwujud dalam bentuk (sistem pengetahuan, pola pikir, tingkah laku, nilai-nilai dalam masyarakat) yang mempengaruhi lingkungan hidup.
Antropologi ekologi adalah :
1.      Mengkaji permasalahan lingkungan dengan menggunakan konsep-konsep antropologi. Karena permasalahan lingkungan selalu dipengaruhi oleh kebudayaan yang dimiliki oleh suatu masyarakat.
2.      Ilmu lingkungan yang dipahami dengan konsep antropologi, pendekatan antropologi, teori antropologi.
Antropologi ekologi mengkaji permasalahan manusia dan lingkungan dengan menggunakan konsep-konsep antropologi, dikarenakan permasalahan lingkungan selalu dipengaruhi oleh kebudayaan yang dimiliki oleh suatu masyarakat. Jadi antropologi ekologi adalah suatu kajian di dalam ilmu antropologi yang mengkaji khusus tentang ekologi manusia, yaitu manusia, lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat. Jadi, hal-hal yang menjadi pokok kajiannya adalah manusia, lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki masyarakat yang menghasilkan pola pikir dan pola perilaku adaptasi untuk mempertahankan hidup di lingkungannya.
Berdasarkan objek kajian dari antropologi ekologi, maka yang dikatakan dengan pendekatan antropologi ekologi adalah suatu pendekatan atau metode yang digunakan untuk meneliti dan mengkaji korelasi antara manusia, lingkungan serta kebudayaan dalam suatu masyarakat. Pendekatan antropologi ekologi adalah pendekatan yang memfokuskan pendalamannya terhadap ekologi manusia dan kebudayaan.
Antropologi sangat dibutuhkan untuk mengkaji manusia dengan lingkungannya. Ketika ilmu-ilmu lain tidak mampu memecahkan masalah lingkungan seperti ilmu alam yang hanya mengkaji lingkungan fisik dengan wujudnya yang nyata saja, maka disinilah dibutuhkan peranan pendekatan antropologi ekologi untuk memecahkan masalah manusia dengan lingkungannya. Karena hubungan manusia dengan lingkungan tidak bisa dikaji dari aspek fisik saja, namun jauh lebih penting dari itu aspek kebudayaan yang mempengaruhi hubungan manusia dengan lingkungannya itulah yang perlu dikaji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini